Holisah

Lahir di Serang, 03 Mei 1979. Putri ke tiga pasangan H. Kurtubi dan Hj. Dewi fatimah. Tingal di Sempu Seroja Serang. Menikah dengan Idrus warga Kp. Pematan...

Selengkapnya
Navigasi Web

AN pengganti UN?

#Tagur menulis hari ke 81#

#Media Guru Indonesia#Gurusiana#

Hari ke 2 Diklat daring Guru Belajar seri AKM

Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Bismillahirohmanirohim.

Pada diklat daring hari ke 2 membahas tentang Asesment Nasional (AN) .

Mulai tahun 2021 Ujian Nasional akan diganti dengan AN. Hal ini didasari karena: yang pertama pelaksanaan UN lebih berorientasi pada pencapaian hasil belajar. Tidak memperhatikan sasaran kompetensi yang diharapkan. Contoh: Pada butir soal UN hanya mengukur kemampuan kognitif siswa. Tidak menggambarkan input dan proses pembelajaran siswa. Hal ini tidak sesuai dengan pembelajaran berpikir tingkat tnggi dan kompetensi pembelajaran abad 21.

Evaluasi keterampilan siswa dalam menerapkan konsep dalam konteks pembelajaran, serta profil Pancasila sebagai karakter siswa yang baik belum lengkap jika diukur lewat UN saja.

Kedua, guru kurang memanfaatkan UN untuk memperbaiki mutu pembelajaran. Pelaksanaaan UN tidak berorientasi pada pengembangan kompetensi bernalar siswa.

Ketiga, UN dinilai kurang optimal dalam mengevaluasi mutu pendidikan secara nasional. UN dinilai sebagai asesment of learning bukan asesment for learning.

Perlu diperhatikan bahwa AN bukan merupakan pengganti UN. Karena selain dari teknis pelaksanaanya cakupan AN berbeda dengan UN. AN lebih memberikan gambaran yang lebih luas dan utuh mengenai mutu pendidkan.

Berdasarkan hal tersebut maka pemberlakuan AN diharapkan dapat memberikan sinyalemen yang kuat dari pemerintah untuk terus memperbaiki mutu pendidikan di indonesia. Sesungguhnya yang paling penting dari semua itu adalah dengan meningkatkan pemahaman mengenai tujuan dan manfaat serta implikasi pada kegiatan belajar mengajar, baik praktik maupun kopetensi agar pembelajaran abad 21 dapat tercapai.

Bersambung

Serang, 22 Januari 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post