Hermiza Akmal, S.Ag

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Puasa Disyariatkan Setelah Shalat

Puasa Disyariatkan Setelah Shalat

Puasa Disyari’atkan Setelah Shalat

By. Hermiza Akmal

MAN 3 Kota Padang Panjang

Ibadah sholat disyari’atkan pada waktu Nabi Muhammad Saw melakukan isra’ dan mi’raj, yaitu 8 bulan sebelum Nabi Muhammad Saw hijrah ke Madinah atau setelah 12 tahun masyarakat Mekah menerima ajaran Islam dari beliau.

Islam menjadikan ibadah sebagai hal pertama yang dituntut dari seorang muslim. Rukun Islam yang lima, setelah syahadatain (mengucapkan dua kalimat syahadat) merupakan pelaksanaan ibadah, yaitu shalat, puasa pada bulan ramadhan, zakat, dan haji.

Hal ini menggambarkan bahwa ‘aqidah atau iman yang telah kuat terpatri dalam dada insan beriman selama 12 tahun, barulah ibadah shalat 5 waktu diperintahkan oleh Allah, dalam rangka mencegahnya dari perbuatan keji dan munkar, sebagaimana firman Allah dalam surat Al-‘Ankabut / 29 ayat 45, artinya “...Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan munkar...”

Buya Latif Rusydi, seorang ulama Aceh pengarang Buku Ruhush Shalah (Ruh Shalat) menyebutkan bahwa iman itu ibarat lampu, sedangkan shalat adalah minyaknya, supaya lampu tidak padam, minyaknya perlu selalu diisi. Shalat 5 waktu sehari semalam itu adalah dalam rangka selalu menghidupkan iman.

Waktu shalat dimulai dari shalat zuhur, sesudah habis waktu shalat zuhur, langsung masuk waktu shalat asar, sesudah habis waktu shalat asar, langsung masuk waktu shalat maghrib, sesudah habis waktu shalat maghrib, langsung masuk waktu shalat isya, sesudah habis waktu shalat isya, langsung masuk waktu shalat subuh atau ditutup dg shalat subuh. Ini dinamakan waktu untuk Allah.

Sedangkan sesudah shalat subuh, tidak langsung masuk waktu shalat zuhur, ini dinamakan waktu untuk manusia, yaitu waktu untuk mencari rezki. Adapun alat utk menghidupkan iman antara waktu sesudah shalat subuh dengan shalat zuhur adalah melaksanakan shalat dhuha dan memperbanyak zikir kepada Allah Swt.

Sementara ibadah puasa diperintahkan oleh Allah, setelah 2 tahun Nabi Muhammad Saw berada di Madinah, yaitu pada bulan sya’ban tahun kedua hijriah. Waktu itu keimanan umat Islam sudah semakin kokoh, sebagaimana firman Allah Swt dalam surat Al-Baqarah / 2 ayat 183, artinya “Wahai orang-orang yang beriman ! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”

Kenapa ibadah puasa diturunkan setelah ibadah shalat ? karena menunaikan ibadah puasa itu memang sulit dan sangat berat karena menyangkut ibadah fisik mutlak yang tidak membolehkan makan, minum, hubungan suami istri, dan segala hal yang membatalkannya dari terbit fajar sampai sampai terbenam matahari. Namun yang sanggup melaksanakannya, hanyalah orang yang kokoh keimanannya.

Orang yang kokoh keimanannya itu adalah orang yang senantiasa menjaga hubungan harmonisnya dengan Allah melalui ibadah shalat sehingga ibadah shalat ini, sangat membantu untuk melaksanakan ibadah puasa yang diperintahkan oleh Allah dengan penuh keimanan dan keikhlasan karena perilaku insan beriman dalam menerima perintah Allah hanya berucap “sami’naa wa atha’naa / kami dengar dan kami ta’ati.

Karena ibadah puasa menyangkut ibadah fisik sehingga bobot pahalanya juga sangat spesial di sisi Allah Swt, sebagaimana hadis qudsi, artinya “Puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasinya.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah ra).

Ketika seseorang sedang berpuasa, kalau ada keinginan utk berbuat curang, banyak kesempatan baginya ketika seorang diri untuk makan, minum, dan lain sebagainya, tetapi jika keimanan dan keikhlasan untuk melaksanakan perintah Allah sudah mendarah daging baginya, maka kesempatan untuk berbuat curang itu, tidak akan dilaksanakannya.

Hanya yang ada dalam mindset insan beriman adalah menginginkan keridhaan Allah Swt dalam kehidupan yang dijalaninya, dengan ta’at menjalankan segala perintah-Nya dan meninggalkan segala larangan-Nya, sehingga titel taqwa yang menjadi sasaran dari ibadah puasa itu sendiri dapat diraihnya.

Padang Panjang, Ahad, 03 Mei 2020 Tantangan Gurusiana (hari ke-34)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Masya Allah, tabarokalloh. Terima kasih bu, ilmunya.

04 May
Balas

Alhamdulillah, terima kasih kembali Bu

04 May

MasyaAllah. Mantap ilmunya ibu.. Syukron katsir

03 May
Balas

Alhamdulillah, terima kasih kembali Pak Ari.

03 May

Aamiin... Terima kasih atas ilmunya Bu Iza..

04 May
Balas

Sama-sama, terima kasih kembali Bu Wati

04 May

Trimakasih tausiyahnya,..menjadi menguatkan keimanan kita para pembaca, jg suka, pengibaratan materi dari buya Latif, bagus sekali..salut bu..salam hormat

03 May
Balas

Sama-sama Pak. Alhamdulillah. Ya, terima kasih kembali Pak. Salam hormat

03 May

Terimkasih atas tausiyah Bu Ketua......Mudah-mudahan makin menambah ketaqwaan dan makin mengokohkan keimanan kita......Aamiin.....

03 May
Balas

Sama-sama Bu Kade. Ya Alhamdulillah. Aamiin. Terima kasih Bu Kade

03 May

Jazakillahu khairan katsiran Bundaq selalu memberi pencerahan yang full ibrohSemangat terus berbagi Uswah, BundaqSukses selalu BundaqBarokallou

03 May
Balas

Sama-sama Bu. Alhamdulillah. Aamiin. Ya, terima kasih support & do'anya Bu

03 May

Subhanallah buu.. Kreen.. Mksiii ilmumya ya buuu

03 May
Balas

Alhamdulillah, terima kasih kembali Buk Yen

03 May

Syukron ilmunya bunda...sangat2 bermanfaat. Kpn sholat utk Allah, utk msia...Kpn sholat utk menghdpkn iman...Barakallahu fiik..

03 May
Balas

Sama-sama Bu. Alhamdulillah. Ya, terima kasih support & do'anya Bu

03 May

Amiin mantap bun

03 May
Balas

Aamiin. Alhamdulillah, terima kasih kembali Bu Dewi

03 May

Aamiin ya rabbal'alamiin

03 May
Balas

Aamiin ya rabbal 'aalamiin. Terima kasih Bu Yeti

03 May



search

New Post