hastuti hastuti

Hastuti,S.Pd.S.D. mengajar di SDN Pamongan 1, Guntur, Demak ...

Selengkapnya
Navigasi Web
 MENEROKA DAPUR PENTIGRAF Webinar V Mediaguru 2 Nara Sumber  Tengsoe Tjahjono

MENEROKA DAPUR PENTIGRAF Webinar V Mediaguru 2 Nara Sumber Tengsoe Tjahjono

Pentigraf merupakan cerita pendek yang pendek. Pentigraf terdiri dari tiga paragraf.yang fokus pada satu tokoh dan cerita. Pentigraf merupakan cerita narasi dan terdapat dialog maksimal satu dialog saja. Elemen dalam narasi harus muncul seperti tokoh, alur dan latar harus hadir secara utuh dalam satu cerita. Tokoh dalam cerita berfungsi sebagai motor penggerak alur yaitu manusia, hewan, tumbuhan atau alam.

Sumber cerita pentigraf dapat diambil dari pengalaman pribadi kemudian diolah menjadi pengalaman bersama. Dalam pentigraf terdapat alur yang dimiliki tokoh dan konflik yang harus dimunculkan dalam cerita. Konflik dapat dapat berupa (1)manusia dengan dirinya sendiri, (2)manusia dengan manusia lain, (3)manusia dengan alam dan budaya, dan (4)manusia dengan Tuhan. Konflik dapat diletakkan di awal atau akhir cerita. jalan yang disusun penulis harus menghindari menyenangkan pembaca. Di akhir cerita penulis harus membelokkan logika yang menyenangkan untuk pembaca diganti dengan kejutan yang dapat menimbulkan ketegangan di paragraf ketiga. Penulis membuat cerita yang di akhir pembaca tidak dapat menebak apa yang terjadi di akhir cerita. Akhir cerita harus melahirkan pengertian “Kok begitu ya ?” dan bukan akhir cerita yang normal. Panjang paragraf maksimal 210 kata.

Tips untuk membuat kejutan: nakal, tidak wajar . Nilai-nilai atau pesan akan menarik muncul dari kesalahan , keterpurukan, dan kecewa

Pelatihan membuat pentigraf dapat dilakukan kepada anak dengan membuat gagasan-gagasan yang tidak harus bersifat baik atau logika yang normal saja, namun harus keatif agar pembaca tidak mudah menebak akhir dari suatu cerita

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semangat berpentigraf Bu

25 Jun
Balas

Keren bu

27 Jun
Balas

Mantap betul. Lengkap sekali.

23 Jun
Balas

Moga kita lancar menulis pentigraf Bu. Salam literasi. Sukses selalu.

23 Jun
Balas

Keren bu karya hari ini mana bu khan skg tgl 25

25 Jun
Balas



search

New Post