Hastri

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Besaoh

Besaoh

#Tantangan Gurusiana Hari Ke 27

Besaoh

Bahasa memiliki banyak ragam di seluruh penjuru dunia, Indonesia sebagai negara yang kaya akan ragam budaya juga memiliki ragam bahasa yang banyak, salah satu ragam bahasa yang ada di Indonesia yaitu bahasa melayu, bahasa melayu merupakan bahasa yang tidak asing bagi bangsa Indonesia karena bahasa Indonesia banyak dipengaruhi oleh bahasa melayu. Salah satu daerah di Indonesia yang sangat kental pengaruh bahasa melayunya adalah daerah Bangka Belitung, di sebut dengan bahasa melayu Bangka memiliki kekhasan tersendiri dan berbeda dari bahasa melayu lainnya.

Besaoh, menurut kamus Bahasa Melayu Bangka-Indonesia terbitan Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018 mengatakan bahwa (1) n tradisi gotong royong kelompok masyarakat untuk membuka ladang; (2) n tradisi saling tolong secara bergantian mengerjakan pekerjaan bersama-sama: Minggu adep jangan lupa kite besaoh di kantor desa; Minggu depan jangan lupa gotong royong di kantor desa. Tradisi besaoh di Bangka Belitung masih melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Bangka Belitung, setiap ada kegiatan baik kegiatan keagamaan, hajatan pernikahan dan kegiatan lainnya, masyarakat Bangka Belitung selalu besaoh dalam melakukan kegiatan tersebut, dengan besaoh semua kegiatan akan terasa ringan dan cepat diselesaikan.

Besaoh dijadikan sebuah nama sebuah stadion sepak bola yang terletak di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Belitung dengan nama Stadion Junjung Besaoh, stadion yang merupakan kandang dari klub sepak bola PS Bangka Selatan. Besaoh juga dijadikan sebagai semboyan Kabupaten Bangka Selatan dengan julukan Junjung Besaoh yang mempunyai arti cerminan kuatnya ikatan kekeluargaan dan persaudaraan masyarakat Bangka Selatan. Besaoh sudah menjadi tradisi yang melekat dalam masyarakat Bangka Belitung sehingga untuk mengenang cerminan memperkuat ikatan persaudaraan antara masyarakat, besaoh dengan nama Junjung Besaoh dijadikan sebuah nama stadion dan nama semboyan sebuah kabupaten yang ada di Bangka Belitung.

Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2020, dengan semangat Besaoh, kita sama-sama berdoa semoga kondisi ini segera berakhir, marilah kita ikuti anjuran pemerintah, taati peraturan pemerintah. Pageblug Covid-19 ini tidak akan mengurangi semangat pendidikan di Indonesia.

Selamat Hari Pendidikan Nasional untuk semua insan pendidik dan siswa di seluruh Indonesia. Marilah jadikan setiap orang sebagai guru, setiap rumah sebagai sekolah, belajar dapat dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post