Hj.Mursidah,S.Pd.,M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membuat Kacang Sembunyi (T.160)

Membuat Kacang Sembunyi (T.160)

Membuat Kacang Sembunyi

Sekitar jam Sembilan pagi handphonku berdering berkali-kali dari nomor yang tidak kukenal. Sebenarnya aku malas untuk menerima telpon dari nomor yang tidak saya tahu karena sering sekali ada yang iseng menelpon, ujung-ujungnya menawarkan macam-macam.

Karena sudah berkali-kali menelepon akhirnya aku menerima terlepon tersebut. Tenyata yang menelepon adalah adik iparku. Dia mengajak aku untuk membuat kacang sembunyi. Tentu saja aku mau karena kacang sembunyi buatannya enak sekali.

Lewat telepon dia menyampaikan bahan yang aku siapkan yakni;

1 liter kacang tanah (piih yang agak kecil-kecil)

2 kg terigu

350 kg mentega

½ kg gula pasir ( untuk kramel)

Penyedap rasa ( 2 bungkus masako)

2 liter minyak goreng

air secukupnya

Sekitar jam sepuluh pagi aku sudah sampai di rumahnya. Dia dan anaknya sudah siap di rumahnya beserta peralatan yang akan digunakan. Baskon, baki, wajang, dan alat pemipih adonan, plastic tempat menyimpan adonan yang sudah dipipihkan.

Adapun cara membuatnya adalah

1. Ayak terigu di baskom lalu campurkan penyedap.

2. campurkan mentega dan air sedikit-demi sedikit ke dalam baskon yang berisi terigu

3. uleni adonan sampai kalis.

4. Diamkan beberapa saat.

5. Ambil sedikit-demi sedikit adonan dan pipihkan dengan menggunakan penggiling.

6. Iris adonan yang sudah dipipihkan berbentuk persegi (besarnya disesuaiakan dengan kondisi kacang tanah)

7. Ambil satu lembar, isi dengan kacang dan gulung, tekan agar donan kulit melekat di kacang. Lakukan sampai semua kacang sudah terbungkus.

8. Panaskan minyak, masukkan tiga sendok gula pasir ke dalam minyak, setelah gula mencair, masukkan kacang sembunyi yang sudah di gulung dengan kulit adonan.

9. Masak dengan api kecil hingga agak kecoklatan

10. Setelah masaik angkat dan tuang di baki.

11. Pisah-pisahkan sebelum dingin. Jika sudah dingin kacangnya akan saling melengket.

12. Masukkan dalam topleks jika kacang sudah dingin.

Alhamdulillah, Kacang sembunyinya sudah selesai digoreng sekitar jam dua

siang. Ternyata agak lama juga membuatnya karena kacang harus

dibungkus satu-satu dengan kulit dari adonan terigu.

Parepare, 8 Mei 2021

Tantangan Guru Siana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasan kulinernya, Bunda. Salam literasi

08 May
Balas

Ohh . Gitu yaaa...

08 May
Balas

Makasih resepnya. Lebih bagus lagi kalau langsung dipaketkan. Salam sukses

09 May
Balas



search

New Post