Haryanti, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Refreshing, Energi Positif untuk Jiwa Lomba Menulis Periode Juni 2022

Refreshing, Energi Positif untuk Jiwa Lomba Menulis Periode Juni 2022

Refreshing merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Hal itu dibutuhkan untuk menghilangkan kejenuhan akan rutinitas yang ada. Rutinitas yang dilakukan sehari-hari tentunya membuat kita merasa lelah baik fisik maupun mental. Melakukan kegiatan seperti bekerja, sekolah, dan mengurus rumah seringkali menimbulkan rasa bosan dan penat. Belum lagi jika ditambah dengan tumpukan tugas dan pekerjaan yang bisa bikin stress. Refreshing yang dilakukan bisa berupa meluangkan waktu untuk berwisata, staycation, atau melakukan hobi yang disukai. Refreshing selain bisa menyegarkan tubuh , lebih utama adalah memberikan energi yang positif untuk jiwa.

Mengapa demikian? Kebanyakan orang kadang bekerja dan belajar hingga lupa bahwa otak juga butuh di-refresh. Terus-menerus mengerjakan suatu hal tanpa istirahat malah akan membuat kesehatan terganggu. Pikiran dan tubuh kita merupakan aset yang berharga seumur hidup. Seperti komputer yang butuh F5, diri kita juga butuh istirahat supaya tetap optimal. Energi positif yang dihasilkan dari refreshing bisa membuat aliran darah menjadi lancar. Jiwa pun menjadi sehat sehingga untuk melakukan kegiatan yang positif menjadi semangat. Tak hanya itu energi positif pada jiwa juga bisa menghindari kita dari segala macam penyakit seperti depresi, menurunkan penyakit jantung dan merangsang kreativitas.

Refreshing bukan melulu soal pergi berwisata ke tempat yang jauh, mahal, atau dengan waktu yang lama. Menghabiskan waktu dengan berpiknik di halaman rumah, berbelanja, atau menonton film juga bisa menjadi alternatif. Bagi kalian yang tidak suka dengan kegiatan di luar rumah, kalian bisa melakukan hal-hal yang kalian sukai di rumah.

Penulis sendiri jika terjadi kejenuhan akibat tugas mengajar yang banyak apalagi dengan adanya wabah penyakit Covid-19 selama dua tahun, maka penulis perlu melakukan refreshing atau healing untuk penyembuhan hati atau mengumpulkan energi positif untuk jiwa. Biasanya refreshing atau healing yang dilakukan penulis adalah pergi ke suatu tempat yang indah seperti melihat pegunungan, air terjun, persawahan yang hijau, pantai dan tempat-tempat yang bisa menyehatkan jiwa sehingga menjadi semangat lagi untuk beraktivitas dan berkreativitas.

Penetapan peraturan PPKM yang diberikan oleh pemerintah saat ini yaitu masyarakat Indonesia diperbolehkan untuk bepergian atau rekreasi tapi harus tetap menjaga protokol Kesehatan, karena Covid-19 belum benar-benar sirna. Dengan adanya aturan tersebut sebenarnya menguntungkan bagi kita untuk bisa rehat sejenak. Bagi penulis, mengajar sebenarnya pekerjaan yang asyik, tidak monoton bahkan dengan mengajar sebenarnya merupakan healing untuk penyembuhan jiwa. Namun, tidak sedikit peserta didik yang kita ajar terkadang membuat hati kesal bahkan biasanya ada saja ulah peserta didik yang tidak bisa dinasihati sampai kita mengelus dada, maka di sinilah diperlukan refreshing atau healing agar jiwa Kembali sehat dan bisa terkumpul energi yang positif sehingga emosi yang disebabkan oleh tingkah peserta didik yang sulit untuk berubah bisa hilang.

Belum lama ini penulis beserta teman-teman guru di sekolah mengadakan healing ke Puncak, Cisarua. Di sepanjang perjalanan, pemandangan begitu indah. Kebun teh yang hijau dan luas serta gunung yang tinggi, belum lagi jalanan puncak yang berkelok-kelok. Kami semua tertawa dan saling bercerita sepanjang jalan. Dengan suasana seperti itu saja sudah membuat hati ini senang dan pikiran pun menjadi segar. Ternyata untuk refreshing agar jiwa sehat serta energi positif muncul tidak diperlukan tempat yang mahal seperti ke luar negeri, cukup di dalam negeri pun banyak tempat yang bisa dijadikan healing untuk Kesehatan jiwa kita. Sebenarnya refreshing atau healing yang membuat kita senang itu bukan hanya dengan tempat yang bagus dan makanan yang mahal tapi terutama adalah ketika kita refreshing pergi dengan siapa. Orang-orang yang menemani kita itulah yang membuat kita nyaman untuk refreshing. Jadi teman yang menemani seperti keluarga atau teman dalam refreshing sangat berpengaruh dalam kenyamanan kita berefreshing.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga menang bund..

12 Jun
Balas

Aamiin. Terima kasih bunda. Tetap semangat dan salam literasi

12 Jun



search

New Post