Herni Yuni

SD INPRES 1 SERUI KAB.YAPEN WAROPEN - PAPUA, SMP N 1 BIAK KOTA KAB.BIAK NUMFOR - PAPUA, SMA N 1 BIAK KAB.BIAK NUMFOR - PAPUA, S1 Ilmu Komputer Prodi. SI UDIN...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ubah Foto Hitam Putih Leluhurmu Menjadi Full Color Dengan Kecerdasan Buatan

Ubah Foto Hitam Putih Leluhurmu Menjadi Full Color Dengan Kecerdasan Buatan

TantanganGurusiana hari ke-3

Ubah Foto Hitam Putih Leluhurmu Menjadi Full Color Dengan Kecerdasan Buatan

Berawal dari ketidaksengajaan mengikuti salah satu grup di Facebook Hindia-Belanda yang sering membagikan kisah dan foto-foto sejarah, aku menjadi penasaran. Penasaranku terhadap foto-foto sejarah yang masih hanya berwarna hitam putih karena memang begitulah teknologi adanya di jaman itu tetapi sudah termasuk sebagai kategori modern di masanya.

Sambil melihat foto itu berulang-ulang, Aku selalu mengira-ngira, warna apa bajunya, sepatunya, pemandangannya. Tiba-tiba ada netizen yang megupload foto itu kembali tapi sudah dalam bentuk full color.

Dalam hal ini, berarti kebutuhan informasi dan imajinasiku dengan para netizen lainnya adalah sama.

Aku mulai mencari info di Om Google, aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah foto hitam putih menjadi full color.

Komplit.

Om Google menjawab semua pertanyaanku dengan detail.

Untuk mengubah foto hitam putih menjadi full color, dapat kita lakukan dengan menggunakan kecerdasan buatan. Nah apa yang dimaksud dengan kecerdasan buatan ? Menurut informasi yang aku baca dari Wikipedia, kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi artifisial. Atau singkatnya (pointnya)kemampuan suatu perangkat yang dibuat oleh manusia, agar bisa berfikir layaknya kemampuan seperti otak manusia.

Software apa saja yang dapat digunakan untuk bisa mengubah foto hitam putih leluhurmu agar menjadi full color ?

Contoh software yang bisa digunakan adalah :

1.Google Photos, syaratnya pengguna harus mengunggah foto yang tersimpan di memori internal Hp ke server Google Photos dengan cara menyalakan terlebih dahulu fitur “Backup & Sync”. Cara menggunakannya : kita bisa memanfaatkan menu filter lalu pilih fitur colorize.

2. Photo Art – Color Effects

3. Color Splash FX

4. Color Splash Photo

5. Color Touch Effecct

6. Poly Chrome – Color Old Black & White Photo

7. Photoshop CS3

Untuk memilih software mana yang akan kita gunakan, bebas pilih yang kita anggap paling mudah digunakan.

Sekarang saya sudah tidak sekedar hanya mengira-ngira jika melihat foto lawas hitam putih yang muncul di beranda saya, tapi langsung saya download, lalu utak-atik sedikit warnanya agar terlihat lebih indah karena sudah full color.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren bu. Sangat bermanfaat infonya. Baarakallaahu. Salam kenal.

03 Jul
Balas

Terima kasih ibu, baarakallahu...

03 Jul

kolom yang menginspirasi

03 Jul
Balas

Terima kasih bapak ...

03 Jul

sukses sll buk

03 Jul
Balas

Aamiin

03 Jul

salam literasi ya

03 Jul
Balas

Salam literasi

03 Jul

keren. semangat ibu

03 Jul
Balas

Terima kasih bapak.

03 Jul

Hebat Bun terima kasih ilmunya.

03 Jul
Balas

Terima kasih bu, salam kenal ...

03 Jul

Keren, terima kasih tips nya Bu Herni

03 Jul
Balas

Terima kasih kembali bapak

03 Jul

Barakallah nggih pak ...

03 Jul

Terima kasih informasinya. Jadi keren deh foto lama. Salam literasi.

03 Jul
Balas

Terima kasih kembali bu, salam literasi.

03 Jul

Terima kasih ibu, baarakallahu...

03 Jul
Balas



search

New Post