Herman Daulay

Seorang guru yag mengajar di SMAN 1 Banda Baro Aceh Utara. Mencoba menuliskan apa yang dipikirkan, apa yang dilihat dan apa yang dirasakan. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Diujung Jari Operator Nasib Guru dan Siswa

Loh kok jam mengajar saya belum linear ya ? bu guru ani bertanya kepada oporator dapodik. Pak guru herman datang dengan wajah bingung kok jam saya belum masuk semua ya om operator. Pak Yus datang dengan marah gaji pokoknya di data dapodik cuma 2 juta kemana yang lainnya ya om operator.

Aplikasi dapodik digunakan Kementerian Pendidikan untuk melihat beban kerja guru sudah sesuai dengan Permendikbud. Apabila beban kerja guru yaitu 24 jam mengajar maka tunjangan sertifikasi baru dibayar kepada guru yang bersangkutan.

Operator Dapodik

Aplikasi Dapodik memerlukan tenaga operator untuk menginput data. Data data dikumpulkan operator dari guru untuk profil guru sedangkan data jam mengajar didapat dari waka kuriikulum. Operator dapodik ditunjuk kepala sekolah. Namun tidak ada standar siapa yang bisa menjadi operator dapodik. tergantung dari keputusan kepala sekolah.

Operator berperan sangat penting. Ditangan operator data diinput ke dapodik. Sehingga kesalahan yang dilakukan operator dalam penginputan data akan berdampak kepada guru sertifikasi. Dampaknya bisa saja sertifikasi tidak cair karena tidak linear. Kurang bayar TPG karena salah input gaji berkala.

Aplikasi Dapodik Perlu Juga Melibatkan Guru

Peran sentral opeator sangat besar dalam aplikasi dapodik. Sehingga guru menyerahkan datanya bulat bulat ke operator dapodik tanpa mau tau dan tanpa mau pusing. Padahal sangat perlu guru tahu sejauh mana data yang di input operator sudah betul jangan sampai salah.

Alasan guru toh mereka tidak punya pasword untuk masuk ke aplikasi dapodik. alasan lain lagi itu memang sudah tugas operator dapodik. Namun menurut saya guru juga perlu diberi akses untuk dapat juga mengedit data dapodiknya apabila salah. Karena terkadang operaor dapodik hanya satu sedangkan guru ada 100 orang dalam satu sekolah.

Guru harus diberi akses mengedit data dapodik miliknya sendiri. Agar guru juga bisa bertanggung jawab terhadap data peibadinya, tidak mentah mentah menyerahkan kepada operator dapodik.Sehingga kedepan kita tidak menemukan lagi ketegangan antara guru dengan operator dapodik.

Salam

Herman Daulay

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Jempol deh!

08 Dec
Balas

he he makasih jempolnya bu ida

08 Dec
Balas



search

New Post