Henny Nurhasanah

Wanita kelahiran Kota Bumi Mina Tani ( PATI), ibu rumah tangga dengan pengalaman mengajar Bahasa Inggris sejak lulus kuliah th1991 sampai sekarang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pelatihan Online

Pelatihan Online

Pelatihan Online

PJJ Inovatif, Berkarakter

Tantangan Gurusiana #Menulis 180 hari (Hari ke 143)

Pelatihan Online PJJ Inovatif, Berkarakter diselenggarakan oleh Pengurus Provinsi PGRI Jawa Tengah bekerja sama dengan Universitas PGRI Semarang, hari pertama Jumat, 6 November 2020 menampilkan dua narasumber yaitu, Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si. dengan menyampaika tema “Konsep dan Staregi Pengembangan PJJ Inovatif” dan Dr. Hj. Listyaning Sumardiyani, M.Hum menyampaikan "Pengintegrasian Nilai-Nilai Karakter dalam PJJ Inovatif.”

Tujuan

1. Meningkatkan kemampuan guru PGRI dalam mengembangkan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian PJJ Inovatif.

2. Mengembangkan nilai-nilai karakter dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian PJJ Inovatif.

3. Mendorong munculnya best practice pengelolaan PJJ Inovatif.

Di Panel pertama Dr. Saptono menjelaskan tentang hal-hal di perlu dihindari dan anjuran dalam pelaksanaan PJJ.

Yang perlu dihindari yaitu:

Ø Hindari membuat aturan dan tugas yang tidak memahami kondisi murid dan orang tua

Ø Hindari memaksakan tugas harus dikerjakan dengan kriteria dan durasi kecepatan yang sama untuk semua murid

Ø Hindari menuntut orangtua untuk mendampingi penuh murid tanpa mempertimbangkan factor kendala dalam melakukan pembelajaran.

Ø Hindari memberi tugas sekedar untuk latihan soal atau pengerjaan LKS, tanpa disertai diskusi dan refleksi.

Ø Hindari menberi tugas yang meminta murid hanya memindahkan materi dari buku teks ke lembar tugas.

Ø Hindari memberi tugas tanpa memberi umpan balik kepada orangtua pada kelas kecil dan murid pada kelas besar.

Ø Hindari memberikan ganjaran (reward) untuk keberhasilan murid mengerjakan tugas.

Ø Hindari hanya memberi tugas sebagai sumatif, tanpa membuatasesmen formatif untuk membantu murid memahami kemampuan.

Ø Hindari memberikan tugas yang terlalu mudah atau terlalu sulit bagi murid

Ø Hindari memberi tugas sesuai kurikulum, tanpa mengaitkan dengan lingkumhan atau kehidupan sekitar

Ø Hindari memberi tugas yang mendorong murid berinteraksi dengan banyak orang seperti keluar rumah untuk mencari atau membeli bahan dan perlengkapan tugas.

Ø Hindari memberi tugas dari satu sumber atau buku teks semata.

Ø Hindari memberi tugas yang sama untuk semua murid tanpa mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi murid yang berbeda di rumah atau wilayah.

Beberapa anjuran diantaranya:

Ø Melakukan penjelasa terlebih dahulu kepada orangtua khususnya pada kelas kecil tentang tujuan dan proses belajar jarak jauh dan penggunaan aplikasi atau situs melaluivideo tutorial atau infografis (Prioritas).

Ø Satu kegiatan belajar bisa mencakup lebih dari pelajaran. Rancang tugas atau kegiatan belajar yang bisa mencakup 2-3 pelajaran (Prioritas)

Ø Berilah tugas yang terkaitdengan lingkungan rumah pada kelas kecil dan terkait dengan persoalan yang sedang hangat dibicarakan. (Menantang).

Ø Menyediakan pertanyaan terbuka pada instruksi penugasan yang memfasilitasi murid untuk mengekspresikan pendapatnya (Menantang).

Ø Menyediakan pilihan jam belajar sesuai jam sekolah atau jam mengerjakan tugas (prioritas).

Ø Mengombinasikan aktivitas dengan diskusi atau bergerak, tidak hanya duduk dan menulis saja atau aktivitas bergerak saja (Menantang).

Ø Sediakan pilihan tugas. Anjuran ini semakin penting untuk murid berkebutuhan khusus (menantang).

Pelatihan akan dilanjutkan besok tanggal 7, 9 – 14 November 2020, pukul 09.00 – 11.30.

Peserta pelatihan akan mendapatkan e-Sertifikat 32 JP.

#guru menolakmenyerahkarenacorona

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan nan keren, sehat dan sukses selalu bucantik

08 Nov
Balas

Tulisan yang informatif dan inspiratif. Terima kasih sudah berbagi Bu. Semangat selalu, semoga tetap sehat. Salam literasi.

06 Nov
Balas

Sama-sama pak Mus. Aamiin.

07 Nov

informatif dan bermanfaat, sukses selalu salam literasi

06 Nov
Balas

Sukses selalu untuk Bu Usnima, salam literasi

07 Nov

Semoga bermanfaat, sukses selalu Ibu Henny

06 Nov
Balas

Aamiin, makasih pak Herru

07 Nov

Terima kasih ilmu dan infonya Bu Nur. Salam sehat dan salam literasi selalu. Barakillah

07 Nov
Balas

Sama-sama pak Faya, salam sehat dan salm literasi juga

07 Nov

Tulisan yang keren dan mengingatkan kita semua. Salam sukses selalu untuk Bunda

07 Nov
Balas

Salam sukses juga bu Halif. Terima kasih kunjungannya

07 Nov

Keren bun sukses selalu

06 Nov
Balas

Sukses juga bunda Rahmi

07 Nov

Kegiatannya keren. Semoga dapat pengetahuan baru untuk diaplikasikan

07 Nov
Balas

Kegiatannya keren. Semoga dapat pengetahuan baru untuk diaplikasikan

07 Nov
Balas

Mantap Bunda Henny. Semoga sehat dan sukses selalu

07 Nov
Balas

Aamiin, makasih

07 Nov

informasi bermanfaat..sukses selalu

06 Nov
Balas

informasi bermanfaat..sukses selalu

06 Nov
Balas

informasi bermanfaat..sukses selalu

06 Nov
Balas

informasi bermanfaat..sukses selalu

06 Nov
Balas

Aamiin, makasih singgahnya bu Lia

07 Nov



search

New Post