HESTY GORANG

Seorang ibu rumah tangga memiliki keinginan yang kuat untuk berbagi melalui tulisan. Sejauh ini telah menghasilkan sebuah karya solo, dan beberapa buku antologi...

Selengkapnya
Navigasi Web
KALIMAT EFEKTIF
https://ceritaihsan.com

KALIMAT EFEKTIF

Assalamu'alaikum para guru hebat. malam ini saya akan membahas sedikit mengenai kalimat efektif, dari pengertiannya. kenapa harus menggunakan kalimat efektif, dan ciri-ciri kelimat efektif. Baiklah langsung saja ya kepembahasan pengenai apa sih yang di maksud kalimat efektif. Menurut Dr. H. Dalman dalam bukunya yang berjudul Keterampilan Menulis. Beliau menyatakan kalimat efektif adalah kalimat yang memiliki satu gagasan pokok dan unsur-unsurnyaminimal terdiri dari subjek dan predikat. Sedangkan menurut Fuad, dkk kalimat efektif adalah kalimat yang disusun secara sadar untuk mencapai daya informasi yang digunakan oleh penulis terhadap pembacanya.

Nah, dari dua pengertian di atas kita bisa menarik kesimpulan bahwa yang dinamakan kalimat efektif adalah kalimat yang setidaknya terdiri dari subjek dan predikat yang gagasannya sudah bisa dipahami oleh pembaca. Jadi pembaca tidak akan bingung dengan apa yang disampaikan oleh penulis. Misalnya dalam kalimat berikut:

Hesty adalah mahasiswa Universitas Muhammadiah Mataram Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Kemudian apa sih fungsinya kalimat efektif saat menulis? jika dilihat dari syarat kalimat efektif: sesuai EYD, sistematis, tidak ambigu, dan tidak boros dan bertele-tele. Sesuai dengan syaratnya. Bisa kita simpulkan kenapa kalimat efektif itu penting dalam kepenulisan. Karena tidak membuat pembaca bingung dan bosan dengan apa yang disampaikan penulis.

Selanjutnya, apa saja ciri-ciri kalimat efektif. Akhadiah (1999:116-117) mengemukaan bahwa untuk membuat kalimat efektif, seorang penulis harus memperhatikan ciri-ciri kalimat efektif, antara lain: kesepadanan dan kesatuan, kesejajaran bentuk, penekanan, kehematan dalam mempergunakan kata, dan kevariasan dalam struktur kalimat.

Itulah pengertian, syarat dan ciri kalimat efektif. Saya akan melanjutkan besok. Jika ingin berdiskusi mengenai kalimat efektif bisa lewat kolom komentar. Atau jika ingin memberi masukan dan kritikan pun, diperbolehkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Teruslah menulis, tebar ilmu yang kau miliki, dan tunggu apa yang terjadi Salam literasi

06 Oct
Balas

siap bu guru. terimakasih atas dukungannya

06 Oct
Balas



search

New Post