HELLEN NOVIA

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
GHOST READER Hari Ke-13 Tantangan Gurusiana

GHOST READER Hari Ke-13 Tantangan Gurusiana

Muara akhir sebuah tulisan adalah publikasi. Kenapa harus publikasi? Menulis adalah ajang menyampaikan pesan. Agar pesan sebuah tulisan sampai kepada pembaca, seorang penulis harus mempublikasikan tulisannya. Publikasi yang ditempuh bisa beragam, misalnya menerbitkan buku, menulis artikel di koran atau majalah, menulis di blog atau media sosial. Cara yang paling cepat dan ampuh adalah melalui media sosial dan blog.

Ketika menerbitkan tulisan di blog atau media sosial, penulis biasanya berharap tulisannya dilirik oleh pembaca. Pemikiran seperti ini sah atau wajar saja. Sebagian penulis, dalam hal ini penulis pemula, mengalami frustrasi ketika tulisannya tidak banyak peminat atau sepi komentar. Sebenarnya kondisi seperti ini tidak perlu terjadi. Karena sesungguhnya peminat tulisan anda tidak bisa diukur dari jumlah like, love dan komentar.

Percayalah sebenarnya jumlah orang yang melihat atau membaca tulisan anda lebih banyak dari jumlah yang tertera. Hanya saja sebagian pembaca enggan berkomentar atau memberi respon. Berangkat dari istilah ghost writer, saya memberi istilah ghost reader untuk pembaca yang menikmati tulisan tapi tidak memberi komentar atau respon. Ghost reader bisa berasal dari para pencinta (lovers) atau pembenci (haters) tulisan anda.

Jadi, jangan berhenti menyampaikan pesan kebaikan melalui tulisan. Setiap tulisan memiliki peminat tersendiri. Bahkan bisa jadi tulisan anda sudah mempengaruhi orang lain secara diam-diam. Tugas penulis hanya menentukan sasaran dan melesatkan tulisan. Penulis tidak perlu memikirkan seberapa banyak target yang tersasar. Semangat menuliskan kebaikan!

Sumber foto:

https://www.aarp.org/home-family/personal-technology/info-2020/tablet-vs-e-reader.html

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Love the article sooo much Miss Hellen....Sukaaaa....

17 Jul
Balas

Really? Thanks sist

17 Jul

Keren sekali bu Hellen. Barakallah

17 Jul
Balas

Saya bukan Ghost Reader ya Bunda

17 Jul
Balas

Ha. Saya ghost reader sesekali bunda.

17 Jul

Keren ulasannya bu,...smg tulisan kita dpt mencerahkan orang lain

19 Jul
Balas



search

New Post