hisbulloh huda

SELAYANG PANDANG PENULIS. email: [email protected] HISBULLOH HUDA.S.Pd. M.Si Seorang” pahlawan tanpa tada jasa”tenaga pendi...

Selengkapnya
Navigasi Web
TM-100 Mengenal Ibnu Ajurum
Mengenal penulis kitab aljurumiyyah

TM-100 Mengenal Ibnu Ajurum

Mengenal pengarang kitab jurumiyyah.

( Ibnu Ajurum ).

Tradisi pesantren zaman dulu ,ketika mengawali mengaji, sedikit sekali memperkenalkan biografi pengarang,apalagi memperkenalkan mabadi' asyroh ( pengantar tentang suatu disiplin ilmu yg mau di ampu, apa ilmu bla bla bla itu ?

Apa kegunaannya ?

Dari mana sumbernya ?

Apa keistimewaannya ?

Siapa pencetusnya ?

Dan lain sebagainya.

Ustadz / qori' di pesantren langsung mengawali bacaannya ,sesuai yg tertera dalam mukadimah kitab tersebut.

Ketika kitab lama tidak di tulis mabadi' asyrohnya , sebagai epistimologi,dan ontologi keilmuan, maka ustadz / qori'pun langsung membaca ..... bla..bla.

Kecuali kitab lama yg telah di modifikasi dengan penulisan modern.

Kitab kitab yg beredar di era lawas,jarang di sertai tambahan tentang biografi penulis,padahal itu sangat perlu, paling tidak untuk mengetahui sejarah,kepribadian,guru gurunya, murid terkenalnya hingga karya yg di hasilkan .

Sehingga untuk konteks sekarang perlu " memodernisasi kitab lawas dengan menghadirkan editor yg profesional,menata letak, paragrafisasi,pemberian titik koma, penjelasan singkat kata atau kalimat yg butuh penjelasan,tanpa merubah teks asal, atau memberi catatan kaki dst.

Sebagian penerbit sudah memulai kerja ilmiyah seperti di atas,bukan berarti menggeser eksistensi kitab lawas, tapi semata untuk mempermudah membacanya saja .

Di antara kitab gramatika standar yg sangat elementary,penuh keberkahan seperti matan taqrib ,adalah kitab jurumiyyah.

Di akui atau tidak ,keberhasilan menjadi ulama' ,kiyai atau ustadz yg bisa membaca kitab kuning, tidak lepas dari barakahnya kitab jurumiyyah, di waktu mengawali mondok .

Siapa pengarang jurumiyyah ?

Nama : Muhammad bin Muhammad bin Dawud, Abu Abdillah Asshonhaji,Al fashi,Annahwi,Alfaqih,Al Muqri',Al Maliki.Di kenal dg Ibnu Ajurum.

Di lahirkan di kota Fesh ( Maroko ) th 672 H / 1273 M, pada tahun di mana Imam Ibnu Malik Attho'i ,pengarang Alfiyah wafat.

Awalnya dia belajar di kota Fesh,hingga terkenal dg pemuka Nahwu.

Bukti keberkahan kitab yg di karang ini ( jurumiyyah ) , manfaatnya di rasakan oleh hampir seluruh pembelajar / santri pemula di bidang Nahwu seantero dunia.

Ibnu Alhajj ( yg makamnya di jantung kota Luxor Mesir ) memberikan persaksian tentang kesholihan Ibnu Ajurum , bahwa karyanya dalam waktu singkat , di pelajari mayoritas pemula di bidang Nahwu ,setelah mereka belajar Al Qur'an.

Konon kitab ini di karang, di depan Ka'bah,dg di buktikan ketika di karang,berada di tempat yg tinggi , kemudian terbawa angin.

Beliau berdo'a : ya Allah jika apa yg aku kerjakan ini ikhlas karenamu,tolong kembalikan konsep kitab tersebut ya Rabb,tidak lama kitab tersebut bisa kembali di tangannya .

Sebagian riwayat mengatakan : ketika kitab ini di karang ,kemudian di lempar ke laut,beliau berkata : jika kitab yg saya karang ,ini ikhlas karena Allah,aku berharap tidak basah,ternyata betul,masih kering,masih utuh.

Di katakan bahwa beliau itu bermadzhab Kufah di bidang Nahwu,dg indikasi pemakaian kata " khafadh" ,bukan jer. ( ciri khas Kufah ).

Atau barangkali beliau sengaja mencampurkan dua madzhab Nahwu ( Bashrah dan Kufah ) menurut tanggapan yg lain.

Guru gurunya :

1. Imam Muhammad bin Yusuf Abu Hayyan Annahwi Al ghirnathi.( Pengarang tafsir abu Hayyan ).

2. Imam Muhammad Al qosshob Abu Abdillah.

3. Syeh Muhammad bin Abd Rahim bin Abd Rahman Abu Al qoshim addhorir.

4. Abdul Malik bin Musa Abu Marwan.

Murid muridnya :

1. Putranya Abdullah bin Muhammad Abu Muhammad.

2. Abu Al Makarim di panggil Mandil ( putra beliau ).

3. Syeh Abu Al Abbas Al jarna'i atthobib.

4. Abdullah bin Umar Al faqih Annahwi addhorir .

5. Muhammad bin Ali bin Umar bin Yahya bin Al arabi Al ghassani Annahwi.

6. Qodhi' Hadhrami.

7. Abu Al Abbas Al khazraji Annahwi .

8. Ibnu Hakam.

9. Muhammad bin Ahmad bin ya'la Al Hasani

Dll.

Beliau tidak hanya ahli nahwu saja,tetapi ahli qira'ah,faraidh,hisab,sastra dll.

Karya :

1. Muqoddimah Al Ajurumiyyah.

2. Faraid Al ma'ani Syarah hirzul ma'ani.

3. Attabshir fi Ilmi tafsir.

4. Raudhul Manafi'

5. Kitab qira'ah Imam Nafi'.

Dll.

Wafat :

Beliau wafat pada hari Ahad setelah zawal bulan Shafar th 723 H / 1323 M.

Di makamkan esuk harinya di dekat pintu " Al Hamra'" sebelah kanan pintu Al futuh di kota Fesh ,Maroko.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga barokah dunia Akhirat alfatihah

20 Aug
Balas

Semoga barokah dunia Akhirat alfatihah

20 Aug
Balas

Semoga barokah dunia Akhirat alfatihah

20 Aug
Balas

Semoga barokah dunia Akhirat alfatihah

20 Aug
Balas

Semoga barokah dunia Akhirat alfatihah

20 Aug
Balas



search

New Post