Hendra Trisandi

Hendra Trisandi, lahir di Selong pada tanggal 08 oktober 1974. Profesi sehari-hari sebagai Guru pada bidang Kemaritiman khususnya Ilmu-ilmu Pelaya...

Selengkapnya
Navigasi Web

Story of life 68 (Mengkaji Diri)

#Tantangan Menulis Gurusiana Hari Ke-365

(Edisi Rabu,13 Januari 2021)

Langkah- demi langkah yang selalu mengiri perjalanan hidup ini tak pernah menemukan titik akhir yang sebenarnya. Titik akhir perjalanan di dunia itu sebenarnya berakhir ketika ruh dan jasad pada diri manusia sudah tidak menyatu lagi. Ya.. itulah dia garis finish perjalanan hidup di dunia adalah kematian. Setelah kematian itu di yakini bahwa ada lagi perjalanan lain yang sifatnya abadi yang tak ada garis finishnya.

Beralih dari pemikiran di atas, bahwaa garis finish yang dibuat manusia tidak terlepas dari tempat berakhir setiap kegiatan atau aktivitas yang telah disepakati. Terhitung jarak dan waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikannya. Stelah kegiatan itu selesai, apakah aktivitas lainnya yang sama atau pun berbeda akan selesai juga? Tentu jawabanya tidak. Jadi penyelesain tugas dalam aktivitas demikian adalah sifatnya sementara yang telah terikat oleh kesepakatan. Selanjutnya akan kembali menjalani aktivitas rutin yang hanya disepakati oleh diri sendiri dan terus berlanjut sampai mengalami kematian.

Dengan segala tanggung jawab dan konsekuensi pada diri sebagai bukti menjalani prosesnya sampai titik akhir yang telah ditentukan. Bukti- bukti inilah menjadi laporan dan sejarah perjalan selama proses berjalan. Liku- liku perjalanan tentu juga mengalami berbagai rintangan, hambatan dan gangguan. Itulah ujian dan cobaan yang di alami dalam menempuh perjalanan panjang sehingga berakhir pada titik finish.

Menulis tanpa henti selama 365 hari dengan komitmen dan tanggung jawab ini juga meupakan contoh kecil yang bisa menjadi kaca dalam bercermin melihat sejauh mana diri dapat menaklukkan segala tantangan dan rintangan selama proses berjalan. Tentu tidak mudah dan gampang, disitulah di butuhkan keyakinan dan tekad yang bulat sehingga memberikan semangat dan motivasi dalam mengarungi dan menempuh perjalanan itu. Insyaalloh jika dinikmati apapun masalah yang ditemukan di tengah perjalanan dapat selesaikan dengan baik. Sabar dan ikhlas, tekun dan disiplin serta selalu berikhtiar dan berdoa adalah kunci dari semuanya. Kemudahan- kemudahan itupun tak akan tak mungkin untuk diraih. Ingatlah bahwa ”setelah datangnya kesulitan datang kemudahan” nikmati jangan pernah berkeluh kesah semua pasti ada jalan keluar. Ikuti petunjuk dan panduan yang menjadi tuntunan insyaalloh akan selamat sampai tujuan. Selamat menempuh tantangan berikutnya. Semoga bergulirnya waktu menjadikan kita lebih baik dan baik lagi di perjalanan selanjutnya.

Selamat bagi semua peserta yang telah menyelesaikan tantangan menulis 365 hari tanpa henti. Semoga gerakan literasi ini membuat kita menjadi lebih professional dan tidak pernah berhenti menulis di waktu- waktu berikutnya dan grup tercinta MGI ini menjadi ajang silaturrahmi bagi kita semua. Terima kasih dan salam merdeka!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pasti bisa...

15 Jan
Balas

Selamat Pak guru sudah berhasil melalui tantangan. Doakan sy bisa menyusul

13 Jan
Balas



search

New Post