Hermiza Akmal, S.Ag

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kenanganku, Awal Menjadi ASN

Kenanganku, Awal Menjadi ASN

Kenanganku, Awal Menjadi ASN

By. Hermiza Akmal

MAN 3 Kota Padang Panjang

Akhir tahun 2004, tepatnya oktober 2004 Aku mengikuti tes CPNS. Alhamdulillah Aku lulus dan ditugaskan di MAN 1 Koto Baru Dharmasraya yang baru dimekarkan, yang sebelumnya masih masuk Kabupaten Sawahlunto Sijunjung. Terhitung 1 Januari 2005 Aku tercatat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ada beberapa kenangan yang sulit dilupakan ketika Aku mengajar di MAN 1 ini. Pertama, di samping madrasahku ada pondok tahfiz yang menampung para hafiz-hafiz Al-Quran yang datang dari berbagai daerah. Para peserta didik yang hafiz itu, mereka banyak yang menjadi peserta didikku di MAN 1 ini. Ada yang sudah hafal 30 juz, 15 juz, dan lain sebagainya.

Peserta didikku yang telah hafiz 30 juz ini, sejak kelas IV SD dimasukkan oleh orangtuanya ke pondok tahfiz ini, ketika dia baru masuk MAN, dia telah hafal 30 juz dan di madrasah, dia meraih peringkat satu secara akademik. Subhaanallaah...Super sekali...Allaahu Akbar. Ternyata manfaat menghafal Al-Quran sangat banyak sekali, di antaranya bisa meningkatkan prestasi belajar.

Dr. Abdullah Subaih, profesor psikologi di Universitas Imam Muhammad bin Su’ud al-Islamiyah di Riyadh menyerukan kepada para pelajar agar mengikuti perkumpulan (halaqah) menghafal Al-Quran. Beliau juga menegaskan bahwa hafalan Al-Quran tersebut dapat membantu untuk konsentrasi dan merupakan syarat mendapatkan ilmu.

Alhamdulillah...Aku bersyukur kepada Allah, bahwa masih banyak orangtua yang peduli dengan Al-Quran sehingga mereka dengan sengaja dan meluangkan waktu untuk mengantarkan dan mengkondisikan anak-anak mereka agar bisa menjadi hafiz-hafiz Al-Quran, bukan semata-mata menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah formal.

Mereka sangat menyadari manfaat yang banyak dari menghafal Al-Quran, di antaranya berdasarkan hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Ahmad bahwa “Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, Siapakah mereka ya Rasulullah ?” Rasulullah menjawab, “Para ahli Al-Quran. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya.”

Tentu kita insan beriman yang akan memelihara pedoman hidup kita yang diyakini mengantarkan kita kepada keselamatan, kebahagiaan, dan kesuksesan hidup, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Semoga semakin banyak dan bertambah minat orangtua beserta anak-anak untuk mau dan cinta menghafal Al-Quran di NKRI yang kita cintai ini. Aamiin ya rabbal ‘aalamiin.

Kedua, ketika ada kegiatan workshop untuk guru se-Kabupaten Dharmasraya, biasanya acara diadakan di Ibukota Kabupaten Dharmasraya, yaitu Pulau Punjung. Jarak antara rumahku dengan Pulau Punjung sekitar 40 km. Aku dengan teman sama mengajar di madrasahku, pergi dengan motor ke sana melalui daerah pesawangan, tapi Alhamdulillah, Allah menjaga dan memelihara kami sehingga aman dan selamat pulang pergi.

Padang Panjang, Selasa, 05 Mei 2020 Tantangan Gurusiana (hari ke-36)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Subahanalloh, jauh banget ya bunda. Smg sll sehat.

06 May
Balas

Ya jauh Bu, terima kasih do'anya Bu

06 May

Mantab bu, semoga kita dan anak cucu dimudahkan menjadi Hafiz Al Quran... Aamiin

06 May
Balas

Alhamdulillah. Aamiin ya Rabb. Terima kasih supportnya Pak Ari

06 May

Waahhh..,sayang sekali, saat Bu ketua diangkat jadi PNS di Dharmasraya, saya malah diangkat di negeri orang.......Begitulah kehidupan......Kita mengumpulkan kepingan2 Rezki dimana Dia turunkan........

05 May
Balas

Betul sekali Bu Kade. Cuma 6 tahun di sana dan pulkam lagi, ke Padang Panjang Bu Kade.

05 May

Mantap bu. Moga barokah

06 May
Balas

Alhamdulillah. Aamiin, terima kasih do'a dan supportnya Bu Sri. Salam literasi

06 May

Pengalaman yang indah, baru tahu kalau para hafiz adalah keluarga Allah. Keren!

06 May
Balas

Alhamdulillah. Oh iya Bu. Terima kasih supportnya Bu

06 May

Alhamdulillahi Robbil'Alamin. Barokallahu Fik Ibuk, Smg kt termasuk klgnya ALLAH ya Buk. Aamiin Allahumma Aamiin

06 May
Balas

Alhamdulillah. Aamiin, terima kasih do'a dan supportnya Buk Susi

06 May

Alhamdulillah.

07 May
Balas

Terima kasih Bu

07 May

Pengalaman indah, yang sarat makna , salut daku Buk Hermiza

06 May
Balas

Alhamdulillah. Syukran supportnya Buk Kas

06 May

Alhamdulillah ya bund...Rezeki dr Allah menang tes PNS.Semoga barokah.

06 May
Balas

Alhamdulillah. Aamiin, terima kasih do'anya Bu

06 May

Aamiin,subhanallah

06 May
Balas

Alhamdulillah, terima kasih Bu Lasmi Dewi

06 May

Jauh juga tenpat pengangkatan pertama ya buk

06 May
Balas

Iya Buk Helda. Terima kasih Buk Helda

06 May

Ibu hermiza akmal atau akrab disapa ibu iza adalah salahsatu guru favoritku ketika sekolah di MAN koto baru dlu... Semoga Allah selalu limpahkan kebahagiaan dan kesehatan kepada ibuku ini... aamiinnn ya Rabbal'alamiin

07 Jan
Balas



search

New Post