Herliani Rufaidà ER

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Sekolah Ramah Anak

Sekolah Ramah Anak

Sekolah Ramah Anak dapat didefinisikan sebagai sekolah yang bergerak berlandaskan kepentingan yang terbaik untuk anak, menyediakan kondisi sosial, fisik dan emosional yang tepat untuk mempromosikan pembelajaran dan pembaruan identitas. Lingkungan sekolah ini dimaksud untuk melindungi hak anak menuju pada realisasi potensi terbaik mereka di dalam dan di luar sekolah. Pilar – pilar sekolah ramah anak, proaktif inklusif, efektifitas secara akademis dan relavan dengan kebutuhan anak, sehat, aman dan melindungi, responsive gender serta memungkinkan adanya partisipasi keluarga dan komunitas.

Menurut Dr. Gutama pemerintah Indonesia mengakui perlunya pengembangan anak secara holistic dengan memperluas akses ke pendidikan dan pengasuhan anak usia dini/ PPAUD karena dianggap sebagai waktu yang paling baik untuk memperkenalkan prinsip – prinsip pokok sekolah ramah anak. Membangun keterampilan sosial dan emosional yang kuat akan mengambil lebih banyak manfaat dari investasi – investasi dalam pengembangan keterampilan kognitif saat pendidikan dasar dan menengah.

Salah satu pilar utama SRA ialah tersedianya lingkunga yang sehat, aman dan protektif. Sekolah juga berfungsi melindungi hak anak agar anak merasa aman dari kekerasan, penganiayaan dan eksplotasi. Mengingat sekolah ialah “Taman Siswa” yang memang pada dasarnya tepat yang indah serta di idamkan. Ujar Pak Hamid Muhammad. Peraturan mentri pendidikan dan kebudayaan No. 82 tahun 2015 tentang pencegahan dan penaklukan tindakan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan, yang menurut mentri akan ditingkatkan menjadi peraturan presiden, mengatur sekolah untuk memasang papan informasi sekolah aman di serambi sekolah serta guru dan kepala sekolah melaporkan tindakan kekerasan di sekolah.

SRA ini dapat berjalan jika semua pihak sama- sama mendukung dan mensukseskan kegiatan ini, hal tersebut meripakan langkah penting dalam memastikan bahwa sekolah berjalan atas kepentingan anak – anak dan menjadi “sekolah yang etis” yang berdedikasi untuk mengembangkan potensi masing – masing anak dengan mengenali perpaduan intelejensia yang unik di setiap individu serta kebutuhan untuk mengembangkan aspek – aspek non – kognitif dari prilaku moral mereka, dan di saat bersamaan menjamin keadilan sosial dan hak – hak setiap anak.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kerwnnn..semangat teeis bu...

07 Jun
Balas

Iya bu...mksh...buang bete...hehee

07 Jun
Balas



search

New Post