Helmi Yanti

Guru MTsN 6 Padang Pariaman...

Selengkapnya
Navigasi Web
'KREATIF DITENGAH PANDEMI'

'KREATIF DITENGAH PANDEMI'

Sudah hampir 3 bulan lebih kegiatan pembelajaran di kelas terhenti akibat pandemi Covid19,begitu banyak perubahan yang terjadi dalam bidang pendidikan,terutama pelaksanaan proses pembelajaran. Sebagai pendidik tentunya keadaan ini akan berdampak terhadap kreatifitas dalam kegiatan pembelajaran.Apa yang akan dilakukan oleh guru agar kegiatan pembelajaran terus berjalan ?.Hal ini memerlukan kreatifitas dan daya inovatif guru agar pembelajaran tetap berjalan. Diantara banyaknya model pembelajaran daring tentunya guru harus memilih mana yang sesuai dengan situasi dan kondisi guru maupun siswanya.Tidak semua siswa kita punya kemampuan yang sama dalam hal ekonomi yang dikaitkan dengan penghasilan orang tuanya.Pembelajaran model daring membutuhkan sarana dan prasarana, diantaranya handphone, paket data dan kemampuan dalam menggunakan aplikasi yang ditawarkan oleh gurunya. Sebagai guru madrasah saya mencoba untuk memberikan pembelajaran dengan sederhana saja dengan menggunakan aplikasi Whattshap. Aplikasi ini sudah biasa digunakan oleh pengguna android,pembelajaran ini disesuaikan dengan jadwal belajar disekolah.Absen siswa diambil setiap kali masuk kelas di Whatshapp, namun tidak semua siswa dalam setiap kelas yang mengakses pembelajaran secara online,sehingga materi yang disampaikan tidak diterima oleh seluruh anggota kelas.Namun dengan kondisi ini saya tetap bersemangat dalam memberikan pembelajaran dan terus meningkatkan kemampuan dibidang IT.Kegiatan yang . memanfaatkan google form untuk pelaksanaan PH online. Dengan menggunakan google form kita bisa melaksanakan PH dengan bentuk soal yang kita inginkan,apakah essay,multiple choice,pilihan dan lain lain,waktunya bisa dibatasi dan pelaksanaan PH nya bisa kita tentukan kapan dan sampai waktunya.Namun banyak juga kendala yang dihadapi oleh siswa.diantaranya : siswa kurang mahir dalam menggunakan internet,kendala jaringan karena tidak semua wilayah internetnya cepat.Form adalah tekhnologi yang serbaguna di internet yang dapat mengolola pendaftaran ,acara,membuat poling quick count dan banyak yang lainnya Cara membuat google forms adalah (1)dari form google.com,klik Blank atau pilih template, (2) dari drive google.com,klik new lainnya,(3)namai formulir, (4)tambahkan deskripsi dibawah nama form,tambahkan teks. Jadi dalam kondisi pandemi guru harus inovatif dan kreatif mencapai tujuan pembelajaran yang diampu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

benar banget cikgu yanti, lanjut...

16 May
Balas

Terima kasiih

15 May
Balas

Terima kasih kembali Bu..

16 May

Terima kasih atas informasinya, Bu.

15 May
Balas

keren.... terima kasih....ikut belajar

16 May
Balas

Iya bapak..asyiiik pak

16 May



search

New Post