Herul Fahmi

Pada awalnya saya tidak pernah bercita-cita menjadi seorang guru, bagi saya profesi guru itu sangat mulia karena kita bisa berbagi ilmu dengan orang lai...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kebiasaan Buruk Yang Harus Di Tinggalkan

Kebiasaan Buruk Yang Harus Di Tinggalkan

Oleh : Herul Fahmi

Pribadi guru mencerminkan seorang sosok tauladan yang segala bentuk perilaku dan karakter serta kompetensi bahkan kepribadian dan cara berpenampilannya pun selalu di perhatikan. Guru memang bukan orang hebat, akan tetapi semua orang hebat berkat jasa guru.

Suatu ketika di salah satu hari yang sangat menyenangkan untuk mengajar guru masuk ke salah satu ruang kelas dan akan melaksanakan rutinitas pembelajaran dengan peserta didiknya saperti biasa. Namun anehnya ketika mau masuk ke kelas tersebut guru melihat bnyak sekali kata – kata motivasi di dalam kelas. Salah satu kata motivasi yang guru tersebut baca adalah “Beranilah anda tidak akan sampai ke pulau baru tanpa mengarungi samudra dan meninggalkan pulau lama anda.

Setelah membaca kata – kata motivasi tersebut guru itu tersenyum dan memulai pembelajaran seperti biasa. Di awal pembelajaran lantas guru itu bertanya kepada muridnya sambil bercerita dan tersenyum guru itu berkata: “anak – anaku sekalian bapa masuk ke kelas ini sangat bahagia sekali terutama bapa melihat sebuah tulisan yang ada di depan pintu “beranilah anda tidak akan sampai ke pulau baru tanpa mengarungi samudra dan meninggalkan pulau lama anda, baiklah anaku sekalian anda semuanya telah memasang kata – kata itu bapa mau bertanya siapa diantara kalian yang bisa mendepinisikan kata kata tersebut?”. (Tidak ada yang bisa menjawab waktu itu). Kemudian guru tersebut membuat tabel yang berisi dua kolom yang di dalamnya ada kolom dulu dan sekarang. Lantas di bawah baris kolom yang kiri (kolom dulu), guru menuliskan semua perilaku buruk anak sekolah mulai dari tidur di dalam kelas, bolos sekolah, pegang handphone ketika belajar, menyontek, berisik, mengobrol, pokonya semua kata kata negatif, kemudian kolom sebelah kananya(kolom sekarang) menuliskan perilaku baik di sekolah mulai dari belajar dengan baik, mentaati peraturan, menghormati guru, menghafal pelajaran dengan baik, jadi terbaik di sekolah, rajin belajar, pkonya semua perilaku baik. Kemudian guru itu menjelaskan makna dari kata – kata itu

Anaku sekalian silakan anda cermati tabel di depan, dari tabel tersebut ada kolom perilaku buruk dan perilaku baik misalnya anda dulu ketika kelas x (sepuluh) banyak sekali perilaku buruk yang ada di depan, kemudian anda renungkan bandingkan dengan tabel yang sebelahnya ketika anda banyak perilaku buruk dulunya ketika kelas X sekarang harus di tinggalka. Maknanya begini “beranilah (ketika anda berani meninggalkan perilaku buruk) anda tidak akan sampai ke pulau baru (ketika anda punya cita – cita pasti tidak akn tercapai) tanpa mengarungi samudra (tanpa belajar dengan sungguh – sungguh melawan rasa malas dan keluh kesah) dan meninggalkan pulau lama anda(kebiasaan buruk ketika kelas X harus di perbaiki harus hijrah menjadi lebih baik sekarang di kelas XI ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post