Hj.Diah Nuraini Fathimah S.Pd.M.Pd

Diah Nuraini Fathimah terlahir di Solo 17 juli 1971 seorang guru PPKn di MAN 2 Surakarta merambah dunia tulis menulis dimulai dari tahun 2000 tulisan non fiksi ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tagur 82 Strundel Malang

Tagur 82 Strundel Malang

Strudel (/ˈstruːdəl/, bahasa Jerman: [ˈʃtʁuːdəl]) adalah sebuah jenis pastri berlapis yang biasanya diisi dengan manisan. Hidangan tersebut menjadi populer pada abad ke-18 melalui Kekaisaran Habsburg.

Malang Strudel merupakan oleh-oleh khas malang yang berbentuk kue berlapis,yang terbuat dari pastry dan diisi berbagai buah-buahan.

Strudel yang dikirim tahan 3 hari saja, lebih dari itu akan menjamur karena tidak ada bahan pengawetnya.

Harga Menu Malang Strudel paling murah berkisar antara Rp. 53.000 rupiah yaitu Strudel Pineapple. Sedangkan yang paling mahal berkisar antara Rp. 79.000 rupiah yaitu Strudel Premium Greentea.1 Jan 2023

kalau kamu pengin bikin strudle keju sendiri, bisa lho. Beriku resep membuat strudel keju yang bisa jadi panduanmu.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

cookidoo.co.uk

cookidoo.co.uk

Bahan puff pastry:

500 gram tepung terigu protein tinggi

250 gram korsvet

50 gram margarin

1 sdt garam

5 sdm gula pasir

250 ml air dingin

keju cheddar parut secukupnnya

Bahan custard:

250 ml susu cair

20 gram butter

70 gram gula pasir

20 gram tepung terigu

100 gram keju cheddar parut

3 butir kuning telur

garam secukupnya

Bahan olesan:

1 butir kuning telur

1 sdm susu cair

2. Gilas dan lipat adonan korsvet

Ambil korsvet, lalu potong menjadi bentuk persegi, kurang lebih 15 x 15 cm. Siapkan wadah, masukkan mentega, gula pasir, keju parut, garam, dan air dingin. Uleni dengan tangan sampai halus dan kalis.

Selanjutnya, pipihkan adonan yang sudah kalis menjadi ukuran kurang kebih 20 x 40 cm. Letakkan korsvet persegi di tengah, lalu lipat adonan di sebelah kana dan kiri ke bagian tengahnya

Pipihkan kembali dengan rolling pin, lalu lipat kembali seperti amplop. Ulangi sebanyak tiga kali, suapaya adonan puff pastry sukses berlapis-lapis. Jika sudah, bungkus adonan dengan plastic wrap dan simpan di dalam freezer.

Cara bentuk adonan kulit strudel

Dalam buku tersebut menyebutkan, bahan untuk membuat kulit strudel ada tepung terigu, garam, telur, minyak sayur, dan air hangat.

Semua bahan tersebut dicampurkan hingga membentuk adonan yang lembut, kalis, dan elastis. Gunakan mikser khusus adonan berat dan campurkan bahan selama 10 menit. Baiknya, adonan dibanting-banting agar lebih elastis.

Bagi adonan menjadi dua bagian, bulatkan dan lumuri permukaannya dengan minyak nabari.letakkan adonan di dalam loyang yang sudah diolesi minyak. Tutup rapat dengan plastic wrap.

Diamkan adonan dalam suhu ruang minimal satu jam. Namun, jangan sampai lebih dari enam jam.

Cara menipiskan adonan kulit strudel

Siapkan meja yang cukup luas. Siapkan kain katun bersih dan tutup permukaan meja dengan kain katun. Taburi dengan tepung terigu di atasnya.

Taruh satu buah adonan di tengah, gilas perlahan hingga tebalnya hanya satu cm saja. Selipkan tangan di antara adonan dan kain dengan punggung tangan menghadap ke atas.

Perlahan-lahan tarik adonan dari tengah menuju ke luar. Tarik adonan sedikit demi sedikit hingga tipis sekali. Usahakan jangan sampai robek.

Hindari menarik adonan kulit strudel dengan telapak tangan. Hal ini bisa membuat adonan robek terkena jari atau kuku.

Kalau ada robek kecil, sebaiknya abaikan. Namun, kalau robeknya lebar. Tambal dengan sedikit ujung adonan. Terus menarik hingga adonan menjadi tipis dan tembus pandang.

Gunting pinggir adonan yang maish tebal. Sisihkan bagian yang tebal, bisa untuk kulit martabak. Diamkan adonan tipis selama 10 menit dan adonan kulit siap diberi isi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post