Helvi Heryanti, S.Pd. SD.

Saya Kepala Sekolah Dasar Negeri Cihajere Kec. Sukaresmi Kab. Cianjur Jawa Barat. Baru saja menyelesaikan Progfam Pendidikan Guru Penggerak Angkatan VI. Semoga ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Uraian Singkat Pendidikan Guru Penggerak

Uraian Singkat Pendidikan Guru Penggerak

Pada kesempatan kali ini saya sebagai  Guru Penggerak Angkatan VI ingin membagikan rangkaian dari proses yang saya lalui mulai dari seleksi untuk menjadi Calon Guru Penggerak(CGP) sampai lulus pendidikan sebagai Guru Penggerak(GP). 

Pendidikan Guru Penggerak(PGP) adalah program yang dirancang oleh pemerintah untuk melatih dan mempersiapkan guru yang memiliki komitmen kuat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Program ini bertujuan untuk menghasilkan guru-guru yang berkualitas, inovatif, dan mampu menjadi agen perubahan di sekolah-sekolah.

Awal mula mengikuti pendidikan Guru Penggerak  dimulai dengan proses seleksi. Diawali dengan mengisi biodata lengkap, seleksi pengisian esai, praktek mengajar, kemudian wawancara. Serangkaian tes ini harus dilalui oleh setiap guru yang berminat mengikuti PGP untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Seleksi ini bertujuan untuk memilih calon guru yang memiliki potensi dan dedikasi tinggi dalam bidang pendidikan.

Setelah melalui proses seleksi, calon peserta yang lolos akan mengikuti program pendidikan yang intensif dan komprehensif dan disebut sebagai Calon Guru Penggerak (CGP). Program pendidikan Guru Penggerak biasanya melibatkan kombinasi antara teori dan praktek. CGP akan mendapatkan pelatihan dalam berbagai aspek pendidikan, seperti kurikulum, metode pengajaran, manajemen kelas, penilaian, dan pengembangan kepribadian.

Selama program pendidikan, CGP akan berinteraksi dengan Pengajar Praktik(PP) dan Fasilitator yang akan membimbing mereka dalam mengembangkan kemampuan mengajar dan pemahaman tentang permasalahan pendidikan yang ada. Mereka juga akan mengikuti praktik pengajaran di sekolah masing-masing untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka pelajari.

Setelah menyelesaikan program pendidikan, para lulusan akan mendapatkan sertifikasi sebagai Guru Penggerak. Mereka akan ditempatkan di sekolah-sekolah yang membutuhkan perubahan dan perbaikan, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Sebagai Guru Penggerak, mereka akan terus mengembangkan diri dan bekerja sama dengan pihak sekolah serta pemangku kepentingan lainnya untuk mencapai perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan.

Pendidikan Guru Penggerak merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas pendidikan di negara ini. Melalui program ini, diharapkan para guru dapat menjadi penggerak perubahan yang positif dalam sistem pendidikan dan memberikan dampak yang berkelanjutan bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Demikian uraian singkat saya mengenai proses pendidikan guru penggerak. Semoga  menginspirasi dan memberi motivasi untuk guru Indonesia lainnya untuk mengikuti program pendidikan guru penggerak pada angkatan selanjutnya. 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Bu helvi, tulisan pertamanya mantap, apalagi kalau sdh sering, lanjutkan!

31 May
Balas

Yuk saling komentar dan follow untuk menambah motivasi

31 May
Balas

Keren tulsiannya bu Helvi, lanjutkan besok menulis lagi ya

31 May
Balas

iya ibu terima kasih

31 May

insya Alloh, akan menjadi insfiratif...

31 May
Balas

Kerennnn bu helvi tulisan nya..luar biasa sekali..baru pertama menulis sudah menginsfiratif.semoga saya bisa mengikuti jejak ibu ya

31 May
Balas

Mantap Bu tulisan yang menginspirasi

01 Jun
Balas

Perjalan yang berliku, terjal, curam dan menanjak sudah nyimas lewati, didepan menanti hamparan jalan yang lurus tanpa persimpangan. Lewati jalan itu, adalah karirmu yang akan kian menanjak.Jangan nyaman diposisi yg saat ini duduki, karena semakim nyaman maka akan terlena sepertihalnya tidur nyeyak, bangun dan terus berjalan gapai sampai titik puncak karir tertinggimu.

31 May
Balas

Terimakasih kangmas... atas segala dukungannya

31 May



search

New Post