Himmah Rahmawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Garisan Pena Berlatih

“Apa alasan Anda menulis?” kalimat pertama yang ditanyakan Pak Ihsan pertama kali ketika membuka acara tersebut. Beliau menanyakan kembali, “Apa yang sulit dari menulis? Mencari ide atau menemukan alasan mengapa Anda menulis? Temukanlah dahulu alasannya!”. Begitulah cara Pak Ihsan selaku CEO Media Guru, membuka pikiran para guru tentang menulis, ia juga percaya bahwa para guru bisa menghasilkan satu buku dalam satu bulan.

Para peserta menjawab, menulis itu susah, membosankan, tidak ada waktu, tidak ada ide, pusing. terpaksa dan sederet keluhan lainnya (pengalaman pribadi semua agaknya). Hampir jawaban semua peserta sama. Menulis menjadi kata negatif bagi para guru.

Pagi itu dengan ditemani supporter hidup, saya mengikuti kelas menulis dengan semangat karena ini pertama kalinya saya mengikuti pelatihan menulis di Jakarta setelah bertahun-tahun hidup melalang buana menjelajahi nusantara. Menulis suatu keterampilan yang unik, karena bisa menjadi jalan untuk membagikan pengalaman yang diri ini miliki. Hal tersebut juga dikuatkan oleh pendapatnya Pak Ihsan, bahwa menulis itu mudah, Anda hanya perlu menemukan alasan menulis. Begitulah caranya memotivasi para guru sehingga mereka pun terbuka pikirannya tentang menulis itu mengasyikkan dan yakin bahwa semuanya bisa menulis dan menghasilkan karya.

Tak jauh berbeda dengan CEO nya, Pak Eko Prasetyo, pimpinan redaksi Media Guru, pun memberi alasan untuk para guru menulis. Dengan gayanya yang asyik dan humble, ia mengemas materi menulis dengan santai dan penuh guyonan sehingga membuat para guru termasuk saya tertarik untuk menghasilkan suatu karya dalam sebuah buku. Ia memaparkan berbagai cara membuat cara menulis yang menyenangkan, lalu cara menghidupkan nyawa dari suatu tulisan, lalu adapula kiat- kiat menulis yang sesuai dengan EYD. Sesi tiga jam benar- benar tidak terasa. Antusiasme para guru dengan berbagai macam pertanyaan seputar permasalahan menulis dijawab ramah olehnya. Sekarang saatnya keluar dari zona nyaman dan mulai menghasilkan karya yang akan dikenang oleh para pembacanya dan luar biasa!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Tetap semangat. Tetap dan terus menulis. Salam literasi

06 Nov
Balas

Mantap ulasannya keren

06 Nov
Balas



search

New Post