HERI TRIANINGSIH

Guru Keterampilan Agribisnis Perikanan Air tawar di MA Al Hkmah 2 Brebes Jawa Tengah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Penandatanganan MoU Malhikdua dengan PT. Wika Industri dan Konstruksi Pabrik Baja

Penandatanganan MoU Malhikdua dengan PT. Wika Industri dan Konstruksi Pabrik Baja

Brebes.-MA Al Hikmah 2 (Malhikdua) Benda, Sirampog, Brebes Jawa Tengah dan PT. Wijaya Karya (Wika) Industri dan Konstruksi Pabrik Baja Majalengka Jawa Barat, pada hari Selasa, 5 Juli 2022 menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kerjasama dalam rangka peningkatan kompetensi sumber daya manusia baik guru dan siswa melalui kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau magang.

Penandatanganan MoU antara pihak MA Al Hikmah 2 Benda, Sirampog, Brebes Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala MA Al Hikmah 2 Benda  H.Sulkhi dan PT. Wijaya Karya Industri dan Konstruksi Pabrik Baja Majalengka yang diwakili oleh M. Rizza Akbar selaku Pimpinan  PT. Wijaya Karya  Industri dan Konstruksi Pabrik Baja. Dimana penandatanganan MoU bertempat di PT. Wijaya Karya Industri dan Konstruksi Pabrik Baja Majalengka Jawa Barat dalam rangkaian acara monitoring PKL siswa MA Al Hikmah 2 program keterampilan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) dan Keterampilan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

M. Rizza Akbar dahulunya merupakan alumni MA Al Hikmah 2 Benda dengan program keterampilannya adalah administrasi perkantoran yang sekarang menduduki jabatan sebagai Pimpinan PT. Wijaya Karya  Industri dan Konstruksi Pabrik Baja di Majalengka Jawa Barat. Pada tahun 2021, dikegiatan pembukaan ujian LPKS Al Hikmah 2 Brebes diundang menjadi motivator bagi siswa MA Al Hikmah 2 program keterampilan.

PKL di  PT. Wijaya Karya Industri dan Konstruksi Pabrik Baja Majalengka baru pertama kali diadakan. PKL dilaksanakan dari tanggal 13 Juni sampai dengan 13 Juli 2022 yang berjumlah 4 siswa dimana 2 siswa program keterampilannya  OTKP, dan  2 siswa lainnya program keterampilannya TKJ.

PKL merupakan kegiatan wajib bagi siswa MA Al Hikmah 2 kelas XI di tahun akhir pelajaran. Tujuan dari kegiatan PKL atau magang dari siswa MA Al Hikmah 2 adalah memperoleh gambaran tentang tingkat keberhasilan program pelatihan keterampilan di Malhikdua, memperoleh gambaran tentang kemampuan siswa dalam menyerap semua materi pelatihan yang telah diberikan, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengenal lebih dekat dan belajar “mengalami” dunia kerja, meningkatkan wawasan siswa tentang dunia luar melalui proses pengamatan langsung dan “pengalaman belajar” di lingkungan kehidupan sekitarnya, dan menumbuhkan motivasi pada siswa untuk menjadi manusia yang mampu berpikir logis, kritis, kreatif, mandiri dan berakhlak mulia

Adapun manfaat dari PKL adalah pertama teridentifikasinya keberhasilan program keterampilan pada MA Alhikmah 2 sebagai bahan evaluasi pengembangan model pengelolaan program keterampilan yang bermutu dan visioner serta futuriable sehingga lahir madrasah yang berdaya saing tinggi, kedua memperoleh formulasi baru bagaimana kegiatan belajar mengajar yang mampu menumbuhkan dan mengembangkan bakat, minat serta wawasan peserta didik sehingga lahir lulusan madrasah yang berkualitas dan mampu berkompetisi secara nasional maupun internasional, ketiga  menumbuhkan motivasi dan semangat baru pada diri peserta didik untuk menjadi manusia yang mampu berpikir kreatif, kritis dan mandiri serta berakhlak mulia.

Sebagai upaya untuk program PKL  atau magang pada periode berikutnya, maka dibuatlah MoU antara kedua belah  pihak. Semoga MoU berjalan dengan baik demi peningkatan SDM yang berkualitas sehingga mampu bersaing di era industri 4.0.

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post