HERLINA FRANSISKA, S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Aksi Nyata Budaya Positif

Pada modul 1.4 Budaya Positif penulis sebagai CGP mempelajari banyak hal baru, diantaranya tentang disiplin dan nilai-nilai kebajikanuniversal, hukuman, konsekuensi dan Restitusi, posisi kontrol, dunia berkualitas, kebutuhan manusia, keyakinan kelas, serta segitiga restitusi. Setelah selesai mempelajari modul ini, penulis mencoba melakukan aksi nyata seperti membuat keyakinan kelas serta mempraktikan segitiga restitusi pada saat menghadapi murid yang bermasalah.

Pada saat melakukan aksi nyata membuat keyakinan kelas, saya mengajak murid penulis (Kelas 6) membentuk keyakinan kelas kami dengan terlebih dahulu menjelaskan kepada mereka apa itu hakikat Keyakinan Kelas. Setelah memahami keyakinan kelas, saya mengajak mereka melakukan tanya jawab atau curah pendapat, tentang nilai-nilai yang dapat diyakini bersama. Adapun keyakinan kelas yang kami sepakati yaitu sebagai berikut:

1. Kami menyakini bahwa setiap orang butuh dihargai/dihormati

2. Kami menyakini sikap disiplin dalam berkegiatan akan menimbulkan rasa nyaman pada diri

3. Kami menyakini berkata jujur akan cepat menyelesaikan masalah

Adapun untuk aksi nyata segitiga restitusi, saya memparaktikkan pada siswa yang yang membuat kesalahan seperti pada siswa M yang berbuat cuarang dan berbohong pada guru, serta pada siswa R yang berkelahi dengan temannya karena memaksakan kehendak. Hal pertama yang saya lakukan adalah menstabilkan identitas yaitu salah satunya dengan mengatakan "tidak hanya kamu yang pernah melakukan kesalahan", kemudian memvalidasi tindakan yang salah dengan mencoba mencari tahu alasannya dengan berkata "Ibu yakin kamu tentu punya alasan berbuat demikian, dapatkah dijelaskan kepada Ibu?", kemudian pada tahap menanyakan keyakinan, saya memcoba mengaitkan perbuatannya dengan keyakinan kelas yang telah disepakati dan mengajak murid tersebut untuk senantiasa menerapkan nilai-nilai positif yang telah diyakininya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post