Holifah Nur Azizah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengontrol Emosi

Mengontrol Emosi

Oleh: Holifah Nur Azizah SPd.MPd

(Guru SMA 2 Bondowoso)

Tantangan hari ke : 82

#TantanganGurusiana

Mengontrol Emosi

Emosi adalah ekspresi normal manusia atas berbagai hal yang terjadi dalam hidupnya. Misalnya, ketika merasa senang saat mendapat hadiah, merasa kesal saat terjebak macet, atau merasa sedih saat kehilangan seseorang yang dicintai.Berbagai emosi yang dirasakan ini akan berpengaruh pada tindakan. Jika sedang merasakan emosi yang positif, maka tindakan yang mengikutinya juga akan positif, sebaliknya, emosi negatif akan cenderung membuat perilaku negatif pula.Ekspresi emosi negatif bahkan dapat membahayakan hubungan keluarga, pekerjaan, pertemanan, hingga kesehatan diri sendiri. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengendalikan emosi atau cara mengekspresikannya secara tepat.Beberapa cara mengendalikan emosi negatif yang bisa dicoba:1. Berpikiran dan bersikap positifKita mungkin tidak dapat mengubah situasi buruk yang menimpa Kita, namun Kita bisa mengubah sudut pandang untuk melihat situasi tersebut menjadi lebih positif.Misalnya, Kita merasa kecewa karena mendapat banyak kritik. Pada situasi seperti ini, cobalah pikirkan sisi positifnya bahwa kritik tersebut sebenarnya dapat bermanfaat bagi pertumbuhan karier kita kelak.Selain itu, coba tenangkan diri dengan mengambil napas panjang lalu tutup mata. Sadarilah keberadaan, perasaan, dan pikiran kita saat ini, termasuk keadaan sekitar. Hal ini dapat membuat kita lebih sadar dan bersikap lebih positif dalam merespons segala sesuatu.2. Hindari situasi yang bisa memicu munculnya emosi negatifHindarilah situasi yang bisa membuat Kita merasakan emosi negatif. Sebagai contoh, jika Kita mudah kesal saat terburu-buru atau terjebak macet, Kita dapat mengatur waktu untuk berangkat saat arus jalan sedang tidak terlalu macet.Bila emosi tersebut datang saat melihat media sosial atau bahkan datang saat bersama orang-orang tertentu, tidak ada salahnya Kita beristirahat sejenak dari log in media sosial atau bertemu dengan orang-orang tersebut.3. Lakukan aktivitas yang menyenangkanMelakukan aktivitas yang menyenangkan dapat membawa pengaruh positif bagi hidup Kita, misalnya:* Berolahraga. Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan, namun juga merupakan sarana untuk mengelola stres. beberapa latihan fisik yang baik bagi kesehatan mental.* Mempelajari kemampuan baru seperti mempelajari bahasa atau pun alat musik dapat membangkitkan kepercayaan diri dan menjadi salah satu cara yang baik untuk mengendalikan emosi.* Menjaga komunikasi dengan orang-orang terdekat Kita, seperti keluarga, sahabat, atau tetangga, yang bisa membuatnyaman. Keluarga dan sahabat bisa menjadi tempat berbagi ketika sedang menghadapi kesulitan atau permasalahan yang berat.* Memberikan senyum, waktu, atau bantuan untuk orang lain. Semua hal ini dapat membawa pengaruh positif bagi diri Kita dan juga orang lain. Cobalah untuk mengikuti program bakti sosial, menjadi relawan, atau mendonorkan darah.Menjaga kesehatan jiwa sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik karena keduanya saling memengaruhi. Jika emosi terganggu, tubuh juga akan rentan terhadap berbagai penyakit seperti nyeri dada dan tekanan darah tinggi.Seseorang dapat dikatakan sehat secara emosional ketika ia berhasil mengelola masalah sehari-harinya, misalnya stres pekerjaan, kebiasaan buruk, atau masalah hubungan pertemanan, yang bisa berdampak pada kesehatan jiwa dan raga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantab bu. Trima kasih ilmunya

08 Jul
Balas

Mantap bu

08 Jul
Balas



search

New Post