Hayati Sukwaniati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Gelar Literasi Budaya

Gelar Literasi Budaya

Literasi budaya

Kegiatan Gelar Kompetensi Literasi Budaya SMP Negeri 2 Bandung. Menampilkan 10 Budaya Nasional diikuti siswa kelas 8A s.d 8J dan 10 Budaya Daerah dari siswa kelas 7A s.d 7J. Budaya Nasional seperti budaya Aceh, Padang, Ambon, Bali, Betawi, Papua, Banten, dan Kalimantan. Sedangkan budaya daerah seperti budaya Cirebon, kota Bandung, Sumedang, Cianjur , Tasik, Garut, Kab Bandung, Bandung Barat , Subang dan Sukabumi. Masing-masing kelas menampilkan kreasi daerah yang dipilihnya, dan stan kelasnyapun dihias berdasarkan budaya daerah tersebut. Penampilan setiap peserta dinilai oleh 3 orang juri terdiri dari guru seni, guru kelas 9 serta komunitas seni tari. Kegiatan Gelar Kompetensi Literasi dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi kreativitas siswa yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Acara berlangsung dari pukul 08.00 wib. Dimulai Pembacaan ayat suci Al Qur'an dan saritilawah. Menyanyikan lagu Indonesia Raya diikuti seluruh hadirin dilanjutkan laporan ketua kegiatan literasi budaya ibu hj. Idar Hamdiana. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kegiatan ini menjawab tantangan zaman generasi global menuju abad 21. "Menguatkan literasi disekolah dan terwujudnya gelar kompetensi abad 21". Itulah inti dari sambutan kepala sekolah sekaligus membuka acara Gelar Kompetensi Literasi Budaya secara resmi.

Acara selanjutnya dipandu 2 orang siswa kelas 8. Penampilan pertama tari topeng dari Cirebon, presentasi tentang budaya Cirebon, makanan, adat istiadatnya dan seni budayanya. Penampilan ke 2 budaya Betawi dengan boneka ondel-ondel dan roti buaya sehingga menambah daya pikat penonton. Dilanjutkan peserta kelas 8 menampilkan presentasi budaya Bali makanan khas bali dan tari kecak serta tari selamat datang. Budaya Aceh, Ambon, kalimantan , Sumedang, Cianjur dan seterusnya sampai semua kelas selesai menampilkan unjuk kebolehan dalam Gelar Kompetensi Literasi Budaya. Peserta setiap perwakilan kelas menampilkan kreasi terbaiknya. Penonton yang dari guru, orang tua siswa, tamu undangan serta para siswa tak beranjak dari tempat duduknya. Semua antusias menyaksikan acara sampai selesai. Tibalah pengumuman pemenang, semua siswa hening. Pembawa acara mengumumkan para pemenangnya sebagai juara Harapan 3 kelas 8c, harapan 2 kelas 8H, harapan 3 kelas 7j. Juara 3 kelas 8E, juara 2 kelas 8A , juara 1 kelas 8F. Kostum terbaik kelas 8D, juara favorit kelas 7B, juara tema terbaik kelas 8G dan juara terbaik kelas 7H. Semua bersorak dan bahagia. Mendapatkan piagam sebagai peserta dan piagam juara dari kepala sekolah. Acara ditutup pukul 15.00 WIB. Terimakasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya Gelar Budaya Literasi. Menjadikan pembelajaran di luar kelas berjalan sesuai harapan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post