Haryenti

Hobbi menulisku tersalur berkat rajin membaca pada waktu kecil dulu. Dulu hobbi menulisku tersalur pada catatan diariku, tersalur pada mading sekolahku. Sekaran...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berkah Bersilaturahmi Dengan Sahabat Orang Tua

Berkah Bersilaturahmi Dengan Sahabat Orang Tua

Tantangan Hari ke -149

#TantanganGurusiana

#Tantangan Menuju 365 Hari

Aku merasakan kalau ini adalah salah satu pengalaman yang sangat berarti bagiku. Pada bulan Oktober 2019 kemaren saat aku diutus sebagai peserta diklat ke Pusdiklat RI Ciputat, aku memamfaatkan sebuah  kesempatan untuk bisa bersilaturahmi dengan sahabat almh,ibuku. Sahabat waktu almh ibu ketika sama-sama menjadi guru Sekolah Dasar tahun 70-an.

Rindu yang tidak terobati, ketika aku sangat merindukan kehadiran almh ibu . Kecuali, bertemu dalam mimpi dan itu pun tidak nyata. Rindukupun bisa terobati saat bertemu dengan sahabat beliau ini, dan menghayalkan kalau almh ibu  kembali  hadir di tengah-tengah kami. Pelukan eratku seakan tak mampu kulepaskan saat aku hadir di depan beliau. Terobati rasanya kerinduan itu saat tubuh ini menyatu dengan tubuh beliau.

Ibunda Yuliar, begitulah orang memanggil beliau. Salah satu sahabat almh ibuku yang hari ini tepat berusia 84 tahun. Diusia senja beliau yang dikelilingi oleh anak-anak kebanggaannya. Anak-anak yang selalu melindungi dan menjaga beliau dengan penuh kasih sayang.

Melihat sosok beliau, ingatanku  kembali ke masa silam. Saat dimana beliau bersama-sama dengan almh ibu menghabiskan masa pensiun dengan berjamaah di masjid, membahas ilmu Al-qur’an bareng-bareng. Dan waktu itu aku paling sering menyaksikan beliau berdua berdiskusi dalam menterjemahkan tafsir qur’an. Sungguh aku salut buat beliau berdua, sebagai salah satu abdi negara beliau memang orang-orang yang cerdas.

Aku adalah orang yang beliau percayakan untuk kelanjutan pendidikan anak bungsu beliau. Pada saat beliau berharap anak bungsunya bisa sekolah dan kuliah pada jurusan agama. Aku masih ingat harapan beliau agar anak bungsunya ini bisa menjadi seorang guru agama, dan sebuah harapan besar beliau ingin melihat anak bungsu ini sukses kelaknya.( Alhamdulilah doa beliaupun terkabul, rasa syukur pada Allah anak bungsu beliau, ANDRIZAL  telah menjadi orang sukses sesuai dengan harapan beliau).

Dan sekarang di milad beliau yang ke 84 ini, terangkai sebuah tulisanku buat beliau. Sebagai seorang guru agama SD yang paling suka bercerita, almh.ibu selalu berbagi ilmu padaku.  Dan aku teringat dengan kata-kata almh.ibu dulu, teruskanlah silaturahmi ibu dengan sahabat-sahabat ibu, meskipun ibu sudah tidak ada lagi. Karena kata ibu, bersilaturahmi itu memperluas rejeki dan memanjangkan umur, Wallahu’alam.

Aku teringat dengan sebuah kisah yang menceritakan tentang putra Umar Bin Khattab RA;

Suatu hari, Abdullah bin Umar RA berjumpa dengan pria Badui. Putra Umar bin Khattab RA itu mengucapkan salam kepada si Badui, menaikkannya ke kuda dan memakaikannya surban.

Peristiwa itu disaksikan oleh Ibnu Dinar. Dia pun berujar kepada Ibnu Umar, " Betapa baik engkau terhadapnya. Semoga Allah membalas kebaikanmu. Ia adalah seorang Badui, mereka adalah orang-orang yang sederhana."

Ibnu Umar lalu berkata, " Sesungguhnya bapak ini adalah sahabat karib Umar bin Khattab dan aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, 'Sesungguhnya perbuatan baik yang paling baik adalah menyambung tali silaturahmi kepada teman-teman bapaknya sesudah bapaknya meninggal'."

Semoga aku masih bisa menyambung silaturahmi ini dengan sahabat ibuku, meskipun kita berjauhan tetapi dalam setiap doaku buat ibu, selalu terselip doa buat beliau. Semoga disisa usia beliau ini, Allah selalu melimpahkan RahmatNya buat beliau,  sehat selalu dan semoga diberi kesempatan lagi oleh Allah untuk bisa berjumpa kembali.

Selamat milad ke 84 ya ibunda tercinta.

Solok, 10 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mulia sekali Bu... terima kasih juga ya atas kunjujngannya.. Salam

10 Jul
Balas

Mksii bu

10 Jul

Mksii bu

10 Jul

Terharu bu...smoga sehat selalu. Sudah saya follow bu...

11 Jul
Balas

maksii ya buu

11 Jul

Ya Allah, artikel ibu ,mengingatkan saya pada almarhumah ibu mertua saya yg baik hati...al fateehah..kita doakan semua bu

10 Jul
Balas

Alfatihah ya pak

11 Jul

Keren buk sek...tetaplah jaga silaturrahmi..salam literasi

10 Jul
Balas

Mksii buk ben, insyaallah

10 Jul

Silaturrahmi, memperpanjang usia, menggandakan rejeki. Mari saling menjaga tali silaturrahmi. Salam literasi, sukses selalu.

10 Jul
Balas

Benar pak, salam kmbli

10 Jul

Semoga umur beliau masih dipanjangkan oleh Allah!

10 Jul
Balas

Amiin

10 Jul

Amiin

10 Jul

Barakallah buk sek

10 Jul
Balas

Barakallah buk sek

10 Jul
Balas

Mksii buk ketua

10 Jul

Barakallah buk sek

10 Jul
Balas

Yo uni... Silahturahmi memperpanjang usia dan obat awet muda.

10 Jul
Balas

Mntaap raaa

10 Jul

Mari selalu menjaga tali silaturahmi bu yen. Karena bisa membuat kita bahagia dan panjang umur.

10 Jul
Balas

Mksii pak

10 Jul

Mksii pak

10 Jul

Terharu bacanya, jadi ingat almarhumah ibu. Sukses selalu untuk Bunda, sdh sy follow

10 Jul
Balas

Mksi y bun

10 Jul



search

New Post