Hartinik

Guru di SMPN 1 Sluke. Pernah menjadi guru di daerah Ngapak. Sebuah daerah yang terkenal dengan pemandian air panas Guci. Kardinah, adeknya RA Kartini pernah me...

Selengkapnya
Navigasi Web
ALIF BAA TA

ALIF BAA TA

Berderet meja panjang masih bertumpuk di ruangan itu. Satu persatu anak-anak mulai berdatangan dengan membawa buku dalam dekapannya. Buku Turutan, sebuah buku berisi huruf-huruf hijaiyah yang di kemas semacam buku iqra' dan dilengkapi juz Amma. Siapa saja harus khatam buku ini, sebelum bisa membaca Al Qur'an. Itulah metode yang diterapkan di era 90-an.

Anis, remaja usia 13 tahun segera mengangkat satu meja diletakkan tepat di depannya. "Ayo adik-adik, duduk antri yaa." Beberapa kawan Anis juga melakukan hal yang sama, mulai mengajarkan satu persatu anak dalam melafalkan huruf hijaiyah. "Alif ... ba ... ta' ... tsa ...," bersaut-sautan di ruangan itu. Anak yang sudah jauh kemampuannya turut membantu agar tidak terlalu banyak yang antri. Terkadang, Anis hanya ditemani dua kawannya dalam menghandel anak-anak itu. Semoga pengabdian mereka diberi balasan pahala oleh Allah Subhanahu Wata'ala.

Di jaman itu, remaja seusia Anis tidak banyak yang mau datang ke mushola untuk mengaji. Apalagi harus mengajar anak-anak kecil untuk bisa baca huruf Al Qur'an. Itu semua butuh pengorbanan waktu, tenaga dan bahkan biaya. Karena untuk mendidik anak-anak kecil itu mereka tidak memungut imbalan sepeserpun. Anis dan kawan-kawannya melakukan itu semua dengan ikhlas karena sesuai cita-cita mereka pengin menjadi manusia yang banyak manfaat untuk orang lain.

Sungguh mulia hati kalian ...

Rembang, 14 Juni 2020

#LatihanMenulis

#InginBisaManulisSetiapHari

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Trimakasiih Supportnya bu Rini...

15 Jun
Balas

Sama2 Bu siip salam literasi dan sukses selalu

17 Jun

Mengajar satu huruf Hijaiyah saja, pahalanya berlipat ganda, ini banyak anak, tiap hari, tanpa gaji. Wow 100X. Hanya orang-orang yang tahu, yang mau bersusah payah seperti itu. Ayo, lanjut besok pagi!

14 Jun
Balas

Semoga ketularan semangat menulis bu Zaim... yg rutin setiap hari

15 Jun

Siip Bu mantap dan keren bagus lanjut bu saya tunggu pentigraf berikutnya salam sukses dan salam literasi

15 Jun
Balas

Trimakasiih supportnya bu Rini...

15 Jun



search

New Post