Hendri Hidayat,S.Ag.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SEKOLAH KEREN , JAUH DARI BULLYING

SEKOLAH KEREN , JAUH DARI BULLYING

SEKOLAH KEREN ,JAUH DARI BULLYING

Kalau ditinjau dari segi bahasa, kata bullying berasal dari bahasa Inggris yang diartikan perilaku agresif yang dilakukan berulang kepada seseorang yang lebih lemah secara sosial, emosional maupun psikologisnya, dalam KBBI dikenal dengan perundungan. Bullying ini termasuk akhlak yang tidak baik karena di dalam Islam sangat menjaga keselamatan muslim dengan kebaikan lisan dan tangannya sebagaimana di firmankan Allah SWT di dalam Al Qur’an dan Hadist Rasulullah SAW.

Firman Allah SWT. dalam Alqur’an surat Al Ahzab ayat 70-71 yang artinya : Hai orang yang beriman, bertaqwalah kamu sekalian kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki amalan-amalanmu dan mengampuni dosa-dosamu. Barang siapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.

Hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Musa RA berkata,”Mereka(para sahabat)bertanya, Wahai Rasulullah, Islam manakah yang lebih utama ?”, Beliau menjawab, ‘Orang yang orang-orang Islam lainnya selamat dari lidah dan tangannya “.(HR.Bukhari)

Bullying Adalah Duka Bersama

Sangat sedih terasa di hati ketika kita menyaksikan kejadian demi kejadian yang memilukan di sekitar kita, yang kejadiannya bisa kita lihat rekaman elektroniknya melalui media sosial. Siapapun korbannya, mereka adalah anak –anak kita yang siapapun tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada dirinya.

Kondisi kekinian wilayah perlakuan bullying ini semakin banyak celah yang bisa dimasuki oleh pelaku antara lain : pelemahan harga diri korban , mempermalukan korban, serangan fisik seperti pemukulan dan sejenisnya, mengejek dan meneror, dan yang terkini yang sangat berbahaya adalah bullying melalui media elektronik melalui HP, komputer, internet, websoite, email,SMS dan lain sebagainya.

Bullying dengan segala aksinya ini adalah duka kita semua. Apapun amanah yang kita jalankan saat ini adalah tanggung jawab kita semua untuk tidak memberi ruang untuk pelaku bullying melancarkan aksinya dan sepakat kita harus membantu sekuat tenaga untuk mengembalikan semangat hidup bagi mereka yang sudah menjadi korban dari perilaku bullying.

Menggunung harapan bagi korban bullying mendapat perhatian dan tempat khusus karena itulah yang sangat dibutuhkan oleh mereka. Karena bangkit dengan segala keterbatasan, keterpurukan , ingin protes namun tidak mampu untuk melawan , dukungan dari orang tua, guru sahabat dan orang sekitarnya sangat dibutuhkan.

Sekolah Keren, jauh dari bullying.

Sekolah adalah rumah kedua bagi peserta didik setelah rumah orang tuanya. Rumah tempat menggantungkan harapan dan cita-cita. Rumah tempat menimba ilmu dunia dan akhirat bagi peserta didik. Sekolah inilah tempat peserta didik yang umumnya masih usia remaja menemukan jati dirinya melalui sentuhan kasih sayang dari guru dan tempat bersosialisasi dan berinteraksi sesama.

Sekolah dalam mewujudkan impian tersebut ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tidak semuanya manusia diciptakan sempurna. Dengan latar belakang keluarga yang berbeda dan kondisi lingkungan yang berbeda, ternyata ada yang sangat membutuhkan perhatian kita. Ada tangan yang membutuhkan rengkuhan, ada bahu yang membutuhkan untuk bersandar. Mereka adalah guru dan seluruh warga sekolah .

Alangkah indahnya jika suasana sekolah dengan lingkungan yang mengerti dengan apa yang dibutuhkan peserta didik. Sekolah yang mempunyai perhatian yang maksimal kepada peserta didik, sehingga akan cepat terdeteksi permasalahan yang terjadi pada peserta didik. Sehingga sekolah akan semakin keren jika bullying berhasil dijauhkan.

Bagaimanakah sekolah keren yang memperioritaskan prestasi dan jauh dari bullying antara lain :

1. Senantiasa berpikir positif atau berhusnudzhan kepada anak, jangan langsung seorang warga sekolah menghakimi seorang anak negatif sebelum mengetahui latar belakangnya dan menemukan mencari solusi yang akan menyelesaikan permasalahan yang ditemui.

2. Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan menjalinkan komunikasi yang baik dan sehat dengan peserta didik, sehingga peserta didik merasa dihargai dan dilindungi.

3. Selalu memberikan nasehat kepada peserta didik di setiap pelajaran dan berbagai kesempatan untuk senantiasa jauh dari bullying di manapun berada dan salah satu akhlak tercela yang mesti dihentikan.

4. Sekolah selalu menjalin hubungan yang baik dengan orang tua dan pesrta didik sehingga senantiasa merasa dihargai sehingga akan tercipta sekolah yang nyaman dan aman.

Akan semakin keren sekolah jika tidak ada tempat untuk bullying, karena berkah untuk menciptakan generasi keren masa depan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren karyanya Pak Hendri semoga bisa Sebuku lagi, Barokallah

08 Aug
Balas

amiin yaa rabb, syukron ustdz

09 Aug

Keren Pak Hendri, semoga menang lomba Agustus ini.

08 Aug
Balas

aamiin yaa rabb,syukron ustdzh

09 Aug

Mantap ulasannya, pak. Semoga sukses!

08 Aug
Balas

amiin yaa rabb, syukron ustdzah

09 Aug

alhamdulillah

08 Aug
Balas



search

New Post