Henny Nurhasanah

Wanita kelahiran Kota Bumi Mina Tani ( PATI), ibu rumah tangga dengan pengalaman mengajar Bahasa Inggris sejak lulus kuliah th1991 sampai sekarang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pelatihan Online (2)

Pelatihan Online (2)

Pelatihan Online

PJJ Inovatif, Berkarakter

Tantangan Gurusiana #Menulis 180 hari (Hari ke 144)

Pelatihan Online PJJ Inovatif, Berkarakter diselenggarakan oleh Pengurus Provinsi PGRI Jawa Tengah bekerja sama dengan Universitas PGRI Semarang, hari kedua Sabtu, 7 November 2020 menampilkan dua narasumber yaitu, Dr. Nur Zaida. M.Pd menyampaikan "perencanaan PJJ Inovatif, berkarakter” dan Dr. Katarina Herwanti, M.Pd menyampaikan “Pelaksanaan PJJ Inovatif, Berkarakter.”

Dalam panel pertama dan kedua, beliau menyampaikan seputar perencanaan dan pelaksanaan PPJ. PJJ masa pandemi Covid 19 dapat dilakukan secara daring, luring, blended learning, atau situasional. Pembelajaran jarak jauh dibutuhkan keterampilan penggunaan berbagai tools baik yang bersifat umum atau khusus. Salah satu aplikasi penting untuk suatu PJJ adalah aplikasi untuk membantu keaktifan siswa dalam pembelajaran jarak jauh, Selain itu diperlukan model metode pembelajaran yang inovatif kreatif menantang dan menyenangkan. Keaktifan siswa juga ditentukan oleh beberapa usaha untuk membuat penyederhanaan dalam pembelajaran jarak jauh. Diperlukan keterampilan untuk memilih konsep yang esensial dalam kurikulum jika perlu dapat disederhanakan atau dikurangi cakupan materi agar peserta didik memiliki pemahaman yang mendalam terhadap konsep yang dapat diterapkan di beragam konteks.

Upaya untuk memelihara keaktifan siswa dalam PJJ mulai dengan isu atau kasus yang aktual atau ada dalam keseharian siswa yang relevan dengan topik yang dibahas, tetapi bisa juga disisipkan di tengah pembelajaran, menggunakan perangkat lunak interaktif untuk memberi quiz pertanyaan selama pembelajaran daring kahoot quiziz, mentimeter atau yang lain. Guru menggunakan perangkat lunak tersebut untuk mengelola pertanyaan dan melihat jawaban siswa dengan segera. Memberikan kegiatan selama pembelajaran selain soal latihan. Selain itu bisa meminta siswa untuk menunjukkan hasil kerjanya atau memintanya untuk mengirimkannya melalui penugasan.

Untuk pembelajaran daring, ada dua keterampilan besar yaitu keterampilan mengelola substansi Materi Pembelajaran dan keterampilan menggunakan alat bantu atau aplikasi pembelajaran. Dari sisi substansi guru memerlukan kemampuan memilih KD esensial memastikan tercapainya kompetensi dasar dll. Dari sisi alat bantu, guru memerlukan kemampuan memilih tools yang tepat dengan tujuan memelihara keaktifan dan perhatian siswa maupun dalam rangka menguatkan pemahaman siswa.

Hambatan yang sering muncul dalam PJJ diantaranya ketidakadan gawai, kuota/susah sinyal, mata lelah, motivasi dan semangat menurun. Dari temuan hambatan dalam PJJ, ada tips bagaimana mengelola selama PJJ.

.

TIPS PENGELOLAAN PJJ

Ø Jangan stress

Ø Buat pembelajaran menyenangkan.

Ø Membagi menjadi kelompok kecil.

Ø Mencoba model Pembelajaran Project Based Learning atau berbasis aktivitas.

Ø Mengalokasikan waktu bagi siswa yang tertinggal.

Ø Pengaturan waktu untuk setiap KD.

Ø Berinteraksi dan berkolaborasi dengan teman sejawat.

Dalam tahap akhir perlu melaksanakan analisa dan evaluasi terhadap ketersampaian materi, respond an partisipasi siswa, penggunaan media belajar, rencana kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Analisa dan evaluasi itu bertujuan untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya.

Pelatihan masih berlanjut hari ke III : Senin s.d Kamis, 9-12 November 2020 dengan agenda penugasan mandiri menyusun RPP PJJ Inovatif Berkarakter.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantul reportasenya, sehat dan sukses selalu

08 Nov
Balas

Aamiin..makasih Bu Elvi

08 Nov

Semoga sukses selalu ya Bu

08 Nov
Balas

Aamiin, semoga sukses juga Bunda Aisyah

08 Nov

Mantap reportasenya ibu salam literasi

07 Nov
Balas

Salam literasi, terima kasih singgahnya bu Muna

08 Nov

Bu Henny, Bu Sri nama orang Pati yang di Labura. Bertugas di Kota Aekkanopan (ibu kota Labura). Terima kasih sudah berkunjung ibu. Salam.

07 Nov
Balas

Salam dari bumi Mina Tani Bu Sri

08 Nov

Zuper duper. Reportasenya lancar, mengalir alami. Enak membacanya. Sukses Bu Henny.

08 Nov
Balas

Aaaminn

08 Nov

Tips yang sangat menginspirasi..salam literasi.sukses selalu

07 Nov
Balas

Aamiin... salam literasi bu Zain

08 Nov

Keren bund salam sukses

07 Nov
Balas

Salam sukses juga bu Yayuk, salam kenal dan salam literasi

08 Nov

Semoga bisa mengikuti kegiatan sampai akhir dan kutunggu laporan selanjutnya biar kecripatan ilmunya

08 Nov
Balas

Keren ulasannya bu..sukses selalu ya

07 Nov
Balas

Aamiin, makasih bu Rahmi

08 Nov

Semoga sukses dan kegiatan PJJ lebih keren

07 Nov
Balas

Aamiin... makasih pak Yus

08 Nov

Mantap Bu reportasenya..salam sukses selalu.

08 Nov
Balas

Salam sukses dan salam literasi , makasih

08 Nov

Mantul reportasenya.... sukses selalu

08 Nov
Balas

Aamiin,,, makasih bu Hanif

08 Nov



search

New Post