Herni Yuni

SD INPRES 1 SERUI KAB.YAPEN WAROPEN - PAPUA, SMP N 1 BIAK KOTA KAB.BIAK NUMFOR - PAPUA, SMA N 1 BIAK KAB.BIAK NUMFOR - PAPUA, S1 Ilmu Komputer Prodi. SI UDIN...

Selengkapnya
Navigasi Web
Lulus SMK Lewat Jalur Corona
Sumber Gambar : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQsCEgQ_5bhQtJmQrfrov1enD7jG7OCywuRlQ&usqp=CAU

Lulus SMK Lewat Jalur Corona

#TantanganGurusiana Hari Ke-9

Lulus SMK Lewat Jalur Corona

Ada kebimbangan tersendiri dari Siswa-siswa kami yang tahun ini lulus tanpa UNBK dan Uji Kompetensi Kejuruan. Dari tahun ke tahun kedua jenis ujian tersebut merupakan syarat mutlak yang tak bisa ditawar menawar merupakan wajib ain mengikuti sebagai syarat kelulusan.

Lebih dari 70 % siswa yang mendaftar SMK di tempat kami tujuannya karena setelah lulus ingin bekerja dan kurang dari 30 % ingin melanjutkan kuliah.

Sempat salah satu siswa kami mengutarakan pertanyaan kepada saya tentang keraguannya untuk menghadapi hari-hari setelah lulus, akankah bisa diterima bekerja di perusahaan-perusahaan hanya berbekal ijasah SMK yang semua orang juga tahu bahwa tahun ini para siswa lulus tanpa ujian nasional.

Saya mencoba menyemangati bahwa yang mengalami hal itu tidak hanya 1 atau 2 sekolah, tapi hampir berlaku secara universal. Bagi saya tak masalah karena saat ini memang kondisinya begini adanya. Justru hal ini bisa menjadi kesempatan bagi siswa-siswa alumni yang memang berniat untuk bekerja di perusahaan dengan provit menjanjikan bisa mendaftar uji kompetensi secara mandiri di lembaga-lembaga yang menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) sesuai keahlian yang memang sudah mereka dalami. Tujuan mengikuti uji kompetensi adalah untuk meyakinkan bahwa mereka benar-benar kompeten dibidangannya yang dibuktikan dengan diperolehnya sertifikat kompetensi. Bekal 3 tahun semoga bisa dimanfaatkan karena sudah menerima pelajaran-pelajaran kelompok C1, C2 dan C3 selebihnya kembali ke daya saing masing-masing individu.

Siswa lulusan 2020 memang sangat spesial karena lulus tanpa ujian. Ada beberapa yang kecewa karena merasa sudah mempersiapkan diri dengan matang untuk mengikuti UNBK dan Uji Kompetensi sebagai pembuktian ketekunan mereka, sebagai pembuktian kepada guru-guru mereka bahwa ilmu yang diberikan oleh para guru sudah mereka pahami dengan baik. Tetapi pembuktian ketekunan dan pemahaman tidak hanya melulu lewat ujian, nanti setelah masa ini, mungkin 2 tahun atau 3 tahun atau beberapa tahun lagi ketika mereka sudah bekerja atau berwiraswasta juga merupakan pembuktian kualitas diri. Tak melulu tentang dunia, tapi juga bisa disiplin, bertanggung jawab, menyayangi, menghargai dan mengormati orang lain juga merupakan pembuktian diri bahwa mereka memiliki kecerdasan emosional dan spriritual yang baik.

Selamat menghadapai masa depan bagi para siswa yang lulus lewat jalur korona hehehe..., tetap semangat, selalu kreatif dan inofatif. Gurumu menunggumu berbagi kisah proses perjuanganmu menakhlukkan tantangan-tantangan berikutnya. Apapun hasilnya, itulah yang terbaik, selama kita sudah melewati proses tanpa menyerah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Yang penting tetaplah semangat dan jangan berhenti berusaha agar menjadi orang yang sukses

11 Jul
Balas

Tetap semangat ya nak ..Tulisan yang inspiratif bu

10 Jul
Balas



search

New Post