Hj. YILWERI, S.Ag

Terlahir sebagai putri bungsu dari pasangan ayah Muhammad Noer dan ibu Nurma pada tanggal 3 November 1971 silam di Sulit Air Kabupaten Solok Sumatera Barat, say...

Selengkapnya
Navigasi Web
Alhamdulillah....! Istiqamah Sampai Akhir

Alhamdulillah....! Istiqamah Sampai Akhir

By : Hj. Yilweri, S.Ag

Guru MTsN 7 Solok

Ramadhan memang telah berlalu dari hadapan kita dan berganti dengan hari yang sangat indah, hari yang fitri, yang biasa kita sebut sebagai hari kemenangan.

Sangat kita sadari dan rasakan bersama bahwa Ramadhan kali ini memang terasa amat berbeda dengan ramadhan-ramadhan yang telah kita lalui sepanjang tahun dalam kehidupan kita. Pada Ramadhan tahun ini kita dituntut melaksanakan ibadah puasa dan mendirikan malam malam ramadhan seperti pelaksanaan shalat sunat tarawih dan witir di rumah saja bersama anggota keluarga tercinta, apatah lagi bagi kita ( masyarakat ) yang berdomisili di daerah zona kuning atau merah. Kita yang tinggal dizona hijau pun dituntut melaksanak semua kegiatan rutin termasuk pelaksanaan ibadah ramadhan di rumah bersama keluarga.

Namun ada beberapa daerah kecil yang masyarakatnya berada dalam zona aman, dalam artian masyarakat desa yang memang tidak bercampur dengan keluarga baru ( perantau yang pulang kampung ), mereka melaksanakan shalat fardhu dan shalat sunat tarawih / witir secara berjemaah di mushalla yang mereka miliki, yang biasa mereka gunakan untuk kegiatan keagamaan seperti TPA, wirid bulanan dan kegiatan lainnya pada masa sebelum terjadinya pandemi covid 19 melanda wilayah kita ini.

Hal ini menjadi moment tersendiri bagi putra tunggal pak Hari, seorang remaja sederhana lulusan sebuah madrasah swasta di kampungnya, yang sudah diberi tugas oleh sang ibu untuk menjadi imam shalat berjemaah di rumah saat pak Hari tidak berada di tengah keluarga. Atas bekal inilah...pengurus mushalla tersebut meminta Faiz Abdillah remaja 15 tahun yang baru hafal dua juz Al-Qur’an ini untuk mengimami shalat Isya, tarawih / witir dan shubuh berjemaah di mushalla tersebut. Berbekal keberanian dan motivasi dari keluarga, Faiz memberanikan diri untuk menjadi imam dalam shalat berjemaah tersebut di mushalla itu. Sementara pak Hari sendiri hanya mengimami shalat berjemaah di mushalla keluarga bersama istri dan ketiga putrinya.

Awalnya sebagai orang tua, pak Hari dan istrinya merasa khawatir kalau nanti putranya tidak bisa konsekwen dalam memilkul tanggung jawab ini, mengingat kondisi jalan yang sepi dan semak belukar serta jarak tempuh yang lumayan jauh. Apalagi remaja seusia ini biasanya cendrung untuk bermain main bersama teman dan menghabiskan waktu bersama. Namun karena satu permintaan Faiz yang disetujui oleh pak Hari beserta istri untuk menyerahkan satu motor sebagai fasilitas untuk pergi dan pulang ke mushalla tersebut, akhirnya Faiz mampu menjawab keragu-raguan/ kekhawatiran orang tuanya. Tugas sebagai imam di mushalla tersebut mampu ia laksanakan sampai akhir ramadhan. Pak Hari dan istri merasakan kebahagiaan yang luar biasa karena putra tunggalnya sudah mulai berani memikul tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

Pada malam terakhir pelaksanaan shalat tarawih dan witir, putra tunggal pak Hari pulang dengan perasaan riang dan gembira sembari melafazkan “ Al-hamdulillah....Al-Hamdulillah.....Al-Hamdulilllah” tanpa memberitahukan kenapa ia sesenang itu pulang dari mushalla. Pak Hari dan istri hanya ikut menikmati luapan rasa senang dan bahagia yang diperlihatkan putranya. Sesekali kakak Faiz bertanya, tumben gembira Iz......kenapa ? Faiz tidak serta merta menjawab pertanyaan kakaknya. Akhirnya Faiz mendekati ibunya yang sedang berbaring di tempat tidur dan mengatakan :

Faiz : Bu....Faiz dikasih amplop sama pak wo ( pengurus mushalla ).

Ibu : Hahhh....!!! ( merasa kaget ). Kemudian bertanya....amplop apa bang (panggilan untuk putra tunggalnya ) ??

Faiz : Dak tahu bu....pak wo Cuma bilang untuk Faiz beli baju lebaran.

Ibu : Oooo.... ya sudah, itu namanya tanda terima kasih sudah mau jadi imam.

Faiz : Tapi kata pak wo, habis lebaran nanti Faiz disuruh tiap hari ke mushalla bu..

Pak Hari dan istri secara spontan bersama menjawab....itu artinya jemaah suka dengan Faiz sebagai imam shalatnya, maka peganglah kepercayaan mereka nak...! InsyaAllah Faiz mampu !! Sembari Faiz memperbaiki diri dan menyempurnakan hafalan Al-Qur’annya.

Pak Hari dan istri merasakan bahwa inilah buah dari doa yang selalu dilafazkan oleh setiap orang tua untuk anaknya :

وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبۡ لَنَا مِنۡ أَزۡوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعۡيُنٖ وَٱجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِينَ إِمَامًا ( الفرقان : 74 )

Artinya : Dan orang-orang yang berdoa “ Ya Allah ya Tuhan kami, Anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa ( Q.S Alfurqan : 74 )

Semoga Allah selalu membimbing hati anak-anak kita untuk selalu tunduk dalam menjalankan syariat agama yang lurus ini , Aamiin !!!

Selamat hari raya idul fitri 1441 H, mohon maaf lahir dan batin.

Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Dahsyat. Semog aadinda istikamah bkada ramadhan ini. Juga ntuk kita semua....Say merinding membacanya.

26 May
Balas

Alhamdulillah....makasih supportnya lisata.Semoga ia selalu istiqamah dan berbenah diri ya bu....

29 May

Alhamdulillah....makasih supportnya lisata.Semoga ia selalu istiqamah dan berbenah diri ya bu....

29 May

Alhamdulillah. Titip salam untuk Faiz ya Bu.

26 May
Balas

Subhanallah....Trima kasih bu yet....mudah2an faiz bisa istiqamah ya bu...

29 May

Aamiin. Semoga banyak lahir faiz-faiz yg lain agar kita bisa melihat generasi sholeh berikutnya buk.

26 May
Balas

InsyaAllah pak martin.... Berkat pendidikan dan bimbingan orang tua, semoga generasi kita ke depan lebih baik dan shaleh... Salam pak martin....

29 May

InsyaAllah pak martin.... Berkat pendidikan dan bimbingan orang tua, semoga generasi kita ke depan lebih baik dan shaleh... Salam pak martin....

29 May

InsyaAllah pak martin.... Berkat pendidikan dan bimbingan orang tua, semoga generasi kita ke depan lebih baik dan shaleh... Salam pak martin....

29 May

InsyaAllah pak martin.... Berkat pendidikan dan bimbingan orang tua, semoga generasi kita ke depan lebih baik dan shaleh... Salam pak martin....

29 May

Minal aidzin walfaizin bu

25 May
Balas

Sami2 bu sofiawati, mohon maaf lahir dan batin.Trima kasih sudah berkunjung ya bu....

25 May

Berapa isi amplopnya Faiz? Alhamdulillah ya? Semoga Faiz makin semangat.

25 May
Balas

Makasih supportnya mardiawati....Semoga Faiz tetap semangat yo ya.....

25 May

Kereen buat Faiz semoga hidupmu senantiasa diberkahi kesehatan ,rezeki yang berlimpah

06 Jun
Balas

Aamiin ya Allah, ya Rabb.... Syukran doanya bu sri...

23 Jun

Mantap bun, Mohon maaf lahir dan batin

25 May
Balas

Makasih bu shanty....sama2 ya bu

25 May

Aamiin ya Allah humma aamiin

27 May
Balas

Makasih ibu sumarni....

29 May

Sukses selalu buk hj. Dalam segala hal dirumah dan diluar rumah

26 May
Balas

Aamiiin ya Allah....Syukran doa dan supportnya pak kemenag

29 May

Wahhh keren ini si Faiz. Semoga berkah bagi Ibu dan keluarga.

27 May
Balas

Makasih ibu lia....Doa kita smua buat anak2 kita dimasa datang bu...

29 May

Keren Bu, mohon maaf lahir dan batin

25 May
Balas

Makasih bu sri utamiSami2 bu

25 May

Barakallah Bu Hj

25 May
Balas

Syukran ibukk tosfayana...Barokallohu lanaa bu....

25 May

Saya Bpk bu Hj he he. Kemaren saya barusan dari Sulit Air, ke Gontor, anak saya di situ Mondok

29 May
Balas

Heee maaf pak tosfayana....sy dak liat profil sebelumnya. Wowww...tetnyata anak bapak di gontor sulit air ya, dekat pak dari rumah saya, kira 3 km lah pak

29 May

Faiz hebaatt,, bisa mewarisi ayahnyo

25 May
Balas

Aamiiin....semoga bisa lebih baik dari ayahnyo nanti yen

25 May

Senangnya punya anak shaleh seperti Faiz, bunda.

26 May
Balas

Semoga bisa istiqamah dalam ketaatan ya bu hen...

29 May

Mantull tulisannya .Subhanallah ..Faiz anak yang luar biasa..Psti bangga ortunya..selamat Lebaran

25 May
Balas

Makasih ibu rozilawaty

23 Jun

Mantull tulisannya .Subhanallah ..Faiz anak yang luar biasa..Psti bangga ortunya..selamat Lebaran

25 May
Balas

Mantull tulisannya .Subhanallah ..Faiz anak yang luar biasa..Psti bangga ortunya..selamat Lebaran

25 May
Balas

Semoga selalu istiqamah ya bu waty....Maaf lahir batin bu....

29 May

Semoga selalu istiqamah ya bu waty....Maaf lahir batin bu....

29 May

Aamiin. Sama-sama bu Yil "Selamat Hari Raya 'Idul Fitri 1441 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin."

25 May
Balas

Makasih bucan...Barokallohu lana ya bu....

25 May

Hebat, sebuah kisah yg sangat mengharukan bagi se orang ibu

25 May
Balas

Makasih pak.... Luapan rasa bahagia seorang ibu namanya tuh pak harizon

25 May

Alhamdulillah..luar biasa,,berkat ketekunannya membuahkan hasil

25 May
Balas

InsyaAllah...semoga ia bisa istiqamah kedepannya ya nen...

25 May

Alhamdulillah..luar biasa,,berkat ketekunannya membuahkan hasil

25 May
Balas

Alhamdulillah..luar biasa,,berkat ketekunannya membuahkan hasil

25 May
Balas

Alhamdulillah..luar biasa,,berkat ketekunannya membuahkan hasil

25 May
Balas

Alhamdulillah..luar biasa,,berkat ketekunannya membuahkan hasil

25 May
Balas

Alhamdulillah..luar biasa,,berkat ketekunannya membuahkan hasil

25 May
Balas

Alhamdulillah..luar biasa,,berkat ketekunannya membuahkan hasil

25 May
Balas

Alhamdulillah..luar biasa,,berkat ketekunannya membuahkan hasil

25 May
Balas

Alhamdulillah..luar biasa,,berkat ketekunannya membuahkan hasil

25 May
Balas

Syukran nen

29 May

Bagus, Bu...

25 May
Balas

Makasih ira... Semoga bisa ia menjadi lebih baik karena masa depan orang tua ada pada anaknya

25 May

Alhamdulillah betapa bahagianya orang tua Faiz.

25 May
Balas

Iya pak...Faiznya aja gembira, apalagi orang tuanya pak. So pasti bahagia kita pak jika anak2 bisa menjalan tugas dg baik.Makasih ya pak....maaf lahir batin juga pak

25 May

Selamat Idul Fitri bu, maaf lahir batin

25 May
Balas

Sama2 bu herlina....

25 May

Iya mis....Alhamdulillah...Faiz terhindar dari pengaruh permainan sis sia pada ramadhan ini mis... Semoga ia bisa selalu istiqamah mis

25 May
Balas

Syukran pak martin....Salam idul fitri ya pak

29 May
Balas

Alhamdulillah, selamat buat anak bujangnya ustazah, Bagi dong isi amplop nya Faiz He he

25 May
Balas

Iya mis....Alhamdulillah... Semoga Faiz terhindar dari pengaruh permainan sis sia pada ramadhan ini mis... Semoga ia bisa selalu istiqamah mis

25 May

Mantap faiz

25 May
Balas

Makasih pak juzirman....Semoga kedepan bisa lebih baik ya jo...

25 May



search

New Post