Herlina

Menulislah hingga dunia di sekitarmu berubah karena torehan penamu. Taburlah benih yang baik, sekalipun tanah disekitarmu tandus. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
'Mengudara dalam kegiatan JOTA JOTI'

'Mengudara dalam kegiatan JOTA JOTI'

Bermain di Frekuensi adalah kegiatan yang sudah dijalankan oleh Gerakan Pramuka jauh sebelum adanya Internet, bisa dibilang sekitar 50 tahun yang lalu anggota Pramuka khususnya Golongan Penegak Pandega sudah bermain dan bersilaturahmi melalui kegiatan Jota (Jambore On The Air) dengan berbagai anggota Pramuka di Wilayah Indonesia bahkan diberbagai Negara. Begitupula dengan Joti (Jambore On The Internet) yang kemudian disingkat dengan JOTA JOTI.

Perkemahan diangkasa Perkasa diadakan setiap Tahun pada bulan April untuk Tingkat Nasional dan bulan Oktober untuk tingkat Dunia. Pada umumnya kegiatan Jota Joti ini berbasis Pendidikan yang menyatukan lebih dari 2,5 juta anggota Pandu dari seluruh Dunia setiap tahunnya pada minggu ke-3 bulan Oktober. Melalui kegiatan ini kaum muda dapat belajar tentang Teknologi Komunikasi serta dapat terhubung dengan sesama anggota Pandu dari lebih 170 Negara. JOTA-JOTI memungkinkan pesertanya untuk mempelajari tentang Kepanduan dan nilai-nilai kewarganegaraan global. Tentunya kegiatan ini terbuka untuk Pandu di seluruh Dunia, memungkinkan anak muda untuk terhubung dan berkomunikasi satu sama lain menggunakan Internet dan radio amatir.

Hari ini tepat 16 Oktober 2020 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Polewali Mandar kembali melaksanakan kegiatan Jambore On The Air (Jota) dan Jambore On The Internet Nasional yang ke-41. Walau masih dalam Era Pandemi namun tetap melaksanakan dengan sistem yang sesuai Protokol Kesehatan, pada intinya dalam kegiatan JOTI adalah kegiatan komunikasi dengan Pramuka-Pramuka dari seluruh penjuru Dunia dengan menggunakan Internet sebagai media utamanya hal ini bisa saja digunakan secara mandiri akan tetapi berbeda dengan JOTA peserta menggunakan perangkat Radio Amatir tentulah peserta akan dibekali oleh Operator Amatir Radio dan mengajarkan peserta tentang tata cara penggunaan Radio dan membantu mereka untuk menghubungi Pramuka-Pramuka lain dengan menggunakan perangkat Radio Amatir sehingga peserta dikumpulkan dalam sebuah kelompok namun dengan jumlah yang terbatas. Melalui kegiatan JOTA JOTI para Pramuka Penegak Pandega dapat mengenal dan bertukar pengalaman dengan Pramuka-Pramuka dari berbagai penjuru dunia.

Disisi lain Jota Joti juga dianggap sangat menguntungkan bagi setiap Daerah dan Negara yang tentunya ikut dan berpartisipasi dalam perkemahan diangkasa. Karena melalui Informasi dan Komunikasi peserta dapat memperkenalkan Potensi Daerah khususnya Polewali Mandar ke tingkat Internasional. Misalnya, mengenalkan objek wisata, kuliner, kesenian dan budaya serta potensi daerah lain. Olehnya itu setiap peserta harus dibekali sebelum mengudara baik dari segi penggunaan alat, cara komunikasi maupun pengetahuan secara umum.

#Tantangan Gurusiana H-5

#Salam Pramuka

#Salam Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap,, lanjutkan. Salam Pramuka

17 Oct
Balas

siap laksanakan kak

17 Oct

Mantap,, lanjutkan. Salam Pramuka

17 Oct
Balas

Mantap,, lanjutkan. Salam Pramuka

17 Oct
Balas



search

New Post