HERI TRIANINGSIH

Guru Keterampilan Agribisnis Perikanan Air tawar di MA Al Hkmah 2 Brebes Jawa Tengah...

Selengkapnya
Navigasi Web
MA Al Hikmah 2 Benda Memberangkatkan 319 Siswa untuk PKL di  Indonesia dan Luar Negeri
Zadi@malhikdua

MA Al Hikmah 2 Benda Memberangkatkan 319 Siswa untuk PKL di Indonesia dan Luar Negeri

Praktek kerja lapangan (PKL) atau istilah baru praktek kerja industri(PRAKERIN) adalah sebuah proses yang harus dilalui siswa MA Al Hikmah 2 (baca Malhikdua) Benda, Sirampog, Brebes Jawa Tengah untuk dapat naik ke kelas XII.

Program PKL di malhikdua sudah berlangsung selama 23 tahun dengan dana mandiri dari siswa. Bagi siswa yang kurang mampu akan mendapat subsidi dari sekolah/madrasah dan bapak/ibu guru yang berkenan membantu.

Tahun ini mahikdua memberangkatkan siswa berjumlah 319 dengan 7 program keahlian keterampilan yaitu Tata Busana, Teknik Pengelasan, Desain Komunikasi Visual, Teknik Komputer dan Jaringan, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Agribisnis Perikanan Air Tawar serta Bahasa Inggris dan Arab yang tersebar di 51 lokasi baik di instansi pemerintah ataupun swasta. Kota tujuan seperti Jakarta, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Kudus, Salatiga dan Boyolali.

Tujuan PKL adalah memperoleh gambaran tingkat keberhasilan program keterampilan, memperoleh pengalaman belajar di dunia kerja, serta menumbuhkan motivasi siswa menjadi manusia yang mampu berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif, mandiri, komunikatif dan berakhlak mulia.

Waktu pelaksanaan PKL untuk tahun ini berbeda-beda. Program keahlian keterampilan Tata Busana, Teknik Pengelasan dan Agribisnis Perikanan Air Tawar dilaksanakan selama 1,5 bulan dimulai dari tanggal 12 Juni - 26 Juli 2023 lebih lama waktunya karena lebih efektif. Program keahlian keterampilan DKV, TKJ dan OTKP dilkasanakan selama 1 bulan dari tanggal 12 Juni - 12 Juli 2023. Program keahlian Bahasa Inggris dan Bahasa Arab sealama 2 minggu.

PKL program keahlian keterampilan bahasa Arab dikenal dengan istilah teaching program (TP) yang dilaksanakan di MI/SD untuk di Indinesia. TP yang dilaksanakan di luar negeri dilaksanakn selama 15 hari dari tanggal 7-23 Mei di ABIM Sekolah Rendah Islam Alor Setar Kedah Malaysia dengan jumlah siswa 37. Sedangkan untuk Bahasa Inggris dikenal dengan istilah school's out program (SOP) yang dilaksanakan ditempat pariwisata seperti candi Borobudur, candi Prambanan yang banyak tourisnya. Insyaalah SOP direncakan juga akan dilaksanakan di luar negeri seperti di Inggris.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post