Hermin, M.Pd.

Seorang guru Bahasa Indonesia yang lahir di "Bumi Tarling", Cirebon, Jawa Barat, 15 Mei 1973; yang mengharapkan agar putera-puteranya dan seluruh generasi musli...

Selengkapnya
Navigasi Web
Selarik Semangat yang Tertoreh di Hari Guru

Selarik Semangat yang Tertoreh di Hari Guru

oleh, Hermin, M.Pd.

Guru Bahasa Indonesia dan Pembina Didaktika 7 SMAN 7 Kota Cirebon

Peringatan HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2021 oleh SMA Negeri 7 Kota Cirebon diisi dengan kegiatan upacara bendera. Upacara dimulai pukul 07.30 WIB dan berakhir kurang lebih pada pukul 08.15 WIB. Para petugas maupun peserta adalah para guru dan tenaga pendidik SMAN 7 Kota Cirebon. Upacara tahun ini tidak mengikutsertakan siswa sebagai peserta upacara.

Ini dilakukan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi pandemi yang walaupun melandai, tetap perlu diwaspadai. Itu sebabnya, saat upacara berjalan, mereka tetap berada di ruang kelas untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru yang seharusnya mengajar pada saat itu.

Bertindak sebagai pembina upacara, Kepala SMA Negeri 7 Kota Cirebon, Hj. Ety Nur Rochaeni. Ia membacakan sambutan Ketua Umum Pengurus Besar PGRI (Unifah Rosyidi). Dalam sambutannya, Unifah berpesan agar para guru bersatu padu dalam mengemban amanah sebagai pendidik dan bersungguh-sungguh dalam menjalankan peranannya sebagai seorang pendidik.

Upacara HUT ke-76 PGRI dan HGN 2021 di SMA Negeri 7 Kota Cirebon berjalan dengan khidmat dari awal hingga akhir. Tim jurnalistik yang bertugas meliput, berkesempatan mewawancarai Ety selaku pembina dan Kepala SMA Negeri 7 Kota Cirebon.

Kiprahnya selama 22 tahun sebagai guru di SMAN 5 Cirebon dan 12 tahun sebagai kepala di beberapa sekolah menempanya menjadi sosok pendidik sekaligus pemimpin yang memiliki kapabilitas dan kredibilitas yang tangguh. Terbukti di setiap sekolah yang ia pimpin, ia menorehkan jejak yang membanggakan. Termasuk di SMA Negeri 7 Kota Cirebon. Salah satunya adalah terselesaikannya pembangunan Masjid Nur Rohim. Pembangunan kamar kecil yang representatif bagi peserta didik, kantin sehat, dan banyak lagi hal-hal yang masih sedang berjalan dan akan diwujudkan termasuk cita-citanya untuk menjadikan SMAN 7 Kota Cirebon sebagai Sekolah Adi Wiyata, yakni sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih, dan indah.

Selaras dengan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat, ia berharap agar guru menjadi sosok yang masagi, segala bisa. Ia percaya dengan kekuatan sivitas akademika SMA Negeri 7 Kota Cirebon. Dengan moto yang ia ciptakan, yakni SMA Negeri 7 Cirebon maju dan sukses, pada peringatan HUT ke-76 PGRI dan HGN tahun 2021 ini, ia menegaskan kembali keyakinannya bahwa SMA Negeri 7 Kota Cirebon adalah satu kesatuan yang saling memberi dukungan penuh demi kemajuan dan kesuksesan pendidikan di SMA Negeri 7 Kota Cirebon.

Ia menutup wawancara HGN bersama tim Didaktika 7 dengan bersama-sama mengajak seluruh yang hadir untuk menyambut seruannya: “SMA Negeri 7 Cirebon….” Yang segera dijawab oleh seluruh yang hadir dengan penuh semangat dan antusias dengan satu teriakan yang sama: … “Maju dan Sukses”.

Semoga di satu tahun terakhir masa baktinya, seorang Ety yang di jiwanya selalu bergelora keinginan untuk memajukan dan menyukseskan lembaga yang dipimpinnya diberi berkah kesehatan dan kekuatan untuk bersama-sama dengan seluruh Sivitas Akademika SMA Negeri 7 Kota Cirebon mewujudkan pendidikan yang maju, yang penuh inovasi, yang membawa seluruhnya menuju kesuksesan bersama.

Dunia adalah ladang tempat menyemai dan menyuburkan benih kebajikan. Guru adalah seorang pendidik yang diberi amanah untuk itu. Sebagai guru, mari kita menggenggam erat amanah itu. Sebagai insan yang pernah dan akan terus berguru, mari kita memuliakan guru. Tidak hanya saat guru tersebut bertugas, melainkan hingga ajal menjemput kita. Imam Syafi’I dan Ali bin Abi Thalib adalah teladan dalam memuliakan guru.

Guru mulia karena ilmunya. Guru mulia karena karyanya. Ilmu dan karya dalam mengembangkan harkat dan martabat mutiara-mutiara bangsa dalam menemukan dan mengolah jati dirinya menjadi insan yang memiliki kecerdasan spiritual, emosional, dan intelektual sebagai bekal mengarungi berbagai tantangan masa depan. Selamat Hari Ulang Tahun ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2021.

Cirebon, 25 November 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post