Hj. Siti Nur Aizah, S.Pd

Ibu dari dua anak yang bekerja di Kementerian Agama yang ditempatkan di MTs Negeri 2 Kendal menjadi guru IPA Terpadu sejak tahun 1994 sampai sekarang. Dilahirka...

Selengkapnya
Navigasi Web
MTsN 2 KENDAL JUARA ROBOTICS NASIONAL 2022

MTsN 2 KENDAL JUARA ROBOTICS NASIONAL 2022

MTsN 2 KENDAL JUARA ROBOTIK NASIONAL 2022

GOR Universitas Negeri Yogyakarta menjadi saksi atas penorehan luar biasa prestasi siswa-siswi MTsN 2 Kendal dalam event Madrasah Robotics Competition ke delapan pada 22-23 November 2022.Hadiah terhebat yang dipersembahkan siswa-siswi MTsN 2 Kendal yaitu Muhammad Hammam Shidiq dan Abier Riyani bertepatan dengan Hari Guru Nasional yang ke 77 Tahun. Mereka berhasil meraih Juara 3 Nasional dalam Mobile Robotic kategori Battle Tingkat MTs.

Kemeriahan dan tata lighting yang luar biasa dalam penyelenggaraan MRC 2022 di GOR UNY membuat siswa-siswi menjadi lebih bersemangat dan termotivasi untuk segera bertanding dan berjuang menjadi sang juara dalam event tersebut. Bapak/ibu guru pendamping juga merasakan eforia penyelanggaraan MRC 2022 yang begitu dahsyat disaksikan sebanyak 1000 orang yang terdiri dari peserta dan pendamping 540 orang, panitia 210 dan supporter 250 orang.

Grand Opening dan Closing MRC 2022 disampaikan oleh Staf Khusus Kementerian Agama DR H. Mohammad Nuruzzaman, S.Ag.M.SI dan laporan penyelenggara oleh Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia Prof Dr.H.Moh Isom, M.Ag.

Madrasah Robotic Competition (MRC) merupakan ajang kompetisi robot tingkat madrasah se-Indonesia mulai dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Kompetisi Robotik Madrasah diharapkan memberikan pengaruh signifikan bagi terwujudnya semangat belajar siswa madrasah, khususnya di bidang teknologi, robotika dan otomasi. Sekaligus merangsang siswa-siswi madrasah untuk mempersiapkan diri menghadapi era industri 4.0, yakni siswa-siswi madrasah yang mandiri dan berprestasi. Kompetisi Robotik Madrasah 2022 ini memadukan beragam kemampuan yaitu menggabungkan Science, Technology, Enginering, Art and Mathematic (STEAM). Kemampuan-kemampuan tersebut harus diarahkan untuk memberikan kontribusi dalam menghasilkan teknologi baru dan memecahkan persoalan manusia di muka bumi.

MRC 2022 mengambil Grand Tema “The Next Generation of Robots: Making Better Life”. Tema ini selaras dengan semangat bangsa Indonesia untuk Pulih Bersama dan Bangkit Lebih Kuat dari Pandemi Covid-19. Sub temanya Robot for School dimana siswa mengindentifikasi persoalan di madrasahnya, Robot for Household siswa mengindentifikasi persoalan di lingkungan rumah, Robot for Environment siswa mengindentifikasi persoalan di lingkungan sekitarnya. Selain kompetisi, MRC tahun 2022 ini juga menggelar pameran yang dihadiri oleh perusahaan robotika, maupun komunitas-komunitas robotika yang ada di Indonesia maupun dari luar negeri.

Ada tiga kategori dalam MRC tahun ini: Robot Inovasi untuk tingkat MI, MTs, dan MA, Mobile Robot untuk tingkat MI, Battle Robot untuk tingkat MTs dan MA. Dari masing-masing kategori hanya diambil 30 tim yang lolos seleksi administrasi. Ada 490 tim sebagai pendaftar dalam event MRC 2022 dan yang lolos seleksi 180 tim dari madrasah se- Indonesia. Setiap kategori yang terdiri dari 30 tim akan maju dalam kompetisi melalui 2 babak yaitu babak kualifikasi dan babak kejuaraan. Di babak kualifikasi dibagi dalam Tim A dan Tim B sehingga setiap tim A akan bertanding melawan tim B. Dalam babak kualifikasi ini diambil 16 besar dan MTsN 2 Kendal memperoleh peringkat 4 besar. Lain halnya dengan babak kejuaran, disini tim A dan Tim B yang 16 besar akan membentuk aliansi dan MTsN 2 Kendal beraliansi dengan MTs Al-Inayah Bandung dan alhamdullilah menjadi juara 3.

Dalam kompetisi Robotik ini misi pada perlombaan Mobile MTs terdiri dari misi otomatis dan misi manual. Di misi otomatis: robot perlu memindahkan, meletakkan dan menjaga pin bowling dari serangan lawan, robot perlu mengambil dan melemparkan bola ke area lawan secara otomatis, Battle Robot adalah robot line follower yang memiliki fungsi memindahkan botol, menyedot, melempar bola dan memiliki ruang muat untuk amunisi bola. Robot harus memiliki dua mode gerak, mode otomatis, dan mode manual ( kendali dengan Remote Bluetooth). Spesifikasi robot memiliki dimensi maksimal 35 x 35 x 35cm. Karya robot yang dilombakan berupa mobile robot yang memiliki unsur robotika, otomasi dan pemrograman sebagai berikut: memiliki bagian konstruksi mekanik yang dapat bergerak, memiliki bagian pengendali, sensor, dan actuator, harus dapat diprogram melalui computer, memiliki Remote Bluetooth untuk mengendalikan robot Robot boleh menggunakan sensor apapun yang diperlukan untuk menyelesaikan misi. Jumlah, bentuk, dan spesifikasi sensor bebas, robot harus memiliki 2 mode operasi, otomatis (automatic), dan manual dengan alat kontrol remote bluetooth.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post