Hj.Diah Nuraini Fathimah S.Pd.M.Pd

Diah Nuraini Fathimah terlahir di Solo 17 juli 1971 seorang guru PPKn di MAN 2 Surakarta merambah dunia tulis menulis dimulai dari tahun 2000 tulisan non fiksi ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tagur 98 Ya Sabar
Geogle

Tagur 98 Ya Sabar

Ya Sabar ..

Apa yang harus kita jalani ketika kita sedang menjalani ujian?

Maka sabar dan sholat adalah jawabannya.

Sabar itu bukan hanya perihal menunggu tanpa melakukan apa-apa. Tetapi sabar itu kuat saat menghadapi cobaan. Kuat untuk terus beribadah kepada Allah. Kuat untuk tidak berbuat dosa ketika diuji. Kuat untuk terus memiliki harapan kepada-Nya. Kuat untuk gak berpikir pendek mencari jalan pintas yang tidak pantas.

Sedangkan sholat adalah salah satu cara untuk meyakinkan diri bahwa kita yakin hanya Allah yang kita punya, bahwa hanya Allah saja tempat kita mengadu dan menumpahkan segala sesaknya dada. Dengan menangis, mengiba, memohon, semua perasaan ketika berdoa.

Mengapa harus sabar? Sebab dalam sabar ada sebuah cinta, sebab dalam sebuah sabar ada sebuah upaya untuk taat, sebab sabar adalah sebuah perintah. Allah mencintai orang-orang yang sabar.

وَاللّٰهُ يُحِبُّ الصّٰبِرِيْنَ

_"Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar"_ (QS. Ali 'Imran:146)

Maka, bila hatimu sedang terlampau sedih dan masalah seperti tidak ada ujungnya. Sedang sakit, sedang tidak baik-baik saja. Nggak apa-apa untuk tidak baik-baik saja. Nggak apa-apa buat sedih, kecewa, sakit. Jika sampai pada titik itu, tetaplah bersabar. Ingatlah pesan Nabi tercinta kita.

Umatnya yang tiada pernah berjumpa dengannya. Akan tetapi mengalir air matanya setiap kali rindu kepadanya, ingatlah pesan ini.

أَنَا فَرَطُكُمْ عَلَى الحَوْضِ

_“Aku menunggu kalian di telaga.”_ [HR. Bukhari no. 6576]

Korelasinya apa dengan perintah sabar. Korelasinya adalah dengan sabar kita tidak mudah jatuh pada hal-hal yang tidak mengantarkan kita pada kemaksiatan. Pada sabar membuat diri kita ridha kepada takdir Allah dan baik sangka kepada-Nya. Dengan sabar akan mengantarkan kita kepada surganya Allah. Dan orang-orang sabar pada perintah Allah kelak akan Allah izinkan bertemu dengan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Nabi menunggu kita di telaga.

Jadi, yang sabar ya. Teruslah meminta kepada Allah dengan penuh harap dan yakin kepadaNya. Sebab memang,

_"Sesuatu yang tidak menyenangkanmu adalah bagian takdir Allah. Itulah ujian. Agar kamu bersabar."_ (petikan nasihat dari ustadz Fuad Mubarak, lc hafidzahullah ta'ala)

Percayalah hanya dengan sabar dan sholat pertolongan Allah itu akan datang kepadamu meski itu butuh waktu lebih lama, lebih panjang. Meski engkau begitu sesak sekali, meski engkau ingin sekali menyerah saja.

Pertolongan Allah akan datang dengan jalan yang tiada pernah engkau duga sebelumnya. Mengapa demikian? Karena barangkali disaat itulah kita memahami posisi kita sudah berhenti pada harapan semu, kita sudah dititik menyerah sejatuh-jatuhnya. Ketika sudah pasrah, ketika sudah tidak berharap lagi kepada manusia.

سَيَأتِيك الَّذِي تَرجُوه يَوْمًا ،فَلَا تَعجل عَلَيْهِ وَإِنْ تَأَخّر ،فَلُطْف اللّٰه فِي الأَفَاق أَكبَر.

Sesuatu yang kamu harapkan akan datang kepadamu suatu hari nanti, jadi tak perlu terburu-buru meskipun itu tertunda, karena kebaikan Allah di alam ini lebih besar.

Maka, bila saat ini engkau sedang ada masalah yang tak ada ujungnya, duniamu begitu gelap sekali rasanya. Maka jangan hanya fokus pada masalah itu saja ya, tetapi bagaimana untuk tetap bisa tenang menghadapinya mencari solusi yang terbaik.

Sekalipun baper, sedih, dan semua perasaan jadi satu. Nggak apa-apa untuk tidak baik-baik saja sebab itu manusiawi. Tetaplah berjalan dijalanmu untuk tidak mematikan lentera harap dan doamu kepada Allah. Hanya butuh waktu doamu akan Allah kabulkan. Sebentar lagi.

***

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

28 Feb
Balas



search

New Post