Hermiza Akmal, S.Ag

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Lailatul Qadar

Lailatul Qadar

Lailatul Qadar

(Bag.1)

By. Hermiza Akmal

MAN 3 Kota Padang Panjang

Lailatul Qadar adalah bahasa arab, yang terdiri dari dua suku kata, yaitu lailatu artinya malam, qadar artinya ukuran. Sedangkan menurut istilah, lailatul qadar adalah suatu malam di malam ganjil 10 terakhir bulan ramadhan yang lebih baik dari seribu bulan.

Nabi Muhammad Saw menyuruh kita untuk menunggu malam lailatul qadar di malam-malam ganjil setelah 20 ramadhan. Jika kita beribadah pada malam itu, maka nilai pahala ibadah kita sama dengan beribadah dengan seribu bulan, kurang lebih 84 tahun.

Pada malam itu, Allah Swt menurunkan para malaikat dengan tugasnya masing-masing, yaitu melihat dan mencatat amal ibadah apa saja yang dikerjakan oleh manusia. Ada tiga hal yang perlu dipahami terkait dengan keberadaan malam qadar. Pertama, berlipatgandanya pahala ibadah.Ini hikmahnya adalah untuk mengimbangi ibadah umat dahulu.

Umat pada masa Nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad Saw, umurnya panjang-panjang, ada yang berumur 500 tahun, 900 tahun, bahkan ada yang 1000 tahun seperti pada masa Nabi Daud. Dengan panjangnya umur, otomatis ibadah mereka menjadi lebih banyak, sementara umat Nabi Muhammad Saw hanya berumur di bawah 100 tahun.

Jika ada yang lebih dari itu, tapi tidak bisa berbuat apa-apa karena fisiknya sudah lemah, sehingga untuk mengimbangi ibadah yang sangat sedikit ini, kepada umat Nabi Muhammad Saw diberikan malam lailatul qadar, di mana satu malam beribadah sama nilainya dengan beribadah 1000 bulan. Sehingga apabila mendapatkan malam lailatul qadar 10 kali saja seumur hidup, itu berarti sudah sama nilainya dengan 84 tahun x 10 = 840 tahun.

Padang Panjang, Selasa, 19 Mei 2020 Tantangan Gurusiana (hari ke-50)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ya Allah anugerahkan kepada kami malam lailatul qodar... Aamiin... Terima kasih ibu atas 'ilman naafiaan yang diberikan.. Semoga sehat dan sukses selalu

19 May
Balas

Aamiin. Sama-sama, terima kasih kembali do'a & supportnya Pak Ari.

19 May

Semoga kita keberkahan dari malam Lailatul Qadar ya Bu..

19 May
Balas

Ya Bu Wati, semoga kita semua meraih lailatul qadar. Aamiin.

19 May

Alhamdulillah, tema kita sama,..namun ibu tulisannya lebih bagus dan ilmiah,..he..he., sama sama mengejar lailatul qadar..salam hormat bu

19 May
Balas

Iya pak, saya sudah baca tulisan bapak, semoga kita semua meraih lailatul qadar. Aamiin. Penulis papan atas seperti bapak menulis begini, salut dengan rendah hatinya bapak.

19 May

Malam yang ditunggu kehadirannya......Semoga bisa bertemu min 1x seumur hidup.....aamiin.....

19 May
Balas

Ya Bu Kade. Aamiin. Terima kasih supportnya Bu Kade.

19 May

Mudah2an kita org2yg termasuk mendapatkan dn bertemu dg mlm lailatul qdar itu. Amin y Allah.Mantap pencerahannya buk...slm

19 May
Balas

Aamiin. Alhamdulillah. Syukran supportnya Buk Eli.

19 May

Semoga bisa bertemu dengan malam Lailatul qadar

19 May
Balas

Aamiin. Terima kasih supportnya Bu Santhy.

19 May

Smoga bs Kita bertemu dgn malam kemuliaan itu

19 May
Balas

Aamiin. Terima kasih supportnya Bu Sri.

19 May

Alhamdulillahi Robbil'Alamin. Barokallahi Fik Ibuk. Smg kt bs meraih laitaltulqodar ya Buk. Aamiin Allahumma Aamiin

19 May
Balas

Alhamdulillah. Aamiin. Syukran do'a & supportnya Buk Susi.

19 May

Smga kita dipertemukan dgn malam ini y bukk

19 May
Balas

Aamiin. Terima kasih supportnya Buk Yen.

19 May

Semoga kt diperkenankan Allah swt, bertemu dgn malam seribu bulan ini. Sellu diberi kesehatan, umur yg berkah, rezeki yg halal dan semoga thn depan kt msh bertemu dgn bln yg penuh keberkahan ini.

19 May
Balas

Aamiin, terima kasih supportnya bu Faridawaty.

22 May

Semoga kita bisa mendapatkan malam lailatul qadar

19 May
Balas

Aamiin. Terima kasih supportnya Bu Ruslina.

19 May



search

New Post