Herniwati

Herniwati merupakan salah satu pengajar di SMPN 5 Tanjungpandan. Kelahiran Penyandingan (OKI) Sumsel 7 Juli 1972. Alumni dari SDN 216 Palembang, SMPN 35 Palemba...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kulat Pelandok
Kulat Pelandok (dokumen pribadi)

Kulat Pelandok

#hari ke_431

Kulat pelandok ne kulat nok paling nyaman nok tumbo de bang utan atau de tempat-tempat liar. Ade e nggak cuma sekali dalam setaun ne. Mun tika la musim ujan baru ade numbo e. Itu jak mun dirik dak diam de kampong dak kan temakan juak.

Waktu duluk e kamek isak diam de perumahan guru, rase aku dak isak kamek nemu urang bejual kulat pelandok ne. Muji dak nunggu kan lamak berebut urang nak meli e. La abis de beli urang-urang kampong. Mun soal rase usa gik de tanyak, nyaman segile. Pas kamek la diam de kampong, baru dapat ngerase e. Muji urang de abaan ruma kamek ne mimang la gawe e nyarik kulat, mun tika musim e. Mane rege e raga kangko juak.

Musim kulat taun ne sekitar sepulo ari nok lalu. Ade sekitar empat ari beturut-turut tetanggak de abaan ruma kamek bejual kulat pelandok. Setiap kali belau bejual selalu kamek beli terus. Biase e ade duak bungkus belau bejual tiap ari e. Sebungkus isik e setengah kilo. Sengaje kamek beli terus muji barang langka. Jadi kamek nak nyetok idang menu bulan puase ne.

Care nyetok e biar awet kamek berse ek duluk kulat tek, terus de cuci. La da de cuci kamek rebus. Mun rebusan kulat tek la dingin kamek masokkan dalam plastik es batu. Diikat rapat-rapat. Da itu kamek bekuk ek de frezer. Nah mun la bekuk, kulat tek dapat tahan bebulan-bulan. Mun tika nak de masak tinggal de cair ek sajak.

Kamek biase e de tumis kulat to. Iris cabik kan bawang mira tambah irisan liak sikit. Tumis bumbu e, da layu masok ek kulat nok la de caer ek tadi. Tunggu sampai ngeredak. Da itu icip-icip ngepas ek rase e. Gampang kan? Kadang tu kamek masak gangan juak kulat tek. Siap ek bumbu gangan macam kite ngenggangan ikan laut la. Keredak ek aik sikit masok ek bumbu gangan. Pas la ngeredak pasok ek kulat no la de caer ek tadi. Rase e ... Mantap.

Kulat artinya Jamur

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pasti nyaman la itu mun kulat la de masak

10 Apr
Balas

Emm ... Luar biase say

13 Apr

Base Bangka ini dek?

11 Apr
Balas

Base Belitung Yuk

13 Apr

Mantap...nyaman segile macam e...

11 Apr
Balas

Iye Bu. Syg bemusim.

13 Apr

Mantap bunda. Pasti enak. Sukses selalu

11 Apr
Balas

Iya Bun. Enak benar. Terima kasih Bun

13 Apr

sudah lama tak makan kulat, nikmatnya. sukses selalu bunda

10 Apr
Balas

Iya Bun. Terima kasih

13 Apr



search

New Post