Hindun

Saya adalah Hindun guru IPS di SMPN 179 Jakarta, yang memulai karir dari SDN di bilangan Jakarta Pusat sebagai Pembantu Pembina Pramuka dan berusaha menjadi gur...

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMBIASAAN LITERASI

PEMBIASAAN LITERASI

H-6

Hari Selasa di Minggu kedua, pembiasaaan yang Kami lakukan adalah literasi. Pada kesempatan ini untuk menyambut bulan Bahasa, bu Supkarwati, M.Pd mengajak kepada peserta didik untuk membuat tulisan secara berkelompok karena Kegiatan ini diberi Nama “Gerakan Menulis Bersama”. Sebuah gerakan untuk mengajak kepada peserta didik untuk membuat cerpen yang bertema “Anti Perundungan Tebar Persahabatan Toleransi”.

Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok, 1 kelompok 3 orang bertanggung jawab untuk menghasilkan satu karya Cerpen. Dari hasil karya mereka akan dikumpulkan kedalam Google Drive. Tiap-tiap tingkatan mendapatkan tugas yang berbeda Kelas 9 membuat cerpen tentang “Anti Perundungan Tebar Persahabatan Toleransi”. Sedangka kelas 8 membuat Poster Digital tentang “Anti Perundungan Tebar Persahabatan Budaya 5 S & Peduli Lingkungan Toleransi”. Sedangkan kelas VII membuat karangan teks deskripsi tentang lingkungan sekolah, misalnya :

Tolilet Bersih Seklahku, TOGA 179, Taman Utama, Kantin Sehat Sekolahku, Tangga Disabilita, Lapangan Olahraga, Saluran Air, Tempat cuci Tangan, Ruang Kelas yang Nyaman, Panggung Sekolah, Kebun Buah, Panel Surya,

Kegiatan Literasi bersama ini dimulai dari pukul 06.30 sampai jam 07.30. Kegiatan ini merupakan salah satu program dari bidang kesiswaan supaya Kami bisa membuat satu karya yang di kolektif dan dijadikan sebuah buku Antologi atau karya bersama dari Semua kalangan, dari Semua siswa kelas VII sampai Kelas IX. Semoga gerakan ini “para peserta didik dapat meresapi tema-tema yang ada sehingga tidak terjadi kekerasan di SMP Negeri 179 Jakarta”. Ini merupakan pesan dari Kepala SMPN 179 Jakarta Bapak Abdul Basir, MM. Menurut beliau juga menyatakan bahwa ini Gerakan menulis bersama ini adalah suatu gerakan yang keren karena bisa dikumpulkan dan bisa dijadikan satu buku tentang Poster dan cerpen.

Kegiatan ini berkerja sama dengan guru-guru Bahasa Indonesia dan guru-guru yang mengajar di jam pertama yang ikut mendampingi mereka agar tulisan mereka bisa terkirim dan diedit sehingga pembuatan buku Antologi bersama ini bisa cepat terwujud. Biasanya Kami akan berkerja sama dengan salah satu media cetak untuk proses pencetakan buku sehingga buku Antologi ini bisa menjadi buku yang berkualitas dan ber-ISBN. Selain peserta didik kami juga mengajak kepada semua guru untuk juga bisa ikut bersama kegiatan ini agar Literasi Bersama juga bisa menghasilkan tulisan dari guru- guru yang berkualitas.

Semoga dengan Gerakan Menulis Bersama melahirkan penulis-penulis kecil yang bisa membuka bakat dan minat dari peserta didik yang senang dengan kegiatan menulis ini. Dan kami juga berharap dengan kegiatan ini bisa meghasilkan karya yang bisa menggerakkan kegiatan literasi di sekolah Kami di SMPN 179 Jakarta yang tercinta. Karena waktunya sudah habis alhamdulillah di kelas yang ku bina sudah ada beberapa cerpen yang bisa terkumpul dari yang bisa kuintip di Google drive yang ada di kelas IX-9 yang sudah terkumpul selama kegiatan berliterasi bersama diantaranya :

Terbang Bersama Toleransi, Anti Perundungan, Sahabat Kecilku, Sekolah Aman dari Kenakalan remaja, Pembuly-an di Sekolah, Kita Beda Kita Bersama, Robert Sang Pahlawan,

Di kelas IX_9 ini sebenarnya ada 9 kelompok tapi yang sudah siap dengan judul cerita mereka disini baru ada 7, disaat tulisan ini siap kuterbitkan disaatku menunggu mereka m=untuk menyelesaikan tugas mereka untuk memasukkan ke Google drive dan Aku juga harus mengubah yang dari sebagai pemandu sekarang sudah waktunya untuk mengubah menjadi seorang guru pengajar IPS. Dan sekarang saya pu harus mengubahnya menjadi kelas IX-9 dengan mode Belajar IPS Bersama guruku. Semoga ini bisa membuat ide di sekolah kalian sebagai bentuk pembiasaan yang positif bagi sekolah-sekolah yang belum menerapkan tetapi bagi yang sudah Bravo untuk kalian semua semoga menjadi pejuang dan penggiat literasi yang sukses, semoga.

Salam Literasi

Kalisari, 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sangat menarik bu Hindu, contoh pembiasaan ini bisa dipakai untuk skeolah saya.Sukses selalu

10 Oct
Balas

Sama-sama pak semoga bermanfaat, tapi jangan lupa dianggarkan buat pengeditan dan pengurusan isbn dan pencetakan

10 Oct

Sama-sama pak semoga bermanfaat, tapi jangan lupa dianggarkan buat pengeditan dan pengurusan isbn dan pencetakan

10 Oct

Sukses buat Bu Hindun.Maaf

10 Oct
Balas

Terima kasih pak Didin, semoga sukses dan salam literasi

10 Oct

Terima kasih pak Didin, semoga sukses dan salam literasi

10 Oct



search

New Post