Hermiza Akmal, S.Ag

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Fungsi Rumah Tangga Menurut Islam

Fungsi Rumah Tangga Menurut Islam

Fungsi Rumah Tangga Menurut Islam

By. Hermiza Akmal

MAN 3 Kota Padang Panjang

Allah Swt dan Rasul-Nya memerintahkan umatnya untuk menikah dan membangun rumah tangga untuk memenuhi separuh iman dan mengharapkan ridha Allah Swt. Nabi Saw bersabda, artinya “Apabila seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan setengah agama. Hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dalam setengahnya.” (HR. Al-Baihaqi dari Anas Bin Malik).

Setelah membangun rumah tangga, maka suami dan istri memiliki kewajiban dan tanggungjawab masing-masing. Suami menunaikan kewajiban dan tanggungjawabnya mencari nafkah dan memenuhi kebutuhan istri dan anak-anaknya serta memimpin dan mendidik keluarganya menjadi keluarga yang shalih dan shalihah.

Nabi Saw bersabda, artinya “Sebaik-baik kamu adalah yang paling baik pada keluarganya dan aku paling baik bagi keluargaku.” (HR. Al-Baihaqi dari ‘Aisyah ra)

Sebagai istri, kewajibannya adalah melayani dan memenuhi kebutuhan suaminya. Dan sebagai seorang ibu bagi anak-anaknya, maka ia berkewajiban pula mendidik anak-anaknya menjadi anak yang shalih dan shalihah.

Nabi Saw bersabda, artinya “Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap kamu akan ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang kepemimpinannya. Imam adalah pemimpin dan akan ditanya tentang kepemimpinannya. Suami adalah pemimpin dalam keluarganya dan dia akan ditanya tentang kepemimpinannya. Istri adalah pemimpin di rumah suaminya dan akan ditanya tentang kepemimpinannya. Pembantu adalah pemimpin terhadap harta tuannya dan akan ditanya tentang kepemimpinannya. Berkata Umar, aku mengira bahwa Rasulullah juga bersabda, Seorang anak adalah pemimpin terhadap harta bapaknya dan akan ditanya tentang kepemimpinannya.”( HR. Bukhari dari Abdullah Bin Umar).

Membangun rumah tangga yang harmonis adalah impian setiap manusia dan agar itu terwujud, maka fungsi rumah tangga harus terlaksana. Pertama, tempat pendidikan, yaitu keluarga merupakan tempat pertama dan utama dalam mendidik dan membina anak untuk menjadi insan yang beriman dan bertaqwa dengan memberikan pendidikan dan pengajaran akhlak-akhlak yang mulia kepadanya.

Anak adalah amanah bagi kedua orang tuanya, hatinya yang suci adalah permata yang sangat mahal yang harus diisi dan dipelihara dengan pesan-pesan Ilahi sebagai Rabb yang telah menciptakannya agar terwujud keselamatan, kebahagiaan, dan kesuksesan hidupnya di dunia maupun di akhirat kelak.

Kedua, tempat ibadah, yaitu keluarga yang di dalamnya, suami, istri, dan anak-anak saling mendukung dan tolong menolong dalam beribadah dan berbuat kebaikan. Jika ada anggota keluarga yang lalai, maka yang lain harus mengingatkannya karena tegaknya ibadah di tengah keluarga akan mewujudkan keluarga yang harmonis.

Suami sebagai kepala keluarga harus mengajak anggota keluarga untuk melaksanakan ibadah kepada Allah. Allah Swt berfirman dalam surat At-Tahrim / 66 ayat 6, artinya “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Nabi Saw bersabda, artinya, “Perintahkan anakmu mengerjakan shalat apabila ia telah sampai berusia 7 tahun dan apabila telah berusia 10 tahun, pukullah dia )jika tidak mengerjakannya( sebagai hukuman baginya. (HR. Abu Dawud dari Ar-Rabi’ Bin Sabrah)

Ketiga, tempat musyawarah, yaitu segala sesuatu yang menyangkut urusan rumah tangga, mulai dari urusan terkecil sampai kepada urusan yang sangat penting harus dimusyawarahkan, misalnya segala pengeluaran rumah tangga, biaya pendidikan, sedekah, infak, dan lain sebagainya harus atas persetujuan bersama sehingga komunikasi yang sehat dan kekompakan tercipta dalam keluarga.

Firman Allah Swt dalam surat Asy-Syura / 42 ayat 38, artinya “...sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka...”

Keempat, tempat istirahat, yaitu rumah merupakan tempat istirahat yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga dari kelelahan bekerja dan menuntut ilmu seharian di luar rumah sehingga bisa kembali mendapatkan energi baru atau fisik yang fit yang akan dimanfa’atkan untuk aktifitas (ibadah) keesokan harinya.

Firman Allah Swt dalam surat Ar-Rum / 30 ayat 21, artinya “Di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah Dia menciptakan untukmu pasangan dari jenismu sendiri, sehingga kamu merasa tentram (sakinah) dengannya, dan dijadikan-Nya di antar kalian rasa cinta dan kasih sayang (mawaddah wa rahmah). Dan di dalam itu semua terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

Demikian penjelasan mengenai fungsi rumah tangga menurut Islam, semoga bermanfa’at.

Padang Panjang, Senin, 04 Mei 2020 Tantangan Gurusiana (hari ke-35)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

MasyaAllah sangat bermanfaat bu.... Ternyata fungsi keluarga tidak sesempit yang kita bayangkan. Barokallaahu fiik...

04 May
Balas

Alhamdulillah. Aamiin, terima kasih do'a dan supportnya Pak Ari

04 May

Kalau keempatnya bisa terpenuhi, maka samara dah pasti terwujud ya Bu ketua??.....super sekali...

05 May
Balas

Iya Bu Kade. Alhamdulillah, terima kasih Bu Kade

05 May

Maa Syaa Alloh Saya semakin merindu dengan karya BundaqSemangat terus menginspirasi Sukses selalu, BundaqBarokallohu

04 May
Balas

Alhamdulillah. Aamiin, terima kasih do'a dan supportnya Bu

04 May

Mantap, Ustazah Hermizaakmal! Ibu telah mengingatkan kami.

05 May
Balas

Alhamdulillah. Sama-sama dan terima kasih Bu

05 May

Alhamdulillah.. Makasih buk tausiahnya..semoga keluarga kita samawa.aamiin

05 May
Balas

Alhamdulillah. Aamiin. Sama-sama, terima kasih kembali Buk Era.

05 May

Alhamdulillahi Robbil'Alamin. Barokallahu Fik Ibuk. Syukron Jazaakillah Khairoljazaa' ats pencerahannya

04 May
Balas

Alhamdulillah. Aamiin, syukran do'a dan supportnya Buk Susi

04 May

Smg rmh tangga kita semua senantiasa dlm lindungan Allah swt ya buk, aamiin

05 May
Balas

Iya Buk Yen. Aamiin. Terima kasih Buk Yen

05 May

Subhanallah. Bagus sekali tulisannya Bu. Salam kenal Bu.

04 May
Balas

Alhamdulillah. Ya Bu, sama salam kenal, terima kasih Bu telah berkunjung. Salam literasi

05 May

Fungsi rmh tangga, slh satunya tmpat istirahat yg nyaman utk kel tulisan yg sangat2 bermanfaat bund.Tksh sdh berbagi.

04 May
Balas

Ya Bu. Alhamdulillah. Terima kasih supportnya Bu

04 May

Alhamdulillah bu, terima kasih utk pencerahannya

04 May
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih supportnya Pak Nas

04 May



search

New Post