PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE THINK-PAIR-SHARE PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDA
PEREDARAN DARAH . Jurnal Edu Aksara, 1(2), 50–61. https://doi.org/10.5281/zenodo.7545902
Terbitan
Vol 1 No 2 (2022): Edu Aksara: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Tantangan Menulis 365 tanpa jeda TM-01
Publikasi ilmiah persiapan menuju IV/a
naskah lengkap bisa dihat diblink ini.
https://jurnal.globalaksarapers.com/index.php/eduaksara/article/view/25
Metode yang tepat dalam kegiatan
pembelajaran menempati peranan yang cukup penting. Keberhasilan
proses pendidikan sangat tergantung pada tingkat pemahaman siswa
yang berimplikasi pada hasil belajar siswa pasca Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM). Dalam pelajaran IPA prestasi belajar siswa selain
ditentukan oleh tingkat pemahaman dan penguasaan materi, juga
ditentukan oleh metode yang digunakan dalam pembelajaran dan
perolehan pengetahuan terkait untuk memecahkan permasalahan dalam
kehidupan sehari-hari.
Metode yang digunakan dalam peningkatan pemahaman materi
peredaran darah pada manusia pada pelajaran IPA siswa kelas VIII-E
adalah Menggunakan Model Cooperatif Learning Tipe Think - Pair -
Share. Melalui Model Kooperatif Learning Tipe Think - Pair - Share
siswa lebih memahami dan menghayati pelajaran IPA dan MTs Negeri
4 Jombang seperti kenyataan yang ada dalam kehidupan sehari-hari,
sehingga akan membawa pengaruh positif pada prestasi belajar siswa,
dibandingkan hanya menggunakan metode ceramah yang membuat
siswa hanya mampu membayangkan tanpa mendapatkan pengalaman
belajar yang konkrit.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui
penggunaan Model Cooperatif Learning Tipe Think - Pair - Share
mampu meningkatkan pemahaman materi sistem peredaran darah pada
pelajaran IPA siswa kelas VIII-E Negeri 4 Jombang.
Kata Kunci: Model Cooperatif Learning Tipe Think - Pair – Share.MTs4
JombangAbstract
Consolidation of an appropriate method in learning activities occupies a
fairly important role. The success of the educational process is highly
dependent on the level of student understanding which has implications
for student learning outcomes after Teaching and Learning Activities
(KBM). In science lessons, besides being determined by the level of
understanding and mastery of the material, student achievement is also

Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Bisa dipraktekkan dalam mengajar sehari hari
Bisa dipraktekkan dalam mengajar sehari hari
Bisa dipraktekkan dalam mengajar sehari hari
Bisa dipraktekkan dalam mengajar sehari hari
Bisa dipraktekkan dalam mengajar sehari hari
Makasih pak