Hj. YILWERI, S.Ag

Terlahir sebagai putri bungsu dari pasangan ayah Muhammad Noer dan ibu Nurma pada tanggal 3 November 1971 silam di Sulit Air Kabupaten Solok Sumatera Barat, say...

Selengkapnya
Navigasi Web
Reportase Kegiatan Webinar Mediaguru Regional Sumatera 1

Reportase Kegiatan Webinar Mediaguru Regional Sumatera 1

Assalamua’alikum wr wb

Puji dan syukur di ucapkan kehadirat llah SWT yang telah memberikan hidayah kepada kita. Sholawat dan salam kita tujukan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa manusia dari kejahilan ke alam yang kepintaran dengan ilmu pengetahuan.

WEBINAR REGIONAL SUMATERA I MEMANG HEBAT

TEMA : INTERNET PENDIDIKAN

Terlebih dahulu kami mengucapkan terima kasih kepada MediaGuru yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk dapat mengikuti acara Webiner Media Guru Reginal Sumatera 1. Suatu kesempatan yang sangat luar biasa bagi kami. Karena ditengah situasi pandemi corona, mediaguru bekerjasama dengan Indosat masih bisa eksis terutama bidang pendidikan. Semoga kegiatan ini bermanfa’at bagi kita bersama terutama bagi guru dan bagi pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan.

Acara Webinar Media Guru Sumatera 1 dimulai dengan pembukaan oleh Bpk. Muhammad Ihsan sebagai ketua Mediaguru. Dalam pembukaannya, disampaikan beberapa informasi penting diantaranya : 1) jumlah peserta webinar mediaguru 1 regional Sumatera diikuti oleh peserta sekitar 600 orang padahal kapasitas yang disiapkan hanya untuk 300 orang, ini menunjukkan bahwa guru dan orang-orang yang peduli dengan pendidikan semakin menyadari betapa pentingnya pendidikan. Pendidikan harus tetap berlangsung walaupun dunia sedang dilanda oleh wabah virus corona yang sudah menelan banyak korban di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. 2) 100 peserta pertama akan diberikan paket internet gratis dari Indosat, namun karena jumlah pendaftar cukup banyak, maka mediaguru mendaftarkan peserta yang akan diberikan paket internet gratis secara bertahap, dimulai dengan 100 pendaftar pertama. 3) sumatera barat termasuk penyumbang tulisan terbanyak secara nasional ( urutan IV ).

4) Sistem poin dihitung berdasarkan banyak atau sedikitnya kita menulis, berkomen atau memberikan tanggapan terhadap tulisan teman-teman kita 5) kita diajak untuk saling kunjung dan saling sanjung tentu dalam tulisa.

INDOSAT MEMANG HEBAT

PINTAR MENCARI TANTANGAN DAN PELUANG

Acara berikutnya, melalui moderator bpk. M.Ihsan mempersilahkan bapak Direktur Pemasaran Indosat wilayah Sumatera ( Budiono ). Dalam paparannya, disampaikan bagaimana dunia pendidikan saat ini. Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang masih tertinggal dalam bidang pendidikan, pemanfatan teknologi informasi amatlah penting, untuk itu Indosat peduli dengan pendidikan memberikan tantangan dan tentu juga sekaligus mengambil peluang dari kegiatan webinar mediaguru regional sumatera 1 ini.

Adapun sebagai nara sumber dalam acara ini antara lain :

Bpk. Drs. H. Herman Zaruddin,M, M.Pd

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bintan, Kepri

Tema : Internet Pendidikan Dimasa Pandemi Covid 19.

Dalam pengantarnya, beliau mengatakan betapa penting dan besarnya manfaat internet dalam dunia pendidikan diantaranya :

- Dari tidak punya karya menjadi bisa berkarya

- Dapat mengajak teman-teman untuk menulis

- Mengajak penyuluh, penghulu dan Ka KUA untuk menulis.

Sebagai inti dari materi. Internet berdampak positif dan negatif terhadap generasi muda ( peserta didik ), bagi guru dan tentu juga bagi dunia usaha. Hal ini didasarkan kepada :

- Internet adalah ilmu terapan, dia bisa diterapkan dan dapat mengubah prilaku si pemakai

- Ingin mensukseskan orang lain, maka suskseskan diri terlebih dahulu

- Ditengah pemberlakuakn PSBB, maka manfaatkan internet sebagai sara penyambung silaturrahmi di hari raya

- Ingin maju ? bergeraklah sendiri, jangan menunggu

Prinsip : LELAH BERUBAH MENJADI LILLAH

Bpk. Yulpendri M.Pd

Tema : Manfaat Internet Bagi Pendidikan

Dalam memanfaatkan internet beliau lakukan dengan : SSICC

Sharing : memanfaatkan internet sebagai sarana berinterksi dengan siswa.

Searching : memanfaatkan internet sebagai sarana mencari Informasi.

Identifikasi : memanfaatkan unternet sebagai sarana untuk memilih dan memilah informasi.

Comunikasi : memanfaatkan internet sebagai sarana untuk komunikasi dengan siswa.

Confirmasi : memanfaatkan internet untuk melakukan konfirmasi atau pengolahan dan serapan informasi yang telah dipelajari.

Ibuk. Fadhilah Rahmi Nasution

Tema : Penggunaan Internet yang RAMAH dalam penguatan karakter siswa

Dalam memanfaatkan internet ibuk Fadhilah Rahmi Nasution mengistilahkannya dengan RAMAH yang merupakan kependekan dari :

- Bena R artinya dalam memanfaatkan internet taati norma- norma yang belaku.

- A man artinya internet yang kita pakai harus aman secara tehnis dari berbagai penyalahgunaan internet.

- Konten yang ditampilkan harus M enginsfirasi.

- A ktif artinya dunia yang selalu berubah, maka tentu informasi juga selalu berubah maka kita harus aktif dalam memanfaatkan internet.

- H umanis artinya internet harus dimanfaatkan dalam membangun dan menghargai rasa kemanusiaan pada diri siswa.

Prinsip : MENGHUKUM TAMPA MENYAKITI

Ibuk. Wiwik Puspitasari

Sesuai dengan TUPOKSI bidang pedidikan yang di embannya, maka dalam pemanfaatan internet ibuk ini memanfaatkan WA Grup sebagai sarana pembelajaran di lembaga yang dipimpinnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Bu

11 May
Balas

Makasih buk yati....baru tahap awal bukk...

11 May

Mantap Bu, lengkap betul. Serasa lagi ikut webinar membacanya. Horas.

11 May
Balas

Trima kasih pak muaidin. Saya baru belajar pak, dan baru bergabung di media guru. Salam kenal pak...

12 May

Keren Bu

11 May
Balas

Terima kasih bu maria...apa adanya bu mona

12 May

Mantap ni yil

11 May
Balas

Makasih eva..., uni baru lu va

11 May

Mantap bu. Keren

11 May
Balas

Makasih bu....

11 May

Yg bilang dak pandai akhianyo pandai juoooo..samnagaaiikkk zaahh

11 May
Balas

Alhamdulillah buk yen...., berkat guru hebat disamping zah yen

11 May

Reportase yang lengkap, serasa sedang mengikuti pula Buk Yil. Mantul Buk Yil. Semoga sehat & sukses selalu Buk Yil.

17 May
Balas

Keren..reportasenya bu hj

11 May
Balas

Makasih eri....,

11 May

Selamat. Reportase yang hebat, semoga bermanfaat. Dengan sabar ditunggu tulisan berikutnya.

11 May
Balas

Terima kasih motivasinyo pak kepala,

11 May

Mantap uniii

11 May
Balas

Hee....rina, baru belajar bukk...

11 May

Guru hebat...

11 May
Balas

Hee...iyul, perdana !!!

11 May

Guru hebat...

11 May
Balas

Assalamualaikum mantul ustazah

13 May
Balas



search

New Post