HESTY GORANG

Seorang ibu rumah tangga memiliki keinginan yang kuat untuk berbagi melalui tulisan. Sejauh ini telah menghasilkan sebuah karya solo, dan beberapa buku antologi...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sabar Itu Nikmat

Assalamualaikum

Selamat pagi sahabat pena.

Bagaimana kabar hari ini ? Semoga semua dalam keadaan baik. Baiklah hari ini saya akan menulis perihal sabar.

Apa sahabat pena sudah bosan dengan tema satu ini. Tak mengapa. Karena, bagi saya ini adalah point penting yang harus kita ingat disetiap langkah kehidupan kita. Benar tidak ?

Kata sabar dalam Al-qur'an sering sekali disebut, dan kata sabar selalu disandingkan dengan sesuatu yang indah. Seperti pada Q.S. Yusuf [12]:18 yang artinya "... Maka hanya bersabar itulah yang terbaik (terindah) bagiku (Ya'qub), dan Allah sajalah yang dimohon pertolongan-Nya terhadap apa yang aku ceritakan."

Sabar adalah menahan diri untuk tetap taat kepada Allah. Ini point penting yang perlu kita ingat pula. Mengapa ? karena, seringkali kita salah gunakan arti sabar ini dalam beberapa kondisi. Misalnya seperti ini.

"Aku sudah terlalu sabar. Sabar juga punya batasan."

Pernah mengatakan seperti itu, tidak?

Ketahuilah, sesungguhnya sabar itu tidak memiliki batasan. Ia akan terus meningkat nilainya selama kita mampu menahan ujian dan masalah yang kita hadapi. Sabar itu harus dibarangi dengan shalat yang khusuk. Seperti yang Allah katakan dalam kitab-Nya yang agung.

"Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Dan (shalat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusuk. (Q.S. Al-baqaroh [2]: 45).

Jadi, sabar itu tak memiliki batasan. Sabar itu kenikmatan. Akan dirasakan bagi setiap insan yang mampu menahan segala tantangan dan masalah kehidupannya dengan sabar.

Yakin bahwa semua yang dialami datangnya dari Allah. Allah tak akan memberi masalah kepada hamba-Nya, kecuali jika hamba-Nya mampu memikulnya. Jadi tetaplah untuk bersabar.

Tak ada rezeki, ingatlah kau masih punya hal yang lain tuk disyukuri, dinikmati. Tak ada makanan dipagi hari, bersyukurlah Tuhan masih memberikan nafas tuk pergi mencari dan menjemput makanan tuk waktu berikutnya.

Sabarlah jika sakit datang menimpa dirimu. Bukankah dosa kita akan terhapus jika kita menjalani sakit itu dengan ikhlas dan sabar?

Bersabarlah jika melihat anak kita yang setiap hari menangis dan berteriak sesukanya. Bukankah itu salah satu tanda pertumbukan anak yang baik dan anak yang aktif ?

Bersabarlah jika ayah dan ibu kita marah ketika kita berbuat kesalahan. Bukankah itu hanyalah cara dan tanda perhatian kedua orangtua kepada anak-anaknya? Kalau saja mereka terus membiarkan kita berjalan di atas kesalahan dan tidak memberi teguran, akan jadi apa kita.

Bersabarlah dalam menghadapi orangtua yang sudah lanjut usia, karena kita pun akan mengalami hal itu. Jika, Tuhan memberikan umur panjang untuk kita.

Bersabarlah dalam segala kondisi dan situasi. Karena ia adalah sebuah nikmat Tuhan yang hanya orang-orang yang mampu menjalaninya akan mendapatkan balasan yang tak pernah disangka-sangka.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post