Heramairanisyah, S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Utamakan pendidikan karakter

Utamakan pendidikan karakter

Pelajar....ketika mendengarkan kata pelajar pastilah kita semua memahami makna dari kata tersebut. Ya...benar, pelajar adalah orang yang sedang belajar atau menuntut ilmu dibangku sekolahan, termasuk mereka yang kini ada dikelas kita. Berangkat dari rumah ketika matahari belum menampakkan diri dan kembali kerumah ketika matahari hampir menenggelamkan dirinya. Hal ini mereka lakukan setiap hari sampai bertahun-tahun lamanya, yang mungkin diantara mereka hampir tidak pernah absen dari sekolah terkecuali memang ketentuan hari libur dari sekolah.

Hal ini merupakan bagian dari sebuah perjuang bagi mereka guna meraih cita-cita yang diinginkan dimasa depan. Maka alangkah naifnya jika kita yang notabene seorang pentransfer ilmu pengetahuan dan pembentuk karakter masih sering meninggalkan mereka didalam kelas dengan seribu satu alasan yang terkadang memang kita buat-buat. Kalau kita menyadari bahwa diera yang serba modern ini, dan sering disebut orang sebagai era 4.0, untuk mendapatkan ilmu pengetahuan sangatlah mudah, dalam hitungan detik pun bisa kita dapatkan, tetapi bukan hanya itu yang mereka butuhkan, melainkan perhatian dan kasih sayang dari kita.

Kita sering berfikir, bahwa pencapaian target kompetensi dasar materi adalah yang paling utama. sehingga kita lupa bahwa menumbuhkan karakter yang baik itu lebih utama bila dibandingkan dengan yang lain, seperti karakter religius,karakter cinta kebersihan dan lingkungan,karakter disiplin, jujur dan bertanggung jawab. Rasanya ke lima karakter ini haruslah dianggap wajib untuk ditanamkan kedalam diri para pelajar.

Seorang Ahli Kependidikan T. Ramli menyatakan bahwa pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengedepankan esensi dan makna terhadap moral dan akhlak sehingga hal tersebut akan mampu membentuk pribadi peserta didik yang baik.

Dari ungkapan diatas jelaslah bahwa pendidikan karakter sangat penting untuk kita tanamkan dalam diri para pelajar sehingga terciptalah insan-insan agamais,berakhlak dan bermoral.Mari kita mulai membiasakan diri untuk menumbuhkan karakter baik kepada mereka,insyaallah ini akan menjadi amal jariyah bagi kita semua.aamiin.

Salam literasi

pendidikan karakter yang utama, utamakan pendidikan karakter

madrasah hebat bermartabat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

sangat inspiratif , peran guru sebagai amanah mulia dan dapat menjadikan amal jariyah .

16 Oct
Balas



search

New Post