Khasanah RCL

Dosen Universitas Islam As--Syafi'iyah Jakarta dan Owner dan Pengelola Prescool, Daycare dan Rumah Quran Rumah Ceria Indonesia fb: Hasanh Razali IG:@ daycare,...

Selengkapnya
Navigasi Web
TEMAN SYURGAKU
#Tantangan Menulis Gurusiana hari-3

TEMAN SYURGAKU

#Tantangan Menulis Gurusiana hari-3

Sungguh Allah yang sangat pandai merekayasa semua peristiwa didunia ini. Allah yang mengatur semua rencana dan menuntun manusia untuk melaksanakannya saat kita menyertakan Allah dalam setiap langkah hidup.

Menyertakan Allah dalam setiap langkah kita, artinya kita tetap mengikuti rambu-rambu yang telah Allah tetapkan sebagai batasan buat seorang manusia ciptaan-Nya sendiri.

Memulai segala sesuatu nya dengan bismillah (dengan menyebut nama Allah), kemudian selesai kita laksanakan sesuatu mengucapkan Alhamdulillah ( segala puji bagi Allah). Kita puji Allah karena Allah mampukan kita melaksanakannya. Menjadi satu rangkaian kegiatan yang mendatangkan rahmat Allah kemudian tentu nya.

Allah Ridha pada hamba yang tak pernah melepaskan ikatan ya dari rahmat-Nya. Sehingga ada ikrar yang sangat di cintai Allah yang harus kita lantunkan selalu, yang ikrar ini meneguhkan janji setia kita untuk setia selalu dengan jalan yang telah Allah tetapkan, yaitu jalan yang telah di lalui oleh para Nabi dan Rasul, sahabat dan tabi'in semuanya.

Ikrar tersebut adalah :

Aku Ridha Allah Rabb-Ku, Aku Ridha Islam Agama ku, dan Nabi Muhammad adalah Nabi dan Rasul ku.

Ucapan itu kita ucapkan pagi dan petang dengan penuh keikhlasan di hadapan Rabb kita dengan penuh ketundukan. Ucapan yang akan menguatkan keyakinan kita akan pilihan jalan hidup kita sesuai yang Allah kehendaki, yang telah di gariskan dalam ajaran islam dan di Contoh kan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW.

Sungguh manakala iman kita lagi menurun, maka ucapan ikrar ini akan menguatkan kita tentunya. Mengatakan untuk kembali ke jalannya jika kita sempat melenceng dari jalan yang lurus ( islam).

Hidup di dunia ini so pasti banyak godaannya, godaan melampiaskan nafsu yang selalu bergejolak dalam diri kita. Apalagi di akhir zaman seperti sekarang ini. Dimana kiamat makin dekat. Maksiat merajalela. Tak diundangpun hadir di depan mata.

Bahkan dalam sebuah hadist Rasulullah menyatakan bahwa riba itu hadir bagaikan debu yang berterbangan, ia akan menempel juga pada tubuh kita. Luar biasa. 'Waahallahulbai'a, waharramarriba' artinya Allah halalkan jual beli dan diharamkannya riba'... ( QS. Albaqarah : 275)

Potongan ayat di atas sudah jelas yang mana halal dan haramnya. Namun saat ini kita susah membedakan yang mana riba dan mana yang tidak bukan? Hanya bagi orang yang taqwanya begitu dalam pada Allah Swt yang bisa lihat itu.

Allah menjelaskan dalam surat Al-Anfal ayat 29, bahwa taqwa itu bisa menjadikan orang punya Furqon ( pembeda yang hak dan batil) : ' Wahai orang - orang yang yang beriman, jika kamu bertaqwa, maka akan kuberikan Furqan padamu ( pembeda yang hak dan batil)...'

Cinta yang menggelora pada Rabb dan Rasul-Nya, inilah yang bisa membuktikan taqwa kita, kemudian pantas diberikan gelar taqwa dan Furqan itu sehingga kita tidak terjatuh pada yang haram.

Ada suatu cerita menarik ketika kami merencakan kegiatan webinar Alppind " Seni mendidik anak emas Indonesia'.

Kemudian kami merencakan membuat poster dan perlu menginfokan nomor rekening bank ke peserta yang mendaftarkan webinar pada 29 Maret 2020 yang lalu.

Panitia yang tidak lebih dari 10 orang itu tak ada yang punya Norek syariah yang dilengkapi dengan fasilitas e-bankingnya. Kami akhirnya bersepakat untuk membuat norek baru atas nama Alppind ( Aliansi Perempuan Peduli Indonesia). Salah seorang pengurus yang berlatar belakang pendidikan syariah dimana kesarjanaannya dari S1 - S3 nya adalah jurusan syariah, meminta agar tetap mencantumkan rekening syariah di dalam poster webinar tersebut. Alasannya biar acaranya berkah.

Subhanallah sungguh luar biasa ucapan panitia itu bagi saya. Ketaqwaan pengurus Alppind pada Rabb-Nya menjadikan acara ini sukses.

Kegiatan yang hanya kami share ke masyarakat kurang dari 4 hari ini, dihadiri oleh 375 orang. Sungguh tidak mudah untuk mengumpulkan peserta dalam 4 hari sebanyak itu, melalui media online.

Poster dengan Norek syariah itu, telah bawa berkah buat kami. Pesertanya melimpah. Sungguh pantas kami panitia bersyukur pada Allah Swt. Alhamdulillah. Dan banyak lagi keberkahan lainnya yaitu para tokoh yang di undang juga hadir seperti yang kami Targetkan. Acara di buka oleh ibu Gubernur DKI, sambutan dari dinas pendidikan DKI Jakarta juga lancar saja 👍 dan kami diberi ruang untuk Bekerja sama program dengannya. Pemateri sekelas kakak Ustazah Dr.Oki Setianawati pun Allah hadirkan dalam acara ini bersama Dr. Saiful Bahri yang pakar syariah bidang ketahan keluarga lulusan Cairo Mesir ini.

Kami yakin acara ini sukses karena kekuatan doa dari pengurus Alppind yang istiqomah menjalankan syariat Allah. Para wanita sholehah yang berkumpul dengan niat tulus menebar kebaikan seperti yang di contoh kan Rasul yang mulia, Nabi Muhammad SAW.

Suasana Islami begitu dalam terlihat dalam kepengurusan Alppind DKI ini, persaudaraan dan kecintaan pada sesama begitu terlihat di wajah tulus mereka. Mereka rela meluangkan waktu nya buat persiapan acara tersebut, bahkan memberikan dananya buat sukseskan acara itu. I love you temanku seperjuangan, teman syurga ku semua. Semoga kelak kita dapat berkumpul kembali di Syurga- Nya Allah Swt dengan jalan kebersamaannya kita dalam wadah Alppind ini.

Cerita di atas hanyalah contoh saja buat kita agar tetap hati-hati dalam memilih dan memilah yang yang pantas kita kerjakan, baik buat diri kita atau dalam komunitas kita apalagi buat keluarga kita, dimana kita selalu bersamanya. Pandai memilih dan memilah teman akrab untuk kita jadikan teman di dunia ini.

Menjadi tanggung jawab kita menghidupkan cahaya Islam dalam diri dan lingkungan kita. Sehingga keberkahan kita dapatkan dan tidak jauh dari Rahmat Allah Swt.

“Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.” (QS al-Hujurat: 10)

Jakarta, 4 januari 2021

Khasanah

Ig:

@alppinddki, @daycare.rumahceria

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semangat terus bu doktor ...

04 Jan
Balas

Ya bu amiku

13 Jan
Balas



search

New Post