Haryenti

Hobbi menulisku tersalur berkat rajin membaca pada waktu kecil dulu. Dulu hobbi menulisku tersalur pada catatan diariku, tersalur pada mading sekolahku. Sekaran...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menjadi Guru Winner Melalui Webinar Online

Menjadi Guru Winner Melalui Webinar Online

Tantangan Hari ke -143

#TantanganGurusiana

#Tantangan Menuju 365 Hari

Dahulu sosok seorang guru identik dengan Umar Bakri dengan sepeda ontelnya yang lusuh, perlahan tapi pasti menyongsong asa demi mencerdaskan anak bangsa. Alhamdulilah untuk saat ini kita patut bersyukur, sekarang seorang guru identik dengan Abu Rizal Bakri yang sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup dengan fasilitas yang mereka miliki.

Berbicara tentang fasilitas yang dimiliki guru pada saat sekarang, kita harus menyadari memilih profesi sebagai guru menuntut kesadaran untuk bertanggung jawab atas kemampuan diri agar dapat menghasilkan anak didik yang diharapkan. Apalagi menjawab arus tantangan zaman sekarang, menuntut seorang guru untuk mampu mewadahi anak didiknya dengan segala modelnya.

Dengan keanekaragaman model anak didik yang bergelut dengan sang guru setiap harinya, seorang guru akan menganggapnya sebagai anugerah Allah yang harus dirangkul dan dikemasnya. Seorang guru tidak hanya dituntut menjalankan tugas mengajar di depan kelas, tapi juga dituntut untuk mampu mengembangkan keahlian yang dimilikinya sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan zaman.

Seorang guru yang penuh inovatif dalam pembelajaran, akan merangsang siswa bisa belajar dengan sangat menyenangkan. Kehadirannya dengan model-model pembelajaran yang inovatif tidak akan menimbulkan rasa jenuh, dan membosankan bagi para peserta didiknya. Model pembelajaran yang dikemas oleh seorang guru berdasarkan dorongan gagasan barunya, merupakan produk dari learning how to learn, sehingga bisa menghasilkan kemajuan dalam proses belajar mengajar.

Berkaitan dengan inovasi-inovasi tersebut, salah satu berkah di masa pandemi yang dialami bangsa kita saat ini, juga merembes sampai ke dunia pendidikan. Ketika model pembelajaran tatap muka berubah menjadi pembelajaran jarak jauh, menuntut para pendidik untuk mampu menggali ilmu yang berkaitan dengan IT. Sehingga di zaman pandemi ini, tidak ada lagi istilahnya seorang guru itu gaptek (gagal tekhnologi).

Akhirnya berbagai media hadir mewadahi para guru untuk bisa menambah ilmu di masa pandemi. Salah satunya adalah Media Guru Indonesia (MGI), yang telah memfasilitasi para guru-guru se-Nusantara untuk menggali ilmu melalui kegiatan webinar-webinar.

Melalui webinar, berbagai macam ide dan ilmu-ilmu tentang dunia pendidikan di share oleh para narasumber hebat, sehingga mampu menambah wawasan bagi para peserta. Dan melalui kegiatan inilah para pendidik belajar sebagaimana layaknya seorang siswa, menyimak, mendengar dan berdiskusi tentang materi yang disampaikan.

Ternyata melalui wadah webinar, para guru tidak lagi tertinggal dari siswanya. Mereka akhirnya dapat berbagai macam ilmu, dan salah satunya mereka juga mengerti dengan dunia IT, sehingga tidak ada lagi kesannya, siswa lebih mahir dari guru, tapi sebaliknya gurupun bisa berkecimpung dan masuk ke dunia IT mengikuti arus zaman saat ini.

Selanjutnya lahirlah berbagai macam model pembelajaran melalui daring dan luring yang ditawarkan oleh para guru kepada siswanya. Ada yang memperkenalkan cara belajar melalui Gogle clasroom, zoom, WA dll. Dengan ahlinya seorang guru memamfaatkan model-model pembelajaran jarak jauh ini, maka titel sebagai seorang winner berhak didapatkannya, artinya sebagai seorang guru pemenang.

Identitas Penulis :

HARYENTI, lahir tanggal 06 Oktober 1974 di Kota Bukittinggi. Alumni IAIN Imam Bonjol Padang tahun 1998, dengan tugas sehari-hari sebagai tenaga Pendidik di MTsN 7 Solok. Kec, X Koto Di Atas Kab.Solok Sumatera Barat, sebagai Guru Bidang Studi Akidah Akhlak, sejak tahun 1999 sampai sekarang. Penulis Alumni KPPL Kemenag Kab.Solok.

Penulis aktif dalam kegiatan lomba menulis setiap bulan yang diadakan oleh Media Guru Indonesia. Buku-buku sebelumnya yang sudah jebol adalah buku antologi dengan tema “Guru Penggerak”, “Di Rumah Saja”, dan “Jurus Belajar Daring AntiGaring”.

Penulis dapat dihubungi lewat Email : [email protected], WA 085264165417

Solok, 04 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, guru the winner

05 Jul
Balas

Mksii bu admin, alhamdulilah

06 Jul

Kereeen, Bu. Tulisan inspiratif. Semoga menjadi yg terbaik. Salam kenal.Salam literasi. Sudah sy follow, Bu.

05 Jul
Balas

Mksii pak dede, alhamdulilah

06 Jul

Bu Yenti Keren

04 Jul
Balas

Mksii buncan

06 Jul

Keren

05 Jul
Balas

Mksii buu

06 Jul

Mksii buu

06 Jul

Waw keren bu..

04 Jul
Balas

Mksii buun

06 Jul

Kalau yang kayak gini pasti jadi nominasi nih

04 Jul
Balas

aamin buk ucii,mksiii doanyo buk

04 Jul

Mantul bangat yen

04 Jul
Balas

Mksii buk pala

04 Jul

Mantap buk sek..semoga menang lomba..

04 Jul
Balas

aamiin, maksii doanyo buk ben

04 Jul

Mantap. Semoga lolos bu.

05 Jul
Balas

Aamiin buu

06 Jul

Luar biasa ni! Insyaallah uni menang!

04 Jul
Balas

Aamiin, doa yg sm utk us loo

04 Jul

Pasti masuk nominasi Bu

05 Jul
Balas

Aamiin, mksii pak

06 Jul

Rancak bana, semoga loloss

04 Jul
Balas

Aamiin buuu

06 Jul

Mantul, semoga jebol lagi buk Yen. Sukses selalu buat buk Yen.

04 Jul
Balas

Aamiin. Mksii doanya ibuu

04 Jul

Keren, uni...

05 Jul
Balas

Mksii raa

06 Jul

Mksii raa

06 Jul

Mantap

05 Jul
Balas

Mksii buk sas

06 Jul

Keren bu...sukses

05 Jul
Balas

Mksii pak

06 Jul

Keren...semoga menjadi winner

04 Jul
Balas

Aamiin, mksii doanya buu

04 Jul

Mantap betul bu yen, semoga masuk nominasi.

04 Jul
Balas

Aamiin pak, doa yg sm utk bpk lo

04 Jul

Mantap semoga winner

04 Jul
Balas

Mkosii miss aamiin

04 Jul



search

New Post