Herli Afrida

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Dipercepat diperlambat

Dipercepat diperlambat

#Tantangan_hari_ke_7

#cerpen_IPA

Hari ini Uni dan Adik sudah berdiri di tepi jalan untuk menunggu rombongan tour de singkarak. Sesekali motor patroli polisi lalu lalang di jalan raya. Tidak beberapa lama kemudian, rombongan pesepeda sudah melewati Uni dan Adik.

"Hah, kita sudah menunggunya begitu lama, ternyata kecepatannya seperti kilat, jadi hanya bisa melihat sekilas saja." Terlihat raut kecewa di wajah Adik.

"Kita mengambil posisi yang salah untuk menontonnya, Adik."

"Kenapa bisa salah?"

"Iya, kita berada pada posisi jalan yang menurun, otomatis sepedanya akan melaju dengan sangat cepat."

"Seharusnya, kita duduk di terminal ya kan, Uni? Di dekat sana jalannya sedikit menanjak?" Adik memperagakan tangannya.

"Iya, tahun besok saja kita duduk disana saja, hari ini kita ambil sebagai pelajaran saja, ok Adik!" Uni memberikan semangat pada Adik.

"Uni, apa penyebabnya pada saat menurun sepeda itu melaju dengan cepat?" tanya Adik yang mulai penasaran.

"Penyebabnya adalah gaya gravitasi, semakin menuju pusat bumi maka kecepatannya akan bertambah dan sebaliknya jika berlawanan dengan pusat bumi maka kecepatannya akan diperlambat. Itulah yang dinamakan dengan GLBB dipercepat dan diperlambat," terang Uni.

"GLBB? Apa itu Uni?"

"GLBB itu adalah gerak lurus berubah beraturan?"

"Gerak lurus, berarti geraknya lurus ya, Uni?"

"Gerak lurus itu lebih tepatnya gerak pada lintasan lurus, yang terbagi atas GLB gerak lurus beraturan dan GLBB gerak lurus berubah beraturan," jelas Uni.

"Apa bedanya, Uni?"

"Bedanya terletak ada kecepatan, jika GLB kecepatannya tetap, percepatannya nol sedangkan GLBB kecepatannya itu berubah secara beraturan, percepatamnya tetap atau konstan misalnya kecepatan waktu pertama 10, waktu selanjutnya 20, jadi pertambahan kecepatannya bertambah atau berkurang secara beraturan."

"Kecepatan, percepatan apakah sama, Uni? Kata dasarnya kan cepat?" tanya Adik lagi.

"Berbeda Adik, Kecepatan itu adalah besaran vektor yang menunjukkan seberapa cepat benda itu berpindah. Sedangkan, percepatan itu adalah perubahan kecepatan dalam satuan waktu tertentu."

"Uni, bukankah kalau di jalan menurun itu kita mengalami perlambatan, motor atau sepedakan harus direm pada jalan menurun dan saat mendaki itu motor atau mobil harus digas." tanya Adik.

"Itu dia konsep yang salah, rem itu gunanya adalah mengurangi kecepatan, karena pada saat menurun secara alami, akibat gaya gravitasi benda itu akan semakin cepat, makanya ada rem agar kecepatannya bisa dikurangi."

"Oo, berarti berlaku juga pada saat motor itu mendaki, perlu tenaga tambahan supaya cepat, makanya perlu digaskan, Uni?"

"Cendekia, Adik pintar, menurun itu GLBB dipercepat dan mendaki itu GLBB diperlambat, begitu Adik."

"Seperti sepeda tadikan, Uni."

"Betul, Adik, ayo, kita masuk lagi, cuacanya cukup panas."

"Ok, Uni, dan acaranya sudah selesai."

Mereka berdua masuk kerumah, sambil bercerita yang diselingi canda tawa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post