Haryanto25

SMP Negeri 1 Kalibagor Bimbingan dan Konseling BK UNNES 2012 Berbuat Saja Titik ! ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Dilema

Dilema

Tahun pertama. Memulai merupakan hal yang tak mudah pada sebagian besar makhluk. Kupu-kupu misalnya, mereka harus benar-benar memecahkan cangkang untuk ukuran sebuah sayap yang tak kokoh dengan perjuangan. Hal ini penting baginya agar sayap-sayap itu dapat tumbuh dan berfungsi dengan baik nantinya.

Sementara dongeng roro jonggrang yang membuat seribu candi dengan waktu satu malam pun sama-sama membutuhkan proses yang luar biasa sekalipun tujuan darinya tidak tercapai sebagaimana yang di kehendaki.

Sama halnya dengan prestasi, mereka yang mengimaninya tentu akan paham benar perihal perih dan hal-hal dan membuat lelah. Tak sedikit dari mereka mundur, lelah dan menyerah. Namun hal ini bukanlah masalah, prestasi adalah hak bagi mereka yang sedia bertahan dalam juang dan penantian. Sementara bagi mereka yang menyerah pun bukan berarti kalah, hanya mereka memilih jalan juang yang berbeda. Semua adalah hak mereka, berjuang dan bertahan adalah modal dasar baginya.

Sedangkan membantu mereka memiliki beberapa arti, misalnya bila kupu-kupu kita bantu keluar dari kepompong mungkin kelak mereka tidak akan dapat terbang sebagaimana mestinya. Sedangkan roro jonggrang butuh bantuan lebih banyak bantuan agar seribu candi itu dapat tercapai. Namun bertahan dalam konsistensi tidak lah mudah, bagaimana tidak lelah dan malas harus dilawan dalam bertahan pada perjuangan.

Sama halnya prestasi, membiarkannya pun bukan lah hal buruk. Karena di bantu atau tidak kembali pada iman dan keyakinan pejuang tersebut, mereka yang benar-benar yakin dan tekun akan di tuntunNya pada sebuah titik capai yang di kehendakiNya. Namun, pejuang adalah makhluk biasa, kupu-kupu dalam kepompong mungkin bisa jadi tidak akan menjadi kupu-kupu bila di rusak, roro jonggrang mungkin akan sampai pada capainnya bila dapat bantuan lebih dan tidak ada kepentingan lain. Begitu pula dengan prestasi yang akan dan sudah di capai, mereka dapat diraih dan bahkan akan benar-benar hilang bila tak diperhatikan. Membantu adalah perihal kepekaan akan kebutuhan, sekalipun mereka pejuang akan tetap berjuang meskipun dengan tempat dan jalan yang sama ataupun mereka mendapatkan tempat baru dan jalan yang berbeda. Perihal kepekaan dan kepeduliaan adalah untuk mereka yang peduli akan prestasi dan pejuang akan berjuang dengan mereka yang mempunyai kepedulian dan kepekaan. Hy25

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post