Haryanti, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Siswa dan Orang tua harus menjaga adab pada Guru

Siswa dan Orang tua harus menjaga adab pada Guru

Tak jarang kita mendengar bahwa siswa di mana pun harus menjaga adab pada guru, karena jika tak dijaga adabnya maka keberkahan ilmu yang diraih siswa akan hilang. Namun, sering terlupakan juga bahwa bukan hanya siswa yang harus menjaga adab tapi orang tua juga.

Pada dasarnya pendidikan moral atau adab sudah diajarkan dari lingkungan rumah, maka jika ada siswa yang adabnya baik atau buruk itu artinya pendidikan yang ia terima dari didikan rumah terutama orang tuanya seperti itu. Tapi tak jarang juga orang tua berharap penuh agar anaknya bisa memiliki adab yang baik jika anaknya mempunyai prilaku buruk. Hal itu tidak salah karena orang tua mempunyai harapan jika anaknya disekolahkan akan berubah sikapnya. Namun, yang sering orang tua lupakan adalah bahwa pendidikan moral itu diawali dari pendidikan di rumah.

Terkadang orang tua tak menyadari itu, jika anaknya masih saja berkelakuan buruk maka tak segan-segan mereka akan menyalahkan guru. Mereka akan mengatakan bahwa sekolah tidak bisa mengubah prilaku anaknya yang buruk padahal di sekolah banyak guru yang mengajarnya. Sehingga orang tua lepas tangan tidak mau tahu yang penting anaknya bisa berkelakuan baik. Tak jarang juga para orang tua mengatakan bahwa jika di rumah anaknya berkelakuan baik tapi mengapa di sekolah anaknya berkelakuan buruk dan sekali lagi gurulah yang disalahkan. Tak jarang juga guru disalahkan oleh orang tua dengan mengeluarkan kata-kata yang menyakitkan.

Tak sadarkah para orang tua yang telah menyakiti hati gurunya bahwa keberkahan ilmu yang diraih oleh anaknya bukan hanya adab dari si anak saja tapi juga adab dari orang tuanya. Ulama pernah berkata "satu prasangka buruk saja kepada guru maka Allah haramkan seluruh keberkahan yang ada pada gurumu kepadamu." Artinya bila orang tua yang tidak beradab kepada guru bisa menyebabkan anaknya kehilangan keberkahan dari seorang guru.

Oleh sebab itu mari kita saling menjaga adab dan sopan santun antara guru, siswa dan orang tua. Ingatlah dalam hadist dikatakan adab lebih baik daripada ilmu. Pendidikan setinggi apapun tak akan bisa membeli adab dan sopan santun seseorang. Bijaklah untuk menjadi orang tua. Berpikir panjang terlebih dahulu sebelum melakukan hal yang tak terpuji pada guru si anak. Walaupun anak tersebut adabnya baik tapi jika orang tuanya mempunyai adab yang buruk tetap saja bisa menghilangkan keberkahan ilmu untuk si anak.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post