hisbulloh huda

SELAYANG PANDANG PENULIS. email: [email protected] HISBULLOH HUDA.S.Pd. M.Si Seorang” pahlawan tanpa tada jasa”tenaga pendi...

Selengkapnya
Navigasi Web
TM-134 Strategi dakwah
Strategi dakwah

TM-134 Strategi dakwah

TM-Strategi dakwah

Tiba tiba aku terbangun ,jarum jam menunjukkan pukul 2 dinihari ( 9 romadlon ) ,disaat mataku terbuka ada yg terbersit dalam pikiranku yaitu sebuah ayat berikut :

ادع إلى سبيل ربك بالحكمة والموعظة الحسنة وجادلهم بالتي هي احسن

" Menyerulah kejalan Tuhanmu dg hikmah,nasehat baik dan debatlah mereka dg cara berdebat yg lebih baik "

Ayat ini dimalam itu menginspirasi alfaqir betapa pentingnya membangun dakwah yang argumentatif dan didukung dg alat bukti yg ilmiah , bukan dakwah yg hanya mengedepankan entertainment ( hiburan ) , sehingga lebih menonjolkan tontonan daripada tuntunan.

Menarik sekali konsep Al-Qur'an tentang dakwah yg diperintahkan ini .

Dalam ayat ini jelas bahwa Al Qur'an menawarkan metodologi dakwah dg tiga konsep pilihan yaitu :

1 Al-Hikmah :

Sebuah konsep dakwah yg dibangun dg argumentasi yg bersifat qoth'i ( pasti ) sehingga mengantarkan pada keyakinan keyakinan yg diyakini benar.

Sebagaimana yg dilakukan oleh pakar ahli Kalam dlm teologi aswaja

2 Al mau'idhotul Hasanah :

Sebuah konsep dakwah yg dibangun dengan indikator indikator yg bersifat dhonni dan dalil dalil yg memuaskan.

3 Al jadal :

Sebuah konsep dakwah yg dibangun dg dalil dalil khusus yg dirancang sehingga obyek dakwah bisa menerima dan mengakui.

Sebagaimana yg pernah dilakukan Al Ghozali dlm merancang argumentasi yg logis utk mematahkan penentang Aswaja dan bagaimana pula alghozali membangun tasawuf yg argumentatif pula ( lihat ihya'ulumiddin)

Bila dakwah ini dibangun dg salah satu konsep Al-Qur'an diatas , maka Alfaqir yakin obyek dakwah akan terjadi perubahan cara beragama yg tidak hanya semangat beragama yg terkadang mengantarkan sikap berlebihan ( Al ghuluwwu ) , tetapi juga sikap ilmiah yg mengantarkan sikap beragama yg moderat dan ramah .

Dakwah yang diperjuangkan adalah mengeksistensikan islam ahlus sunnah wal jamaah yang menegedapan keilmuan apapun yang dikorelasikan dengan sumber ilmu yaitu alquran. Betapa bahagianya jika islam kembali berjaya dalam segala bidang keilmuan.

Rumah belajarr Mengaji

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post