Helmi Yanti

Guru MTsN 6 Padang Pariaman...

Selengkapnya
Navigasi Web

'Peranan TIK dalam Pembelajaran '

Sebagai seorang Guru TIK sudah tidak asing lagi bagi kita..

Perangkat TIK dapat dimanfaatkan secara efektif dengan maksud meningkatkan kualitas pembelajaran,yang dilakukan dengan mengintegrasikankedalam kurikulum yang ada.Guru berperan sebagai sutradara dalam proses belajar mengajar yang dilakukan didalam kelas maupun diluar ruangan kelas,sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa.

Guru zaman now dituntut dalapat menguasai TIK dengan baik,juga mampu mendesain metode pembelajaran yang inovatif yang berpusat pada siswa agar lebih aktif dalam bertanya dan berpendapat dengan gagasan yang terbaru sehingga dapat membawa siswa ke dalam tingkatan berfikir yang kreatif dan lebih tinggi.

Disamping itu pemanfaatan TIK dan Internet membuat siswa mampu mengembangkan siat keingintahuannya..ruang kelas yang tertata rapi ,suasana yang menyenangkan sehingga siswa makin senang dan termotivasi untuk belajar.

Fenomena perkembangan TIK yang begitu cepat dan berdampak pada berbagai sendi kehidupan khususnya dalam pendidikan yang akan membuat sekolah memiliki tanggung jawab dan mempersiapkan dan menghasilkan sumber daya manusia yang mampu mengadapai tantangan dan perubahan zaman.

TIK sebagai objek pembelajaran,kebanyakan terorganisasi dalam berbagai mata pelajaran khusu mendapatkan literasi dalam berbagai bidang apa yang dipelajari bergantung pada bentuk pendidikan dan level siswa.

Pendidikan ini mempersiapkan siswa untuk menggunakan TIKdalam pendidikan keterampilan masa depan dan kehidupan sosial.

TIK sebagai alat bantu ,misalnya membuat tugas-tugas,mengumpulkan data dan dokumentasi serta melaksanakan penelitian.Umumnya digunakan dalam memecahkan permasalahan secara mandiri.

TIK sebagai media proses belajar mengajar dapat meningkatkan proses penetapan tujuan dengan menyediakn perangkat pembelajaran.

Penerapan sistem pembelajaran berbasis TIK dan moving class akan memerlukan SDM ynag handal dan kesiapn guru dalam menerapkannya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul tu buk, guru zaman now, harus bisa IT...

10 Mar
Balas



search

New Post